Majalah Sora|Monday, March 25, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » SMK Buana Karya Kota Bandung Sekolah Gratis Yang Mendapat Dana Hibah RMP

SMK Buana Karya Kota Bandung Sekolah Gratis Yang Mendapat Dana Hibah RMP 

SONY DSCDewi Istiawati, S.Pd., Kepala SMK Buana Karya Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – SMK Buana Karya Kota Bandung merupakan salah satu sekolah swasta gratis, yang menerima bantuan dana hibah siswa RMP (Rawan Melanjutkan Pendidikan) dari Disdik/Pemkot Bandung.

Pekan ketiga bulan Desember 2018 lalu, Pemkot Bandung telah menggelontorkan dana segar ke sekolah yang dipimpim oleh Dewi Istiawati, sebesar Rp 600 jutaan ke rekening sekolahnya.

“Bantuannya untuk 114 siswa kelas X-XII dari jurusan administrasi perkantoran dan teknik sepeda motor. Secara jumlah total, kini siswa SMK Buana Karya ada 150 siswa,” kata Dewi kepada awak media majalahsora.com, Senin (4/2/2019) petang.

Peruntukannya untuk dana personal, investasi dan operasional. Dirinya memaparkan untuk dana personal digunakan untuk pembelian seragam, seperti putih abu, batik, jurusan, atribut serta olahraga. Di samping itu digunakan untuk pembelian sepatu, tas, alat tulis dan tranport.

Sedangkan untuk dana investasi, oleh pihak SMK Buana Karya dimanfaatkan membeli sound sistem, proyektor, mesin potokopi, scanner, laptop dan lainnya.

Sementara itu menurut keterangan Dewi untuk dana operasional digunakan untuk kegiatan LDKS (latihan dasar kepemimpinan siswa), CPD (camping pendidikan dasar), kegiatan guru MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), dan lainnya.

Dewi pun mengakui akan manfaat dana hibah RMP bagi sekolahnya sangat membantu perkembangan sekolah yang dipimpinnya. Begitu pun dengan siswanya yang telah diberi fasilitas dan perlengkapan sekolah dari dana tersebut.

Dirinya pun berharap agar bantuan serupa bisa berlanjut di tahun-tahun ke depan. Karena sekolahnya sangat bergantung terhadap bantuan tersebut. Apalagi SMK Buana Karya Kota Bandung yang terletak di Jalan Cinambo No.3, Kelurahan Cisaranten Wetan, ecamatan Cinambo, tidak memungut biaya.

“Alhamdulillah siswa SM Buana Karya dari tahun ke tahun terus meningkat, hal itu tidak terlepas dari bantuan aparat kewilayahan di kami, termasuk Bapak Dadang Iriadi Camatnya,” pungkas Dewi yang kini sedang menyelesaikan gelar S-2 nya. [SR]***