Majalah Sora|Tuesday, March 19, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » SMP Pasundan 1 Kota Bandung Sekolah Unggul Berbasis Digital

SMP Pasundan 1 Kota Bandung Sekolah Unggul Berbasis Digital 

nana mulyana kepala smp pasundan 1 kota bandungNana Mulyana, S.Pd., M. Si., Kepala SMP Pasundan 1 Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – Dalam menghadapi PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) tahun pelajaran 2018-2019, SMP Pasundan 1 Kota Bandung yang berada di bawah naungan YPDM (Yayasan Pendidikan Dasar Menengah) Paguyuban Pasundan, akan memberikan pelayan optimal bagi calon siswanya. Rencananya tahun ini akan menerima kurang lebih 320 siswa baru, untuk 10 rombongan belajar.

SMP Pasundan 1 Kota Bandung sendiri memiliki berbagai fasilitas yang cukup representativ, terutama untuk pembelajaran secara digital/dalam jaringan, seperti ruang kelas audio visual support (multimedia classrooms), sistem pembelajaran berbasis multimedia (e-learning), sistem informasi akademik berbasis gateway (siakad pasone), free hotspot area (internet basic support) dan lainnya.

angklung smp pasundan 1 bandungTim angklung SMP Pasundan 1 Kota Bandung

Fasilitas pendukung lainnya, yaitu studio kesenian ber-AC dan kedap suara (audio recording studio), laboratorium bahasa (speech and listening concepts), laboratorium IPA presentative (science and technologie), lapang olahraga, sarana ibadah agama Islam, dan sebagainya.

Nana Mulyana, Kepala SMP Pasundan 1 Kota Bandung menjelaskan, bahwa sekolah yang dipimpinnya terus berupaya meningkatkan fasilitasnya, baik sarana fisik maupun SDM-nya.

“Alhamdulillah kalau dari segi fasilitas akan terus kami tingkatkan, untuk menjadi sekolah unggul plus sekolah digital. Di dukung dengan guru pengajar yang kompeten, bergelar sajana dan master dari perguruan tinggi terkemuka,” terang Nana, Senin (28/5/2018) sore, di ruangannya.

IMG_1900Tim roket air SMP Pasundan 1 Kota Bandung

Belum lama ini sekolah yang berada di pusat Kota Bandung, tepatnya di Jalan Pasundan No 32, Kelurahan Balonggede, Kecamatan Regol, sukses melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) secara mandiri. Diselenggarakan 23-26 April 2018, diikuti oleh 430 siswa kelas IX. Menggunakan 150 komputer/laptop milik sendiri, yang dilaksanakan tiga sesi.

Selain itu SMP Pasundan 1 Kota Bandung, pekan lalu menggelar kegiatan PAT (Penilaian Akhir Tahun) dalam jaringan, diikuti seluruh siswa kelas VII dan VIII.

paskibra smp pasundan 1 kota bandungPaskibra SMP Pasundan 1 Kota Bandung

“Sekolah kami pun berupaya mendukung program Bandung Juara, Bandung Smart City, Bandung Masagi dan lainnya. Dalam pengajaran dan ujian sekolah sudah menggunakan IT. Terutama untuk ujian sekolah, sudah tidak menggunakan kertas,” kata Nana, yang pernah memimpin SMP Pasundan 3 Bandung serta SMP Pasundan 2 Kota Bandung.

voli smp pasundan 1 bandungSiswa berprestasi dari ekskul voli

Lebih lanjut dirinya menuturkan, pihaknya pun menyediakan beragam ekstrakurikuler untuk pengembangan minat dan bakat siswa, di luar bidang akademik. Tercatat ada ekskul Angklung, Karawitan, Seni Tari, Seni Vocal, Pencak Silat, Karate, Kharisma Islam, English Club, Creatif Team, Broadcast, Jurnalis, IT Club, Pramuka, Paskibra, PMR, Basket, futsal serta Voli.

Dari segi prestasi, sudah banyak raihan piala yang dikoleksi oleh SMP Pasundan 1 Kota Bandung, di antaranya, siswanya ada yang berhasil meraih juara ke-2, nasional, Voli tingkat klub, juara roket air, juara angklung, dan lain-lain.

smp pasundan 1 bandungKegiatan di SMP Pasone Bandung

Berkaitan dengan PPDB tahun ini, SMP Pasundan 1 Kota Bandung siap mendidik calon siswa-siswi terbaiknya untuk tahun pelajaran 2018-2019. Untuk itu membuka selebar-lebarnya pendaftaran di kampusnya. Info lebih lanjut bisa menghubungi ke alamat Jalan Pasundan No 32 Kota Bandung, dengan telepon 022-4203383. Atau bisa melalui line di @pasonejhs, instagram di @pasonejhs #ppdbpasone, serta twitter @pasonepinter #ppdbpasone.  [SR]***