Majalah Sora|Wednesday, March 20, 2019
You are here: Home » Serba Serbi » Ridwan Kamil Ajak Enfieldter Indonesia Hijaukan Citarum

Ridwan Kamil Ajak Enfieldter Indonesia Hijaukan Citarum 

Ridwan Kamil Ajak Enfieldter Indonesia Hijaukan CitarumRidwan Kamil saat mengendarai motor lawasnya bersama 300-an enfieldter 

majalahsora.com, Kabupaten Bandung Barat – Apapun profesi kita, lakukan kepedulian melalui apa yang kita suka! Itulah pesan penutup yang disampaikan Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di hadapan komunitas motor enfield dari seluruh Indonesia.

Emil, memulai pagi di hari Minggu akhir pekan ini riding bersama puluhan enfieldter (sebutan khas komunitas penggemar motor Royal Enfield) dari Gedung Sate menuju bumi perkemahan Cikole di Kabupaten Bandung Barat.

Di tempat tersebut sebagai enfieldter sejati, Emil bercengkrama bersama para enfieldter se-Indonesia dalam rangka The 1st Indonesia Royal Enfield Jambore. Kegiatan ini dihelat mulai 15-16 Desember 2018 dengan jumlah peserta 300-an enfieldter.

Melalui momentum jambore ini, Emil berharap besar akan ada manfaat yang diraih terutama karya yang bisa dipersembahkan untuk masyarakat. Jambore ini menjadi langkah awal untuk mendapat kebermanfaatan itu.

“Semua langkah besar dimulai dari langkah-langkah kecil, semua mimpi-mimpi besar dimulai dari langkah kecil. Kita mulai jambore untuk diri kita sendiri, sehingga suatu hari kita terus sambil memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat,” kata Emil dalam sambutannya di Jambore Royal Enfield Indonesia di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu pagi (16/12/18).

Dalam jambore ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, setiap peserta akan menanam satu pohon untuk mendukung program Citarum Harum. Sebagai Dansatgas Citarum, Emil juga mengundang kepada para enfieldter untuk berkontribusi dalam Citarum Expo yang akan digelar Januari 2019 nanti.

“Oleh karena itu, saya mengundang — karena berdasarkan Peraturan Presiden, saya adalah Komandan Satuan Tugas Penanggulangan Citarum. Selama lima tahun saya dapat tugas bagaimana (Citarum) dari sungai terkotor menjadi sungai bersih dan indah,” ujar Emil.

“Saya mengajak semua yang cinta lingkungan, mumpung kita ngumpul kita buat komitmen kalau di Jawa Barat fokus pada penghijauan Citarum oleh Komunitas Royal Enfield Indonesia. Setuju!” ajaknya disambut teriakan “Setuju” para enfieldter.

Di Citarum Expo, semua pihak tidak hanya dari Jawa Barat tapi seluruh Indonesia yang peduli Citarum bisa turut serta. Di expo ini kita bisa memberikan aksi, gagasan, ilmu pengetahuan, atau hal lainnya untuk Citarum.

“Setelah Citarum Expo itulah yang akan saya jadikan rencana aksi untuk Citarum selama lima tahun ke depan. Karena lingkungan ini bukan tanggung jawab pemimpin saja, tapi semua yang mencintai peradaban dan kehidupan manusia,” ungkap Emil.

“Apapun profesi kita, kita berbagi melalui salah satu yang kita sukai,” tandasnya. [SR]***