Majalah Sora|Wednesday, March 20, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » SMAN 16 Kota Bandung Adakan Kompetisi Futsal Tingkat SMP se-Jabar

SMAN 16 Kota Bandung Adakan Kompetisi Futsal Tingkat SMP se-Jabar 

SONY DSCAam Hamzah Kepala SMAN 16 Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – Dalam upaya mencari bibit-bibit atlet khususnya di cabang olahraga futsal, SMAN 16 Kota Bandung adakan kompetisi futsal tingkat SMP se-Jabar. Sixteen Futsal Championship Season 3 nama ajangnya. Dilangsungkan selama empat hari dari tanggal 12-15 Desember 2018.

Ace Taryana Wakasek Kesiswaan SMAN 16 Kota Bandung yang membuka kegiatannya menjelaskan kepada majalahsora.com, bahwa ajang kompetisi yang diadakan oleh pihaknya tersebut pernah vakum selama dua tahun.

Kini Diadakan kembali sebagai ajang untuk rekrutmen pemain futsal sekolahnya. Rencananya pada PPDB 2019-2020 akan merekrut siswa jalur prestasi khususnya olahraga futsal.

SONY DSCAce Taryana Wakasek Kesiswaan dan Asep Pelatih Futsal SMAN 16 Bandung

“Berkat dukungan Pak Aam Hamzah, kepala sekolah kami, kompetisi ini bisa berjalan kembali. Ini merupakan salah satu cara kami untuk mencari dan regenerasi atlet futsal yang bagus. Karena tim futsal SMAN 16 sendiri sudah meraih banyak prestasi dari mulai tingkat kota, propinsi, nasional serta ASEAN,” kata Ace, kepada majalahsora.com, Rabu (12/12/2018) siang di kampusnya.

“Alhamdulillah dari olahraga futsal tidak sedikit lulusan SMAN 16 Kota Bandung yang diterima di perguruan tinggi negeri seperti UPI dan UNPAD. Hal itu melalui jalur prestasi olahraga futsal khususnya. Selain itu ada lulusannya yang bermain di timnas futsal, Liga-1, seperti Abdul Aziz pemain sepakbola yang bermain di PSMS Medan,” tambah Ace.

SONY DSCDede Ruhana, Pembina OSIS dan Ketua Pelaksana kegiatan

Masih kata Ace, diajang Sixteen Futsal Championship ada nilai-nilai juara yang ditanamkan kepada setiap kontestan yaitu menanamkan mental juara.

“Mereka harus memiliki sportivitas yang tinggi, keuletan luar biasa, tidak menganggap enteng lawan, solidaritas dan kekeluargaan antar pelajar. Ke depan ajangnya bisa diikuti oleh peserta yang lebig luas,” terang Ace.

Sementara itu Dede Ruhana Pembina OSIS merangkap sebagai Ketua Pelaksana Sixteen Futsal Championship Vol. 3 mengatakan ada 32 tim dari 20 sekolah yang mengikuti kompetisi tersebut. Memperebutkan piala bergilir dan tetap dari Kepala SMAN 16, dengan total hadiah uang pembinaan senilai Rp 5.000.000.

SONY DSCPoto kiri ke kanan: Deni (anggota kepolisian), Deni Pembina Olahraga, Ace Taryana & Asep Pelatih Futsal SMAN 16

“Kami gunakan sistem setengah kompetisi untuk babak penyisihannya. Dibagi ke dalam 8 grup. Untuk babak penyisihan kami adakan di lapang futsal sekolah kami. Sedangkan babak 16 besar sampai final akan dihelat di lapang futsal Progresif Soekarno Hatta. Dua hari di sekolah dua hari di lapang progresif,” terang Dede.

Lebih lanjut Dirinya mengatakan di setiap grup di isi oleh empat tim. Dua tim terbaik maju ke babak 16 besar menggunakan sistem gugur, dengan waktu pertandingan selama 2×10 kotor. Di samping itu setiap tim memiliki waktu 3 menit untuk istirahat dan satu kali time out.

Dari keterangan yang majalahsora.com dapat, bahwa ajang Sixteen Futsal Championship sendiri merupakan salah satu event besar yang digarap oleh OSIS SMAN 16 Kota Bandung.

SONY DSCSixteen Futsal Championship Season 3

“Kalau melihat dari segi animo yang mendaftar alhamdulillah cukup banyak, sampai 37 tim. Namun kami batasi 32 tim agar tidak mengganggu jadwalnya pas dan tidak lebih panjang,” katanya.

Bisa berjalannya kegiatan tersebut menurut Dede tidak terlepas dari berbagai dukungan sponsor dan lainnya. Terutama Kepala SMAN 16, Aam Hamzah.

Pada kesempatan yang sama Aam selaku Kepala SMAN 16 Kota Bandung sangat mendukung program kesiswaan serta osis sekolahnya. Dirinya sangat mempercayakan event tersebut kepada wakasek dan pihak terkait, untuk mencapai SMAN 16 Kota Bandung Juara! [SR]***