Majalah Sora|Monday, March 18, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Peringati Idul Adha SMAN 1 Bandung Rutin Adakan Praktek Manasik Haji

Peringati Idul Adha SMAN 1 Bandung Rutin Adakan Praktek Manasik Haji 

manasik haji sman 1 bandung idul adha 1439 h (6)Thawaf

majalahsora.com, Kota Bandung – Berbeda dengan sekolah lain pada umumnya, dalam memperingati Idul Adha yang biasanya melaksanakan penyembelihan hewan qurban, SMAN 1 Kota Bandung, sejak lima tahun ke belakang, rutin menggelar praktek manasik/latihan Haji, termasuk Idul Adha 1439 H tahun ini.

Dadang Yani Zakaria Kepala Sekolahnya mengatakan kepada majalahsora.com, bahwa kegiatan praktek manasik Haji dilaksanakan usai perayaan Idul Adha, yang tahun ini jauh pada hari Rabu, tanggal 22 Agustus 2018.

SONY DSCDadang Yani Zakaria, Kepala SMAN 1 Kota Bandung

“kegiatan manasik Haji merupakan program unggulan di SMAN 1 Kota Bandung,” kata Dadang, panggilan akrabnya, di ruang kerjanya, kemarin, Kamis (23/8/2018) siang.

Masih kata Dadang, kegiatan manasik Haji biasanya dilakukan di tingkat TK/PAUD. “Kalau di TK/PAUD mungkin biasa, nah setelah dewasa manasik Hajinya bisa dimaknai lebih dalam agar mereka lebih paham,” imbuhnya.

SONY DSCRosi Rahayu, Wakasek Kurikulum

Kegiatannya sendiri dilaksanakan Kamis 23 Agustus 2018, kurang lebih dari pukul 07.15 sampai dengan pukul 10.00. Diikuti oleh seluruh siswa muslim kelas XII. Untuk kelas sepuluh dan sebelasnya diliburkan.

Dadang menjelaskan bahwa praktek manasik Haji menjadi pembelajaran sekaligus penilaian ujian praktek bagi siswa kelas XII yang berjumlah 409 orang dari 11 kelas (IPA 8 kelas, IPS 3 kelas).

manasik haji sman 1 bandung idul adha 1439 h (10)Ceramah

“Mudah-mudahan dengan adanya pelaksanaan praktek manasik Haji, menjadi pemicu kelak mereka bisa melaksanakan ibadah sesungguhnya ke Tanah Suci Mekah, yang merupakan rukun Islam kelima. Di samping itu bisa meningkatkan ahlaq dalam upaya peningkatan prestasi akademik dan non akademik,” asanya, yang pada kegiatan tersebut dirinya menjadi Amirul Hajj.

Saat ditanya oleh majalahsora.com, SMAN 1 tidak melaksanakan praktek penyembelihan hewan qurban, dirinya menuturkan bahwa keadaan lingkungan sekolahnya sementera waktu ini, tidak mendukung untuk menggelar kegiatan tersebut.

manasik haji sman 1 bandung idul adha 1439 h (9)Dibagi menjadi 11 maktab/rombongan

Sementara itu Rosi Rahayu Wakasek Kurikulum SMAN 1 Kota Bandung, memaparkan bahwa kegiatan praktek manasik Haji yang diikuti siswa kelas XII, sesuai dengan tata cara yang sesungguhnya, tempatnya pun dibuat semirip mungkin.

“Jumlah kelas XII di sekolah kami ada sebelas, dan pada kegiatan ini kami jadikan kloter, yang dibimbing oleh Walikelasnya masing-masing, sebagai ketua maktab (pemimpin rombongan),” kata Rosi, panggilannya.

manasik haji sman 1 bandung idul adha 1439 h (8)Batu untuk lempar jumroh

Rosi pun menjelaskan bahwa seluruh siswa yang mengikuti kegiatan tersebut akan dinilai, terutama dalam keseriusan dan hafalan bacaannya. Pakaian yang dipakai pun semirip mungkin sesuai dengan aturan yang ada. “Ya dinilai untuk penilaian praktek semester pertama,” ujarnya.

manasik haji sman 1 bandung idul adha 1439 h (3)Pelaksanaan lempar jumroh

Setiap siswa harus mengikuti semua rangkaian ibadah manasik Haji, sesuai dengan rukun-rukunnya. [1] Dalam kegiatan ibadah haji, dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji.

manasik haji sman 1 bandung idul adha 1439 h (1)Penilaian oleh gurunya

Selain itu, belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di Tanah Suci.

manasik haji sman 1 bandung idul adha 1439 h (4)Replika Ka’bah yang ada di lapang SMAN 1 Kota Bandung

Rukun Haji (Sesuatu yang  harus dilaksanakan bila ada salah satu atau lebih tidak dilaksanakan, maka tidak dapat diganti dengan dam (denda), dan hajinya batal (tidak sah):

  1. Ihram; 2. Wukuf di Arafah; 3. Thawaf Ifadlah; 4. Sa’I; 5. Memotong rambut / Tahallul; 6. Tertib

SONY DSCAnisa

Wajib Haji (Sesuatu yang  harus dilaksanakan dan apabila salah satu ada yang ditinggalkan, maka hajinya sah tapi harus membayar dam (denda):

  1. Ihram dari Miqat; 2. Mabit di Muzdalifah; 3. Mabit di Mina; 4. Melempar Jumrah; 5. Thawaf Wada

SONY DSCChantika

Wartawan Sora pun berhasil mewawancarai Anisa dan Chantika, mereka berdua sangat senang mengikuti semua rangkaian kegiatannya. “Tadi ada ceramah, tempat prakteknya dibuat semirip mungkin, Jadi tahu tata cara ibadah Haji, seperti lempar jumroh sebanyak tiga kali, dengan melempar tujuh batu krikil setiap sesinya, potong rambut, baca surat pendek dan lainnya. Banyak manfaatnya, kalau suatu saa kita ke Mekah jadi sudah tahu. Harapannya rutin tiap tahun diadakan,” kata Anisa dan Chantika. [SR]***