Majalah Sora|Tuesday, March 26, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » UNBK SMAN 3 Kota Bandung Disambangi Kadidik Jabar

UNBK SMAN 3 Kota Bandung Disambangi Kadidik Jabar 

SONY DSCDr. Hj. Yeni Gantini, M.Pd., Kepala SMAN 3 Kota Bandung saat mendampingi Dr. H. Ahmad Hadadi, M.Si., Kadisdik Jabar, memantau kegiatan UNBK di SMAN 3 dan SMAN 5 Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – Senin 9 April 2018, ujian nasional SMA, MA dan SMALB serempak dilaksanakan di Indonesia, termasuk Jawa Barat, yang diikuti 213.078 siswa SMA serta untuk jenjang MA mencapai 67.339 peserta.

Ujian nasional tahun pelajaran 2017-2018 sendiri akan berlangsung selama empat hari, sampai Kamis, 12 April 2018. Mengujikan pelajaran Bahasa Indonesia, matematika, Bahasa Inggris dan mata pelajaran jurusan pilihan. Untuk penerimaan soal UNBK, SMAN 3 Kota Bandung, mendapatkannya di hari Sabtu, 7 April 2018, saat  pelaksanaan sinkronisasi.

SONY DSCUNBK hari pertama di SMAN 3 Kota Bandung berjalan lancar

Menurut Ahmad Hadadi Kadisdik Jabar, di Jawa Barat ujian nasionalnya 100 persen dilaksanakan berbasis komputer (UNBK), hal itu ia katakan saat memantau kegiatan UNBK di SMAN 3 dan SMAN 5 Kota Bandung.

“Alhamdulillah kini pelaksanaan UNBK SMA dan MA di Jawa Barat sudah 100 persen, tahun lalu masih diangka 84,6 persen. Meskipun masih banyak sekolah yang melaksanakan UNBK secara tiga sesi, karena saat ini penggunaan komputernya masih tiga berbanding satu siswa. Ke depan kita akan dorong menjadi dua sesi, yaitu satu komputer untuk dua siswa. Pemerintah akan dukung terus pengadaan komputer di setiap sekolah,” kata Hadadi saat jumpa media, Senin (9/4/18) pagi.

Dari pantauan majalahsora.com, UNBK di SMAN 3 Kota Bandung, dilaksanakan selama tiga sesi, yaitu masuk pukul 07.30-9.30, 10.30-12.30, serta 14.00-16.00 WIB. Diikui oleh 432 peserta, jurusan IPA 365 siswa, dan IPS 37 orang.

Ruangan yang digunakan ada 4 buah, salah satunya ditempatkan di aula, dengan jumlah komputer 225 unit, yang disukung perangkat lainnya. Pengawas silangnya dari SMAN 20, SMAN PGII 1 dan 2 Kota Bandung.

SONY DSCPoto kiri ke kanan: Asep Sunggana, Kepala Balai Tikomdik Disdik Jabar, H. Suparman, Kepala SMAN 5 Kota Bandung, Hj. Yeni Gantini, Kepala SMAN 3 Kota Bandung, H. Ahmad Hadadi, Kadisdik Jabar saat mendengarkan dari pihak Telkom yang mensupport kegiatan UNBK di SMAN 3 Kota Bandung

Yeni Gantini, Kepala SMAN 3 Kota Bandung menjelaskan, bahwa sekolahnya sebenarnya tahun ini bisa saja melaksanakan bisa saja melaksanakan UNBK untuk dua sesi, karena jumlah komputernya sudah memadai. “Kali ini kami masih tiga sesi, bukan masalah jumlah unit komputer, tetapi karena terbatasnya ruangan. Insya Alloh tahun depan akan ada bantuan pembangunan RKB (ruang kelas baru), sehingga tahun depan UNBK nya bisa dilaksanakan pagi dan siang hari,” katanya, Senin (9/4/18).

Masih berkaitan dengan UNBK, Yeni menegaskan bahwa kemungkinan adanya kebocoran soal UNBK itu sangat tipis terjadi. “Menilik pada pengalaman tahun lalu, sama sekali tidak ada kebocoran soal,” jelas Yeni saat jumpa pers, yang dihadiri Ahmad Hadadi, Kadisdik Jabar, Korwas Disdik Jabar, Kepala SMAN 5, serta panitia penyelenggara UNBK SMAN 3.

Ia menambahkan soal UNBK hanya bisa dibuka saat para peserta mengisi token pada setiap ujiannya. “Apabila ada masalah saat melakukan pengisian token, nantinya akan dibantu oleh pengawas melalui proktor kami,” terang Yeni.

SONY DSCKegiatan konfrensi pers

“Alhamdulillah tadi pelaksanaannya berjalan lancar, biasanya kalau ada masalah panitia akan melapor melalui SMS, mudah-mudahan lancar samapi selseai hari terakhir. Kami akan terus berkomunikasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” sambung Yeni.

Majalahsora.com pun melihat kesiapan petugas Telkom di SMAN 3, hal itu untuk mengantisipasi masalah jaringan internet di kampus yang berada di Jalan Belitung No 8.

Di kesempatan lainnya Sapto, Humas SMAN 3 Kota Bandung, menuturkan bahwa pelaksanaan di hari pertama seluruh sesi berjalan lancar dan pesertanya hadir mengikuti ujian. “Alhamdulillah lancar dan siswa kami 100 persen hadir. Hari ini semua siswa SMAN 3 pun hadir, untuk mata pelajaran matematika. Sebelum memulai dan melaksanakan UNBK, kami bimbing berdo’a bersama, agar diberi kelancaran serta kemudahan, dalam semua hal,” katanya melalui sambungan telepon, Selasa (10/4/18) pagi. [SR]***