Majalah Sora|Wednesday, March 27, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » SMKN 9 Kota Bandung Juara Umum LKS SMK Jabar 2018 Bidang Pariwisata

SMKN 9 Kota Bandung Juara Umum LKS SMK Jabar 2018 Bidang Pariwisata 

SONY DSCDr. H. Dodin R Nuryadin, M.Si., Kabid PSMK Disdik Jabar menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada juara pertama pastry cook kepada Syifa dari SMKN 9 Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – Gelaran LKS (Lomba Keterampilan Siswa) SMK tingkat Jabar tahun 2018 bidang pariwisata telah usai. Dilangsungkan di SMKN 9 Kota Bandung dari tanggal 16-18 Oktober 2018. Mempertandingkan lima mata lomba, yaitu restaurant service, beauty theraphy, ladies & mens hair dressing, ladies dress making/fashion technology, serta pastry cook.

Pada ajang tersebut persaingan para peserta yang mewakilili tiap kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat tidak bisa terelakan.

SONY DSCKepala SMKN 9 Kota Bandung, Drs. Edy Purwanto, M.M., berfoto bersama Ditya siswa SMKN 9 yang menjadi juara ketiga mata lomba ladies dress making/fashion technology, didampingi Yanti guru pembimbingnya

Di samping itu dalam upaya meningkatkan kualitas pemenang, panitia penyelenggara pun menghadirkan para juri yang kompeten di bidangnya masing-masing, baik dari kalangan pofesional maupun praktisi.

“Alhamdulillah kualitas pemenang di ajang LKS kali ini meningkat. Merupakan out put dari pendidikan di sekolahnya. Hal itu dikatakan oleh para juri di tiap mata lomba,” kata Dodin R Nuryadin, Kabid PSMK yang hadir pada penutupan kegiatan LKS bidang pariwisata di SMKN 9 Bandung, Kamis (18/10/2018) petang.

SONY DSCAulia Mardiyah, siswa SMKN 9 Kota Bandung juara pertama mata lomba beauty theraphy

Lebih lanjut dirinya mengatakan para pemenang di ajang LKS SMK tingkat Jabar akan mewakili Jabar di tingkat nasional yang akan dihelat Juli 2019 di Yogyakarta.

“Untuk juara pertama nanti akan mewakili Jabar di tingkat nasional, mudah-mudahan para juara di tingkat propinsi bisa juara pertama di tingkat nasional dan membawa Jabar meraih juara umum. Dilanjut di World Skill Competition menjadi juara dunia,” harap Dodin kepada awak media.

SONY DSCDrs. H. M. Lukman., M.M., Kepala SMKN 6 Kota Bandung merangkap Ketua MKKS SMK Kota Bandung saat membacakan pemenang lomba 

Tidak serta merta begitu saja Dodin memiliki asa yang begitu tinggi, pihaknya akan mempersiapkan para juara tingkat propinsi secara optimal.

“Kita memiliki waktu persiapan selama enam bulan. Nanti para pemenang akan dididik dilatih tidak hanya di sekolah tetapi di industri juga. Supaya kemampuan mereka lebih meningkat lagi serta lebih siap di tingkat nasional,” tambah Dodin.

SONY DSCEkspresi kegembiraan

Secara keseluruhan penyelenggaraan LKS SMK tingkat Jabar, menurut Dodin semua berjalan baik dan lancar yang melahirkan juara-juara baru lahir batin. Masih kata Kabid PSMK, bukan hanya juara soft skillnya saja dan hard skillnya tetapi juara mental serta jiwanya.

“Alhamdulillah dari mulai pembukaan, pelaksanaan dan penutupan berjalan lancar. Untuk penutupan di Bekasi sendiri dilaksanakan besok, Jumat (19/10/2018),” kata Dodin.

Sementara itu pada gelaran LKS SMK tingkat Jabar 2018 bidang pariwisata, SMKN 9 Kota Bandung  yang kini dipimpin Edy Purwanto sukses menjadi juara umumnya. Setelah berhasil menyabet empat juara pertama serta satu juara ketiga dari lima mata lomba yang dipertandingkan.

SONY DSCErna Nita Sari, siswa SMKN 9 Kota Bandung berhasil meraih juara pertama mata lomba ladies & mens hair dressing

Kelima siswa yang telah mengharumkan nama SMKN 9 Kota Bandung di tingkat propinsi tersebut yaitu: Aulia Mardiyah, juara pertama mata lomba beauty theraphy, Erna Nita Sari, juara pertama mata lomba ladies & mens hair dressing, Syifa, juara pertama mata lomba pastry cook, Putri, juara pertama mata lomba restaurant service, serta Ditya juara ketiga mata lomba ladies dress making/fashion technology.

SONY DSCPara juara LKS SMK tingkat Jabar diharapkan bisa membawa Jabar juara umum tingkat nasional di Yogyakarta, Juli 2019

Keempat juara pertama dari SMKN 9 Kota Bandung tersebut akan mewakili Jabar di tingkat nasional. Sedangkang sebagai bentuk apresiasi mereka mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 2 juta rupiah, piala dan piagam. Sedangkan untuk juara kedua mendapat Rp 1,5 juta serta juara ketiga Rp 1 juta.

Dengan raihan tersebut SMKN 9 Kota Bandung berhasil meraih dwi sukses, sukses prestasi dan penyelenggaraan. Hal tersebut sesuai target awal yang dicanangkan oleh Edy Purwanto selaku Kepala Sekolahnya. [SR]***