Majalah Sora|Wednesday, March 20, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Ribuan Peserta Pada Karnaval Dies Natalis SMAN 1 Kabupaten Cianjur ke-58

Ribuan Peserta Pada Karnaval Dies Natalis SMAN 1 Kabupaten Cianjur ke-58 

SONY DSCHaruman Taufik ,K, S.Pd., M.M.Pd., Kepala SMAN 1 Cianjur ke-16

majalahsora.com, Kabupaten Cianjur – Dalam rangka memperingati hari jadi SMAN 1 Kabupaten Cianjur (SMANSA Cianjur), Minggu (15/10/2017) pagi diadakan berbagai macam kegiatan. Salah satunya kegiatan karnaval, mengitari jalan protokol di Kabupaten Cianjur. Rutenya dimulai dari kampus sekolah tersebut yang beralamat di Jalan Pangeran Hidayatulloh, lalu melewati Jalan Abdullah Bin Nuri, Ir. H. Juanda, Otista, Siti Jenab, serta Jalan Siliwangi, hal tersebut dituturkan Dra. Siti Nuraeni, Waka Humas SMANSA Cianjur kepada majalahsora.com, di ruang kepala SMAN 1 Cianjur, Minggu (15/10/2017).

SONY DSCDra. Hj. Siti Nuraeni, Wakasek Humas SMAN 1 Cianjur

“Alhamdulillah, hari ini Minggu (15/10/2017) bertepatan dengan hari jadi SMANSA Cianjur yang ke-58. Dalam rangka syukuran sekolah rutin diadakan karnaval. Pelaksanaannya sudah berjalan empat tahun noron (berturut-turut) dari tahun 2013. Tema dan kostumnya pun beda-beda. Untuk tahun sekarang kostum yang dikenakan merupakan pakaian daerah dari 34 propinsi yang ada di Nusantara,” lanjut Siti.

SONY DSCKepala SMANSA Cianjur sedang menyerahkan bantuan sembako

Kurang lebih ada 1100 peserta yang mengikuti kegiatan karnaval tersebut, terdiri dari siswa, guru, tata usaha, dan karyawan SMANSA Cianjur. “Karnavalnya menghabiskan waktu selama dua jam, yang dimulai dari pukul 06.30 s.d pukul 08.30-an. Alhamdulillah berjalan lancar, berkat bantuan serta kerjasama dengan kepolisian yang menurunkan 30 personil,” jelasnya.

dies natalis smansa cianjur ke-58 gb 12-majalahsora.comPoto bersama keluarga besar SMANSA Cianjur pada kegiatan dies natalis ke-58

Pada kegiatan tersebut, setiap kelas dari jurusan IPA, IPS dan bahasa kompak memakai pakaian khas daerah dari 34 propinsi. Ada yang memakai pakaian adat Sunda, Jawa, Bali, Madura, Betawi, Padang, Aceh, dll. Tujuannya agar para siswa lebih cinta pada Nusantara. Selain itu setiap peserta membawa alat musik ataupun tampilan yel-yel.

dies natalis smansa cianjur ke-58 gb 10-majalahsora.comPoto Kepala SMANSA dan guru

“Kostum yang dipakai siswa nantinya dinilai karena dilombakan, begitupun untuk kreatifitas musik juga dinilai. Ada peserta yang sengaja membawa gerobak sate khas Madura,” sambung Siti .

Setelah karnaval dilanjutkan dengan berbagai lomba, di antaranya; futsal, fashion show yang menampilkan pakaian daur ulang dari koran dan pelastik, band akustik, balap perahu, lomba dekor antar jurusan, dll.Dilaksanakan di kampus sekolah tersebut.

SONY DSCTriyanto dan Arif Amrulloh Guru SMANSA Cianjur

Masih dalam rangkaian acara dies natalis, Haruman Taufik K, S.Pd., M.M.Pd, Kepala SMANSA Cianjur menyerahkan bantuan sembako untuk warga kurang mampu di sekitar sekolah.

Siti menambahkan bahwa kegiatan Dies Natalis SMANSA Cianjur berlangsung selama dua hari. Hari kedua dilaksanakan Senin (16/10/2017). Pada hari tersebut akan diisi dengan rangkaian kegiatan seperti; upacara bendera dengan semua petugas upacaranya terdiri dari guru, mulai dari pemimpin, marchingband, dan lain sebagainya.

dies natalis smansa cianjur ke-58 gb 14-majalahsora.comKegiatan karnaval

Di samping itu ada kegiatan tiup lilin, penyerahan karya monumental dari tiap-tiap jurusan, jurusan IPA berupa sistem periodik, mars SMANSA Cianjur dari jurusan IPS, serta hymne SMANSA dari jurusan bahasa.

dies natalis smansa cianjur ke-58 gb 15-majalahsora.comSiswa SMANSA Cianjur di dies natalis ke-58

“Senin (16/10/2017) besok kegiatan dies natalisnya akan bertambah meriah dengan adanya tampilan berupa tari payung kolosal, dance, longser SMANSA, serta wayang nganjang ke sekolah yang merupakan kegiatan GSMS (gerakan seniman masuk sekolah), program dari Kemendikbud,” terang Siti.

dies natalis smansa cianjur ke-58 gb 16-majalahsora.comPakaian daerah yang dikenakan saat karnaval dies natalis ke-58

Meskipun penuh dengan kegiatan hiburan, pada hari yang sama Senin (16/10/2017), rencananya pihak SMANSA akan menyerahkan bantuan sosial, berupa uang Rp. 6 juta. Akan diserahkan secara simbolis kepada warga yang dilanda bencana longsor, yang terjadi di daerah Takokak Kabupaten Cianjur, pada awal Oktober 2017 lalu.

dies natalis smansa cianjur ke-58 gb 13-majalahsora.comPara siswa SMANSA Cianjur 

Siti berharap dengan kegiatan dies natalis yang ke-58, ke depannya SMANSA Cianjur bisa lebih maju, meningkat sacara akademis/non akademis serta bisa bersaing di tingkat propinsi, nasional bahkan internasional.

Kumpulan poto kegiatan Dies Natalis SMANSA Cianjur

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC[SR]***