Majalah Sora|Tuesday, March 26, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » SMA Negeri/Swasta Se-Kabupaten Bandung Barat Siap Galang Dana Bantu Korban Gempa NTB

SMA Negeri/Swasta Se-Kabupaten Bandung Barat Siap Galang Dana Bantu Korban Gempa NTB 

SONY DSCPoto kiri ke kanan: Dedi Suanda, Kepala SMAN 1 Rongga, Suhendiana, Kepala SMAN 1 Lembang merangkap Sekretaris MKKS SMA, serta Saefudin Kepala SMAN 1 Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat

majalahsora.com, Kota Bandung – Gempa bumi  dengan magnitudo 7 SR, mengguncang Lombok Utara, NTB (Nusa Tenggara Barat) serta wilayah sekitar, Minggu (5/8/2018), pukul 18.46 WIB.

Akibat kejadian tersebut, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mencatat, hampir seluruh korban meninggal (lebih dari 100 orang sampai Selasa 7/8/2018 malam), tertimpa bangunan yang roboh.

Proses evakuasi korban pun kini masih terus berlangsung. Tenda darurat dan fasilitas umum yang masih layak ditempati diubah menjadi tempat pengungsian.

Gempa ini disebut sebagai gempa utama dalam rangkaian gempa yang mengguncang wilayah Lombok, NTB. Sebelumnya, gempa bermagnitudo 6,4 SR, mengguncang Lombok Utara pada 29 Juli 2018, lalu.

“Tadi pagi pun terjadi gempa susulan,” ujar Kadia, Kepala SMAN 4 Prayan Lombok Tengah, merangkap Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA se-Lombok Tengah, NTB, melalui sambungan telepon, Selasa (7/8/2018) pagi.

Lebih lanjut kepada majalahsora.com dirinya mengatakan, bahwa saat ini masyarakat di sekitar wilayahnya, memerlukan bantuan berupa tenda pengungsi (banyak bangunan umah yang hancur), obat-obatan (untuk luka terbuka dan anti biotik), disamping itu perlu bantuan pamper dan susu formula.

Berkaitan dengan bencana gempa bumi yang melanda NTB, Drs. Suhendiana, Kepala SMAN 1 Lembang juga Sekretaris MKKS SMA Se-Kabupaten Bandung Barat, berinisiatif menggalang dana, untuk meringankan beban korban gempa di Lombok NTB dan sekitarnya.

Hal itu ia sampaikan kepada majalahsora.com, disela-sela kegiatan sosialisasi GSMS (Gerakan Seniman Masuk Sekolah) di Hotel Hani, Lembang Kabupaten Bandung Barat, Selasa (7/8/2018) siang.

“Insya Alloh untuk SMA Se-Kabupaten Bandung Barat telah menyebarkan edaran, untuk menghimpun dana. Dengan tujuan membantu saudara-saudara kita di Lombok yang terkena musibah gempa bumi,” terang Suhendiana.

Masih kata Suhendiana, pihaknya menghimbau seluruh warga sekolah turut serta menyisihkan rezekinya. “Kalau sudah terkumpul akan disatukan se-KCD (Kantor Cabang Dinas) Wilayah VI, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur. Lalu kordinasi kebutuhan apa yang perlu dibantu, apakah berupa uang atau barang. Nanti lebih lanjut akan komunikasi lagi,” pungkasnya. [SR]***