Majalah Sora|Monday, March 18, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Penjurian LKS SMK Tingkat Jabar 2018 Harus Transparan dan Obyektif

Penjurian LKS SMK Tingkat Jabar 2018 Harus Transparan dan Obyektif 

SONY DSCH. Asep Syamsudin Hermawan, M.M.Pd., Kepala SMKN 2 Baleendah merangkap Ketua MKKS SMK Kabupaten Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung –  LKS (Lomba Keterampilan Siswa) SMK Tingkat Jabar 2018, yang digelar di Kabupaten Bekasi dan Kota Bandung dihelat dari tanggal 16-19 Oktober 2018.

Mempertandingkan 26 mata lomba. Bidang IT dan rekayasa teknologi 21 mata lomba dilaksanakan di Kabupaten Bekasi, sisanya digelar di Kota Bandung untuk bidang pariwisata. Diikuti oleh ratusan peserta dari SMK di 27 kabupaten/kota.

Beberapa kalangan berharap dengan LKS SMK Jabar tahun ini bisa menghasilkan juara yang selayaknya menjadi juara. Sehingga dapat mewakili Jabar untuk bersaing di tingkat nasional di Yogyakarta, Juli 2019 akan datang.

Jabar sendiri pada pelaksanaan LKS tingkat nasional 2019 memiliki target menjadi juara umum, seperti yang dipaparkan oleh Edy Purwanto selaku Kepala SMKN 9 Kota Bandung beberapa waktu yang lalu.

Masih berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan tersebut, Asep Syamsudin Ketua MKKS SMK Kabupaten Bandung  yang juga Kepala SMKN 3 Baleendah, memaparkan siswa yang mewakili Kabupaten Bandung di LKS kali ini sebagian ada yang ditunjuk dan bertanding dengan biaya sendiri (biaya sekolah).

“Karena keterbatasan biaya kami tunjuk siswa dari sekolah yang mampu bersaing di tingkat Jabar. Sebelumnya kami di Kabupaten Bandung tidak terlalu banyak mempertandingkan mata lomba, karena kekurangan dana. Waktu itu kami (anggota MKKS) rereongan,” terang Asep, Rabu (17/10/2018) di SMKN 9 Kota Bandung.

“Kurang lebih ada 16 mata lomba yang diikuti kontingen Kabupaten Bandung di LKS SMK tingkat Jabarkali ini. Tidak semua mata lomba yang 26 diikuti, karena di Kabupaten tidak ada jurusannya,” tambahnya.

Dirinya berharap pada pelaksanaan LKS SMK tingkat Jabar 2018 ada transparansi baik dari segi penjurian, objektivitas dan segala halnya.

“Target Kabupaten Bandung di LKS ini, bisa menghasilkan yang terbaik, karena mepet waktu persiapannya,” katanya.

SMK yang mewakili Kabupaten Bandung sendiri terdiri dari SMKN 2 Baleendah, SMKN 1 Katapang, SMKN 1 Majalaya, SMKN 7 Baleendah, SMK Marhas, SMK LPPM-RI, SMK Budi Bhakti Ciwidey, SMK Alwafa, dan lainnya. [SR]***