Majalah Sora|Monday, March 25, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Sosialisasi Prakerin Siswa SMKN 2 Baleendah Kepada Orang Tuanya

Sosialisasi Prakerin Siswa SMKN 2 Baleendah Kepada Orang Tuanya 

SONY DSCAsep Syamsudin, Kepala SMKN 2 Baleendah Kabupaten Bandung

majalahsora.com, Kab Bandung – Siswa kelas XI SMKN 2 Baleendah Kabupaten Bandung, Desember tahun 2018 ini akan melaksanakan kegiatan Prakerin (praktek kerja industri).

Berkaitan dengan itu Kamis (29/11/2018) siang pihak SMKN 2 Baleendah dan komite sekolahnya adakan sosialisasi dengan ratusan orang tua siswa. Memaparkan dan menjelaskan mengenai Prakerin yang akan dilalui putra-putrinya.

Asep Syamsudin Kepala SMKN 2 Baleendah menjelaskan kepada awak majalahsora.com, bahwa ada tiga tahapan Prakerin yang dilalui oleh 548 siswanya. Nantinya akan disebar di 180 perusahaan yang ada di Kabupaten Bandung, Kota Bandung, serta Jabodetabek.

SONY DSCKepala SMKN 2 BE, Komite Sekolah serta Wakasek Kesiswaan dalam kegiatan sosialisasi Prakerin kepada orang tua siswanya

“Di SMKN 2 Baleendah tercatat ada jurusan TKJ, Kecantikan, Kimia, Busana serta Boga. Mereka akan melalui tiga tahap. Tahapan pertama ada pembekalan bagi siswa kami yang akan melakukan Prakerin. Agar mereka siap di dunia industri karena mereka belum tahu apa-apa. Berikutnya pelaksanaan, otomatis mereka harus siap praktek di industri namun tetap dimonitor oleh guru-guru kami yang sudah disiapkan. Para guru akan memantau siswa-siswi kami yang melakukan Prakerin. Jadi terpantau bahwa siswa-siswi kami benar-benar melakukan praktek. Kemudian ada pelaporan, setelah beres akan kami tanya siswa-siswi yang telah melakukan Prakrin,” kata Asep, panggilan akrabnya, beberapa waktu yang lalu.

“Mudah-mudahan dengan sosialisasi ini pengetahuan orang tua siswa akan meningkat, khususnya mengenai pembelajaran anaknya di SMK. Tujuannya selain silaturahmi juga bisa menjalin komunikasi yang positif demi kemajuan dan tumbuh kembang putra-putrinya selama belajar di SMKN 2 Baleendah. Kalau ada yang kurang perkembangannya lapor ke saya atau pihak sekolah. Sebagai bahan koreksi, karena pendidikan itu bukan hanya kewajiban sekolah. Tetapi ada kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua,” imbuhnya.

SONY DSCShafna dan Dina siswa SMKN 2 Baleendah yang akan melaksanakan Prakerin

Lebih lanjut Asep mengatakan setelah siswa yang selesai Prakerin akan melaporkan kegiatannya, salah satunya dengan power poin.

“Kegiatannya akan dinilai dari pelaporan yang dibuat, yaitu dari segi bahasa, isi laporan serta kegiatan. Namun poin paling penting dari segi laporan kegiatan karena 70 persen siswa SMK harus praktek sisanya teori,” kata Asep.

Majalahsora.com pun berhasil mewawancarai Shafna siswa kelas XI-Jasaboga-5 yang akan melaksanakan Prakerin di Hotel Mercure Lengkong Besar, Kota Bandung. Menurutnya Prakerin yang akan dilaluinya bisa menambah pengalaman dan wawasan yang bertambah serta lebih luas.

“Penempatannya dipilih/ditentukan oleh guru kami. Nanti saat Prakerin saya akan praktek service dan di kitchen tergantung pihak hotel. Berlangsung selama tiga bulan,” kata Shafna. [SR]***