Majalah Sora|Monday, March 18, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » SMP Vijaya Kusuma Manfaatkan Dana Hibah Pemkot Bandung Untuk UNBK

SMP Vijaya Kusuma Manfaatkan Dana Hibah Pemkot Bandung Untuk UNBK 

SONY DSCIwan Setiono, Kepala SMP Vijaya Kusuma Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – SMP Vijaya Kusuma Kota Bandung memanfaatkan dana Hibah Pemkot Bandung untuk menghadapi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tahun 2019.

Dana hibah tersebut telah digelontorkan Disdik/Pemkot Bandung ke rekening sekolahnya, di minggu ketiga Desember 2018. Secara nominal SMP yang berada di Jalan Mandala No 15, Kelurahan Kebon Kangkung, Kecamatan Kiara Condong, menerima dananya lebih dari Rp 700 jutaan.

“Alhamdulillah, kami senang sekali dengan bantuan hibah dari Disdik/Pemkot Bandung. Manfaatnya besar sekali, terima kasih kami haturkan. Salah satu pemanfaatannya kami belikan laptop sejumlah 21 unit, pemasangan instalasi, jaringan, dan sarana pendukung kegiatan UNBK. Di samping itu untuk edubox. Dananya mengambil dari alokasi dana investasi, ” papar Iwan Setiono, Kepala Sekolah SMP Vijaya Kusuma, Senin (28/1/2019) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut kata Iwan, Disdik/Pemkot Bandung memiliki perhatian yang tinggi terhadap kesejahteraan dan kemajuan pendidikan di Kota Bandung.

“Salah satu perhatian Pemkot Bandung memberikan tambahan penghasilan sebesar Rp 1 jutaan/bulan bagi guru honorer. Bagi tenaga kependidikan sebesar Rp 600 ribuan perbulan. Hal itu sangat membantu sekolah dalam upaya mensejahterakan guru dan tenaga kependidikan. Apalagi ke depan ada wacana akan disesuaikan dengan UMK (upah minimum kota). Hal itu untuk kemajuan pendidikan juga,” katanya.

Berkaitan dengan dana hibah, semua alokasinya oleh SMP Vijaya Kusuma telah digunakan sesuai dengan ketentuan yang ada.

SMP Vijaya Kusuma Bandung Simulasi UNBKSiswa kelas IX SMP sedang melakukan simulasi UNBK, Senin (28/1/2019)

Hedi Rosaidi Kasubag TU. Menjelaskan kepada majalahsora.com, ada tiga ketentuan alokasi dananya yaitu untuk personal, investasi dan operasional. SMP Vijaya Kusuma sendiri berada di bawah Yayasan Vijaya Kusuma Dit Ajenad.

Untuk dana personal dananya disalurkan ke 276 siswa RMP (Rawan Melanjutkan Pendidikan) dari kelas VII dan IX. Dialokasikan untuk pengadaan seragam, seperti:  putih biru, pramuka, batik, olahraga. Selain itu untuk keperluan lainnya di antaranya: sepatu, kaos kaki, tas, serta transport. Siswa di SMP Vijaya Kusuma kini tercatat ada 916 orang.

Sedangkan untuk dana operasional menurut Iwan dialokasikan pada kegiatan IHT guru, kegiatan MGMP, tambahan tunjangan struktural, dan lainnya.

Dirinya berharap bantuan tersebut terus berkelanjutan di tahun ini dan ke depannya. Karena bantuan tersebut dapat meringankan beban sekolah dan beban orang tua siswa dalam pengadaan perlengkapan sekolahnya. [SR]***