Majalah Sora|Friday, March 22, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » SMA Pasundan 3 Bandung Gelar Pensi Setelah Lama Vakum

SMA Pasundan 3 Bandung Gelar Pensi Setelah Lama Vakum 

SONY DSCHendra, ST., M.M.,  Wakasek Bidang Kesiswaan SMA Pasundan 3 Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – SMA Pasundan 3 Kota Bandung  Jalan Kebon Jati  nomor 31 yang dipimpin oleh Solihin, gelar kegiatan pensi (Pentas Seni) kembali, setelah vakum selama 9 tahunan.

“Pensi sekolah kami hadir kembali, vakum sejak tahun 2009. Pensi yang dihelat di SMA Pasundan 3 kali ini mengusung tema ‘C’esttavie Patijaya’ yang artinya kebangkitan,” kata Hendra Wakasek Kesiswaannya, kepada majalahsora.com, Sabtu (8/12/2018) petang.

Hendra memaparkan bahwa kegiatan pensinya diharapkan bisa berdampak pada animo calon siswa yang akan masuk ke SMA Pasundan 3 Kota Bandung.

“Dari tahun ke tahun jumlah siswa di SMA Pasundan 3 Kota Bandung terus ada percepatan (peningkatan). Tadinya hanya empat kelas, kemudian tujuh kelas, kini ada sembilan kelas,” katanya.

SONY DSCLina Hara, penyanyi yang merupakan alumni SMA Pasundan 3 Kota Bandung tahun 1989

Pensi di SMA Pasundan 3 Kota Bandung kali ini masuk ke dalam kalender akademik pekan kreatifitas, sesuai agenda dari pemerintah. Di helat usai kegiatan PAS (Penilaian Akhir Semester).

Pada kegiatan tersebut ada berbagai tampilan siswa, ada etnis, daerah, ciri khas SMA Pasundan 3 dan modern. Di antaranya yang tergabung di teater Senapati (ekskul yang sering juara teater), band SMA Pasundan 3 Kota Bandung (pernah meraih runner up jingle Indomie), penca silat, tari jaipongan, musikalisasi puisi, maca sajak Sunda, kabaret, dan lainnya. Selain itu ada tampilan band bintang tamu.

Lebih lanjut Hendra mengatakan ada 650 an siswa SMA Pasundan 3 Kota Bandung yang terlibat pada acara pensi sekolahnya.

“Kegiatannya masih untuk internal dari kita untuk kita. Dibantu oleh para alumni juga. Acaranya dimulai dari jam sembilan pagi hingga sebelum Ashar. Tadi dibuka oleh saya mewakili Pak Solihin yang kebetulan sedang ada kegiatan. Kegiatannya (pensi) diagendakan sejak awal tahun pelajaran, ” terang Hendra.

SONY DSCNazwa salah satu bintang tamunya, sedang membawakan sebuah lagu. Dirinya pun Host di TVRI Jabar

Dirinya berharap kegiatan pensi tersebut memiliki nilai seni yang merupakan bagian dari kehidupan (rasa kemanusiaan) yang ada dalam kurikulum 2013, yaitu pembentukan karakter. Selain itu menjadi gaung untuk mempersiapkan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) 2019-2020.

“Kami ingin SMA Pasundan 3 Kota Bandung di masa PPDB 2019-2020 bisa lebih dipercaya kembali oleh masyarakat seperti awal-awal hadirnya SMA Pasundan 3 Kota Bandung dari tahun 1981. Saya merupakan alumninya. Apabila sekolah di SMA Pasundan 3 Bandung banyak kegiatan positif. Kini yang menjadi ciri khas sekolah kami yaitu membaca Al Quran, ahlaq yang baik (mencuci piring setelah beres makan. Menyiapkan air kopi buat orang tuanya), berikutnya sholat berjamaah,” katanya.

SONY DSCSuasana Pensi SMA Pasundan 3 Bandung

Berkaitan dengan pensi SMA Pasundan 3 Kota Bandung, ke depan sekolahnya punya impian melaksanakan kegiatannya di luar sekolah (di Sabuga). Dengan dukungan berbagai pihak, seperti sekolah, alumni, orang tua siswa dan lainnya.

Sementara itu Lina Hara alumni SMA Pasundan 3 Kota Bandung yang merupakan seorang penyanyi, hadir di pensi tersebut. Dirinya telah memiliki beberapa album tahun 1997, 2000, dan 2002 (Slow Rock Sunda ‘Alesan’). Selain itu mengeluarkan single dengan putrinya, lagu religi ‘Fii Ramadhan’.  Tahun 2018 ini akan ada single terbarunya berjudul SMA.

“Saya sebagai alumni angkatan 1989, bangga sekali kepada siswa SMA Pasundan 3 yang melaksanakan acara ini. Di kegiatan ini saya coba membantu anak-anak OSIS-nya, bantu konsep acara. Selain itu hadirkan bintang tamunya (Nazwa) host creative on stage di TVRI Jabar, pengadaan sound system dan lainnya,” kata Lina Hara.

Dirinya berharap nama dan kualitas SMA Pasundan 3 bisa jaya kembali seperti saat dirinya bersekolah di SMA Pasundan 3 Bandung, periode tahun 1987-1989.

SONY DSCPuji salah satu panitia pensi SMA Pasundan 3 Kota Bandung

Majalahsora.com pun berhasil mewawancarai salah satu panitianya, Puji kelas XII-IPS-2 yang bertugas di seksi ticketing. Menurut Puji dari jumlah siswa SMA Pasundan 3 yang ada, timnya sukses menjual tiket sebanyak 400 lembar.

“Alhamdulillah bisa terjual 400 lembar dengan harga Rp 30.000 kalau di tempat acara Rp 35.000. Kami tampilkan hiburan yang sesuai dengan keinginan siswa SMA Pasundan 3.  Bintang tamunya ada KidEhan, SkalianSka, Seutasdawai, Endas Spelai dan lainnya,” katanya.

Puji pun berharap agar kegiatan pensi yag digelar di sekolahnya bisa berlanjut dan sukses., dengan dukungan semua pihak. [SR]***