Majalah Sora|Tuesday, March 19, 2019
You are here: Home » Serba Serbi » Tangkis Golput, KPU Jabar dan CJI Sosialisasikan Pilkada Kepada Pemilih Pemula

Tangkis Golput, KPU Jabar dan CJI Sosialisasikan Pilkada Kepada Pemilih Pemula 

SONY DSCNina Yuningsih yang merupakan Ketua Sosialisasi dan SDM, KPU Jabar

majalahsora.com, Kota Bandung – KPU (Komisi Pemilihan Umum) Propinsi Jawa Barat bekerjasama dengan CJI (Citizen Journalism Interindependent) didukung oleh Disdik Jabar, mengadakan sosialisasi dan pendidikan Pilkada (pemilihan kepala daerah)/ Pilgub (pemilihan gubernur) Jawa Barat kepada pemilih pemula. Dengan tema “Daripada Golput Mending Pilih Yang Terbaik”.

Kegiatannya diikuti oleh 230 peserta, terdiri dari pelajar dan mahasiswa yang ada di sekitar Bandung Raya. Dilaksanakan Sabtu, 17 Pebruari 2018, di Aula Ki Hajar Dewantara, Disdik Jabar, Jalan Rajiman.

Isi materinya sendiri dipaparkan langsung oleh Nina Yuningsih yang merupakan Ketua Sosialisasi dan SDM, KPU Jabar. Dirinya menjelaskan mengenai seluk beluk dan pemahamam yang benar mengenai Pilkada/Pilgub. Dengan tujuan agar pemilih pemula bisa menggunakan hak pilihnya dengan benar, terhindar dari apatisme politik dan golput (tidak memilih).

SONY DSCDiikuti ratusan peserta

Nina pun memberikan gambaran serta pengetahuan tentang seluruh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yang telah resmi terdaftar dan memiliki nomer urut.

“Dengan kegiatan ini, mudah-mudahan mereka tidak asal pilih, jangan seperti membeli kucing dalam karung. Di samping itu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula, kami sudah bekerjasama dengan Disdik Jabar dan 32 perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat,” kata Nina.

Nina berharap dengan adanya kegiatan ini, KPU Jabar bisa memberikan informasi dan menanamkan pentingnya menggunakan hak pilih bagi pemilih pemula saat pemilu nanti. “Mereka harus turut mengawal dan berpartisipasi pada proses demokrasi, seperti terhadap kecurangan money politic dan lainnya,” ujar Nina di hadapan awak media.

SONY DSCM. Zaki Mubarrok, CEO CJI (kanan)

Pada kesempatan yang sama Zaki , CEO CJI, menuturkan bahwa CJI memiliki kepedulian terhadap kegiatan Pilkada/Pilgub, terutama agar pemilih pemula tertarik mengikuti Pilkada 2018. “CJI memiliki kekhawatiran terhadap pengaruh negatif kepada pemilih pemula agar tidak golput. Makanya diadakanlah kegiatan sosialisi ini, bekerjasama dengan KPU,” katanya, di sela-sela kegiatan.

Dirinya berharap dengan kegiatan ini para pemilih pemula dapat menjadi pemilih yang cerdas dan tidak salah pilih, apalagi hanya ikut eforianya saja. “Ratusan anggota CJI dan ratusan peserta yang ikut acara ini bisa mengshare minimal ke 5 grup wa yang ada,” kata M Zaki Mubarrok.

“Insya Alloh CJI bisa mengadakan road show se-Jawa Barat. Ke depan CJI pun ingin megadakan acara seminar yang berkoordinasi dan bekerja sama dengan rekn-rekan media agar gaungnya lebih besar.” pungkasnya. [SR]***