Majalah Sora|Wednesday, March 20, 2019
You are here: Home » Serba Serbi » Seminar Nasional dan Temu Kolegial Di UPI Bandung

Seminar Nasional dan Temu Kolegial Di UPI Bandung 

elih sudiapermana gb 2Dr. H. Elih Sudiapermana, Kadisdik Kota Bandung (kanan)

majalahsora.com, Kota Bandung – Elih Sudiapermana, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, beserta jajarannya, yaitu Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Abdul Gaos, serta Penilik Dinas pendidikan Kota Bandung, menghadiri kegiatan Seminar Nasional dan Temu Kolegial dengan Tema “Reformulasi Pendidikan Masyarakat dalam Konstalasi dan Implementasi untuk Menghadapi Abad 21”. Berlangsung di Gedung Ahmad Sanusi UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), Jalan Dr Setiabudhi N0. 229 Bandung, Senin (10/9/2018).

Kegiatannya dibuka langsung oleh rektor UPI Asep Kadarusman. Pada kesempatan tersebut Asep memaparkan, bahwa UPI mempunyai 8 Fakultas, 1 sekolah Pascasarjana, dan 3 kampus di daerah, dengan total mahasiswa 38 ribu.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa telah terbit Permendikti No. 257, Tentang Nomenklatur Program UPI, yakni mengubah Pendidikan Luar Sekolah, menjadi Pendidikan Masyarakat, untuk program S1, S2 serta S3. Berkaitan dengan tema seminar pendidikan masyarakat dalam kontes pembelajaran dan keterwakilan Abad 21 dan rekonstruksi industri ke-4.

Ada beberapa keterampilan yang menjadi keterwakilan serta menjadi prioritas pada tahun 2020, yaitu; complex problem solving, critical thinking, creativity, people manajemen, emotional intelegent, negotiation, dan cognitive personality

Untuk menghadapi abad 21, perguruan tinggi perlu melakukan perbaikan proses pembelajaran. Yakni menjadi pembelajar sepanjang hayat. Perguruan tinggi harus menjalin kerjasama, dengan lembaga lain, untuk mendukung pendidikan tersebut. Diharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan rumusan kurikulum pembelajaran dan mampu memotivasi mahasaiswa.

Pada kegiatan tersebut ikut berpatisipasi LKP Putri, LKP Ivy League, PKBM Aksi dan PKBM Pelita Pratama serta PKBM Bina Cipta Ujung Berung.

Acaranya sendiri dibagi menjadi dua kegiatan, yakni Seminar Nasional dan Temu Kolegial, dilanjutkan dengan pengelompokkan kurikulum yang akan menggodok tentang kurikulum nasional.

Di kesempatan yang sama, diumumkan nama lembaga yang menerima penghargaan. 1. Penghargaan untuk Lembaga Mitra Pusat Kajian dan Pengembangan Bale Diklat, diberikan kepada: PP PAUD Dikmas Jawa Barat, BPPPKS Lembang, Bale Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto, Pusdiklat Jalan Perumahan pemukiman pengembanagan istruktur pemberdayaan manusia, P2PKA 1 LAN, BKKBN Prov Jabar, SPMF SKB Sumedang. 2. Penghargaan untuk Satuan Pendidikan Masyarakat diberikan kepada : PKB Bina Cipta Ujung Berung, Kota Bandung, PKBM An Nur Ibun, Kab.Bandung, Bina Suakarya, KAb. Bandung Barat, dan PKBM Mandiri Cipageran, Kota Cimahi.[SR]***