Majalah Sora|Tuesday, March 19, 2019
You are here: Home » Serba Serbi » PPSI Gelar Penataran Juri Untuk Pasanggiri Penca Di Kabupaten Karawang

PPSI Gelar Penataran Juri Untuk Pasanggiri Penca Di Kabupaten Karawang 

SONY DSCProf Obi Penasehat PPSI yang merupakan calon Rektor Unpad (kanan) dan H. Adil saat memberikan paparan pada kegiatan penataran juri PPSI

majalahsora.com, Kota Bandung – Menghadapi kegiatan pasanggiri Penca tingkat Jabar, Banten dan Jakarta, DPP PPSI (Dewan Pengurus Pusat Persatuan Pencak Silat Indonesia) selenggarakan kegiatan penataran jurinya. Diikuti oleh puluhan juri (utusan daerah) yang datang dari 12 kabupaten/kota, perwakilan cabang PPSI. Diselenggarakan di Wisma Taruna Jalan Lengkong Kota Bandung dari tanggal 1-2 November 2018.

“Kegiatan penataran juri ini untuk menghadapai pasanggiri penca yang akan diselenggarakan akhir November 2018 di Kabupaten Karawang. Merupakan program rutin DPP PPSI yang digelar dua tahun sekali. Di samping itu untuk penyegaran juri. Selain diikuti juri senior diangkat juga juri-juri yang baru. Pematerinya dari pengurus DPP PPSI dan juri-juri senior,” kata Adil Ketua Umum DPP PPSI, Kamis (1/11/2018) di Wisma Taruna.

SONY DSCH. Adil, Ketua DPP PSSI, berharap ada atensi pemerintah terhadap organisasi yang dipimpinnya

Pada penataran tersebut, kata Adil ada beberapa materi yang disampaikan pemateri seperti etika juri, sejarah PPSI, papagon, tata cara penilaian, praktek penilaian evaluasi, dan lainnya. 

“Diharapkan setelah selesai kegiatan ini para calon juri bisa memegang amanah, bisa bertugas dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Masih berkaitan dengan kegiatan penataran, dirinya pun berharap ke depan kegiatannya bisa berjenjang. Selain itu PPSI yang merupakan organisasi masyarakat masih memerlukan bantuan pemerintah (khususnya dinas pendidikan dan kebudayaannya) dari segi atensi, proteksi dan subsidi pendanaan untuk berbagai aspek.

“Selama ini kami banyak menyelenggarakan kegiatan dengan dana swadaya. Untuk kegiatan ini pun sama, para utusan daerah menggunakan dana pribadi,” kata Adil.

SONY DSCAsep Maung (kanan) nonoman Sunda yang selalu support terhadap kemajuan PPSI

Adapun pasanggiri penca yang akan di gelar di Kabupaten Kawarang di akhir bulan November 2018 melombakan ibing tunggal, ibing rampak serta ijen untuk kategori anak-anak, remaja serta dewasa putra putri se-Jabar, Banten dan DKI.

“Diadakan di Kabupaten Karawang, bertepatan dengan hari jadinya. Kalau ditunjang oleh pemerintah kami inginnya diadakan berjenjang dari mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan pusat,” katanya.

Prof Obi Calon Rektor Unpad Mendukung PPSI

Pada kesempatan yang sama Prof Obi selaku Penasehat PPSI serta calon Rektor Unpad periode 2019-2024 sangat mendukung kegiatan penataran juri yang digelar oleh DPP PSSI.

Saat menyampaikan paparannya ia menyebutkan kalau dirinya terpilih menjadi Rektor Unpad periode 2019-2024 akan membuat sekretariat PPSI di kampus Unpad.

SONY DSCPoto bersama calon juri

“PPSI merupakan kebanggaan bangsa sebagai penjaga dan pelestari budaya bangsa, khususnya dalam bidang seni bela diri penca . Insya Alloh dan do’akan saya apabila terpilih jadi Rektor Unpad saya akan bikin sekretariat PPSI di dalam kampus Unpad. Karena perguruan tinggi pun memiliki kewajiban dan harus peduli terhadap pemeliharaan budaya. Di Unpad sendiri sudah ada penyelenggaraan OOTRAD (Olimpiade Olahraga Tradisional), ke depan akan kita masukan kegiatan PPSI di acara itu,” pungkasnya. [SR]***