Majalah Sora|Tuesday, March 19, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » SMAN 15 Bandung Jalin Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi Swasta

SMAN 15 Bandung Jalin Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi Swasta 

ahmad hadadi kadisdik jabarDr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si., Kadisdik Jabar

majalahsora.com, Kota Bandung – SMAN 15 Bandung jalin kerjasama dengan perguruan tinggi swasta yang ada, menggelar kegiatan Edufair. Dalam rangka memperingati Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) tahun 2018, yang jatuh setiap tanggal 2 Mei. Dilaksanakan di kampusnya, Kamis, 4 Mei 2018. Kegiatannya dibuka langsung oleh Kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi.

edufair sman 15 bandung 2018 gb 7Drs. H. Hatta Saputra, M.M., Kepala SMAN 15 Kota Bandung

Menurut Desti Resnawati, Ketua Pelaksananya, menuturkan bahwa event tersebut merupakan kegiatan pameran pendidikan pertama yang digelar oleh SMAN 15. Diikuti oleh 17 perguruan tinggi swasta yang ada di Bandung Raya. “Selain jadi ajang promosi bagi PTS yang ikut edufair, memiliki tujuan mengenalkan jurusan-jurasan yang ada di perguruan tinggi yang hadir, seperti Unpas, Unpar, Unisba, Maranatha, STIE Kidatama, LP3i, STIE Ekuitas, Itenas,dan lainnya, kepada siswa siswi kelas X-XI. Agar mereka paham lebih dini,” katanya, di sela-sela kegiatan.

??????????Desti Resnawati, S.Pd., M.M., Ketua Pelaksana

Selain informasi yang diberikan oleh peserta pameran di tiap stan perguruan tinggi, siswanya sendiri diberi tugas untuk menggali setiap informasi yang lebih dalam. “Mereka diberi lembar kerja siswa, yang nantinya dilaporkan,” tambah Desti.

Sambung Desti, tidak semua siswa yang lulus dari SMAN 15, nantinya diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Makanya pada kesempatan tersebut, PTS (Pergurun Tinggi Swasta) yang terlibat di edufair tahun ini, berupaya menawarkan berbagai programnya.

??????????Panitia kegiatan Edufair SMAN 15 Kota Bandung

“Sengaja melibatkan kelas X-XI, agar mereka lebih paham dari awal, ke depan mereka yang mau melanjutkan kuliah tidak bingung, agar sesuai dengan keinginan dan kemampuannya, baik akademik maupun finansial,” terangnya.

Dirinya pun menjelaskan, di edufair tersebut banyak  PTS yang menawarkan program beasiswa, salah satunya Binus (Bina Nusantara) yang tekenal dengan jurusan DKV, IT, manajemen, dan kini kampusnya hadir di Kota Bandung. Di samping itu ada STIE Kridatama yang menawarkan kelas karyawan dengan biaya yang ekonomis.

edufair sman 15 bandung 2018 gb 5Angklung SMAN 15 Kiota Bandung unjuk kabisa

“Tadi informasi dari tiap kampus disampaikan secara menarik, sehingga menyedot banyak pengunjung. Seperti stan Binus, STIE Kridatama dan lainnya,” Desti menerangkan.

Saat ditanya oleh majalahsora.com, mengenai kelanjutan Edufair tahun depan, ia menuturkan bahwa kegiatannya akan berlanjut. “Insya Alloh akan menjadi event rutin. Bisa dibilang ini pra eventnya, semoga ke depan akan lebih besar lagi,” imbuhnya.

edufair sman 15 bandung 2018 gb 6Salah satu stan PTS yang ikut pameran

“Ini kerjasama yang baik, antara kami dan PTS yang terlibat, karena memberikan manfaat yang besar. Terutama bagi siswa-siswi kami, dalam memilih PTS yang memang sesuai dengan minatnya. Apalagi didukung dengan program-program yang menarik. Jadi tidak terpaku harus masuk ke PTN,” sambung Desti.

edufair sman 15 bandung gb 817 PTS ikuti Edufair munggaran SMAN 15 Kota Bandung

Selain pameran, kegiatannya diisi dengan tampilan kreasi seni dari siswa SMAN 15, seperti angklung, jaipongan, tari kreasi, nasyid, band dan lainnya.

Sementara itu Kepala SMAN 15 Kota Bandung menyatakan, bahwa SMAN 15 Kota Bandung ingin memberikan pelayanan optimal kepada siswa-siswinya, apalagi dalam mengenalkan jurusan-jurusan yang ada di perguruan tinggi, khususnya swasta.

edufair sman 15 bandung 2018 gb 9Tampilan tari

“Ya mudah-mudahan siswa-siswi kami tidak blank, apalagi sejak awal sudah tahu, sehingga ke depan apabila sudah kuliah tidak menyesal, dan tidak salah jurusan. Kalau kuliahnya dipaksakan nantinya sayang waktu dan biaya dong,” kata Hatta.

edufair sman 15 bandung 2018 gb 10Hatta Saputra berfoto dengan siswa kelas XII yang meraih Penghargaan

Dengan terselenggranya kegiatan tersebut, kepala SMAN 15 Kota Bandung, sangat berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat. “Saya haturkan terima kasih pada semua pihak, Pak Hadadi tadi yang membuka acara, panitia guru, siswa, dan perguruan tinggi yang ikut serta. Mudah-mudahan memberikan kebaikan,” pungkasnya. [SR]***