Majalah Sora|Tuesday, March 19, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Pendidikan Qurban SMAN 14 Kota Bandung Sembelih Dua Sapi Dan Domba

Pendidikan Qurban SMAN 14 Kota Bandung Sembelih Dua Sapi Dan Domba 

SONY DSCDedi Mulyawan, Kepala SMAN 14 Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – SMAN 14 Kota Bandung adakan pelaksanaan pendidikan tata cara qurban, dengan menyembelih dua ekor sapi dan domba. Hewan tersebut merupakan hasil infak dan sodakoh seluruh peserta didiknya, sukarela tidak ada batasan.

idul qurban 1439 hsman 14 bandung (3)Dibimbing oleh para gurunya

Dedi Mulyawan mengatakan kepada majalahsora.com, bahwa kegiatan tersebut untuk menyambut hari Raya Idul Adha 1439 H, yang jatuh pada tanggal 22 Agusus 2018, lalu.  Selain itu masuk ke dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) bagi seluruh siswanya yang muslim.

idul qurban 1439 hsman 14 bandung (4)Dua ekor sapi dan domba

“Hari ini para siswa dibekali dengan LKS (Lembar Kerja Siswa) agar mereka tahu dasar hukumnya, memperhatikan seluruh prakek (pelaksanaan) tata cara berkurban. Sebelumnya ada ceramah terlebih dahulu Jumlah hewan qurbannya ada 4 empat dua sapi dan domba dua, ” ujarnya, kemarin, Kamis (23/8/2018) siang, di ruang kerjanya.

idul qurban 1439 hsman 14 bandung (7)Para siswa SMAN 14 menyaksikan langsung tata cara menyembelih hewan qurban

Lebih lanjut Dedi mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sangat penting diikuti oleh para siswanya, terutama dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan qurban, seperti yang dilaksanakan di kampusnya.

“Kalau hanya teori di kelas saja, akan kurang efektif. Ada istilah kalau mendengar saja maka mudah lupa, kalau melihat akan tahu, tapi kalau dipraketkan maka akan paham,” imbuh Dedi, yang pernah menjadi Kepala SMAN 16 Kota Bandung dan Guru Fisika di SMAN 20 Kota Bandung.

idul qurban 1439 hsman 14 bandung (2)Sebelumnya ada ceramah

Di samping itu masih kata Dedi, sebagian siswanya pun belajar merecah, menimbang, dan membagikan hewan qurban yang telah disembelih kepada yang berhak.

idul qurban 1439 hsman 14 bandung (5)Belajar menguliti hewan qurban

“Alhamdulillah sampai selesai pelaksanaannya berjalan lancar. Bisa terlaksananya kegiatan ini tidak terlepas dari kepercayaan yang tinggi dan dukungan orang tua siswa menyisihkan rezekinya, yang dititipkan kepada putra-putrinya, untuk kami belikan hewan qurban dan pembiayaan lainnya,” kata Dedi.

idul qurban 1439 hsman 14 bandung (6)Menyacah dan menimbang hewan qurban

Dirinya berharap dengan kegiatan qurban di sekolahnya, dapat menumbuhkan rasa empati dan berbagi para siswanya dengan masyaraka yang kurang beruntung. “Mudah-mudahan akan tumbuh rasa empati dan sosial pada diri siswa SMAN 14 Kota Bandung. Ke depan kami berharap kegiatannya bisa lebih baik lagi,” pungkasnya. [SR]***