Majalah Sora|Monday, March 18, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » SMPN 28 Kota Bandung UNBK Mandiri Perdana, 326 Siswanya Istigosah Di Masjid Trans Studio

SMPN 28 Kota Bandung UNBK Mandiri Perdana, 326 Siswanya Istigosah Di Masjid Trans Studio 

SONY DSCBoy, Komite Sekolah SMPN 28 Kota Bandung yang mendukung kegiatan UNBK mandiri di sekolahnya berfoto dengan Hj. Nunung Kuraesin, M.M.Pd. Kepala SMPN 28 

majalahsora.com, Kota Bandung – Ujian nasional SMP, tahun pelajaran 2017-2018, akan digelar pekan depan, tepatnya dari tanggal 23-26 April 2018. Pelaksanaannya sendiri ada yang berbasis kertas dan komputer.

Setiap harinya mengujikan satu mata pelajaran, seperti Bahasa Indonesia, matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

SONY DSCM. Kosasih, S.Pd., Wakil Kepala SMPN 28 Kota Bandung

Berkaitan dengan hal tersebut, SMPN 28 Kota Bandung pun siap melaksanakannya, bahkan untuk pertama kalinya, akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), secara mandiri, yang dibagi tiga sesi.

SONY DSCDra. Yetmi Hartati, Wakasek Kurikulum

“Alhamdulillah, tahun ini kami bisa laksanakan UNBK mandiri. Hal itu tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Di antaranya peran aktif komiite sekolah, orang tua siswa dan Dinas Pendidikan Kota Bandung,” kata Yetmi, Wakasek Kurikulum, Jumat (20/4/2018) pagi.

SONY DSCRina Rahmayati, S.Pd., Wakasek Humas

Tahun lalu, SMPN 28 Kota Bandung sudah mengikuti UNBK, namun masih gabung di SMKN 3 Kota Bandung, di kerenakan kurangnya jumlah komputer yang ada.

SONY DSCDra. Aning Karwati, M.M.Pd., Wakasek Kesiswaan

“Sebelumnya kami hanya memiliki 33 komputer. Setelah mengajukan akan melaksanakan UNBK mandiri, Disdik Kota Bandung, langsung meresponnya. Kemarin, (Senin 16 April 2018), langsung memberikan bantuan, berupa laptop merek Dell, sebanyak 109 unit. Tidak ketinggalan komite sekolah SMPN 28, memberikan fasilitas pendukung lainnya, yaitu empat server, kalau dirupiahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah,” tambah Yetmi.  

SONY DSCDrs. Eman Solihin, Wakasek Sarana

Masih kata Wakasek Kurikulum, siswa SMPN 28 Kota Bandung, secara umum sudah siap menghadapi ujian nasional kali ini. Karena dari bulan Nopember 2017, sudah diberi pelajaran tambahan di luar jam reguler. Setiap bulannya selalu dievaluasi agar terlihat perkembangan siswanya dalam menguasai materi ujian nasional.

smpn 28 bandung istigosahdi trans studio (1)Istigosah SMPN 28 Kota Bandung di Masjid Trans Studio Bandung

“Jumlah peserta yang ikut UNBK ada 326 siswa kelas IX, dari sembilan rombel. Akan ditempatkan di enam ruangan, dibagi tiga sesi, masuk pagi, siang dan petang. Mereka sudah terbiasa ujian dalam jaringan, seperti ulangan, ujian semester, try out, dan simulasi yang diselenggarakan oleh Disdik,” jelasnya.

smpn 28 bandung istigosahdi trans studio (2)326 siswa kelas IX akan ikuti UNBK tahun pelajaran 2017-2018

Di samping meyiapkan akademiknya, pihak sekolah dan komitenya pun melakukan berbagai upaya agar siswanya siap secara mental, salah satunya dengan do’a Istigosah, yang dilaksanakan di Masjid Trans Studio Bandung, Kamis (19/4/2018).

smpn 28 bandung istigosahTausyiah

Ada beberapa rangkaian kegiatan, seperti do’a bersama, tausyiah dari ustad dan lain sebagainya. “Mudah-mudahan apa yang sudah kami lakukan menghasilkan hal yang baik. Pada waktu pelaksanaannya, siswa dan sekolah kami diberi kelancaran dan kemudahan. Begitu pun hasilnya sesuai yang diharapkan. Kesuksesan tersebut tidak terlepas dari peran kepala sekolah, guru, BK, komite, dan unsur pendukung lainnya,” pungkas, Yetmi. [SR]***