Majalah Sora|Tuesday, March 19, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Pelaksanaan PPDB Jalur Akademik di SMAN 15 Bandung TA 2018-2019

Pelaksanaan PPDB Jalur Akademik di SMAN 15 Bandung TA 2018-2019 

SONY DSCHatta Saputra, Kepala SMAN 15 Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – SMA/SMK Negeri di lingkungan Disdik Jabar (Dinas Pendidikan Jawa Barat) laksanakan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) jalur akademik/NHUN (Nilai Hail Ujian Nasional), Tahun Ajaran/TA 2018-2019. Digelar dari tanggal 5-10 Juli 2018, seperti yang diselenggarakan di SMAN 15 Kota Bandung, di Jalan Sarimanis I No.1, Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukajadi.

SONY DSCNining Cuningsih, Ketua Pelaksanan PPDB SMAN 15 Kota Bandung

Nining Cuningsih, Wakasek Kesiswaan yang merangkap Ketua Pelaksana PPDB SMAN 15, mengatakan bahwa selama dua hari pelaksanaan PPDB jalur akademi/NHUN, tercatat kurang lebih ada 153 pendaftar, termasuk 2 orang pendaftar dari luar propinsi.

SONY DSCYulia, Wakasek Humas SMAN 15 Kota Bandung

“Sampai saat ini sudah ada 153 pendaftar. Pada hari pertama (Kamis, 5 Juli 2018) ada banyak pendaftar, namun karena ada masalah server pusat, baru 30 pendaftar yang terimput, dikarena ada gangguan server pusat pada pukul 12.00. Namun Alhamdulillah pada hari kedua tidak ada kendala (dari pukul 08.00-14.00),” kata Nining, panggilannya, Jum’at (6/7/2018) petang.

SONY DSCSuasana PPDB

Dari pantauan majalahsora.com, suasana pendaftaran di SMAN 15, pada pukul 11.00-14.00, keadaannya tidak terlalu ramai, cenderung sepi.

SONY DSCPendaftar PPDB di SMAN 15 Bandung

Lebih lanjut Nining pun menjelaskan bahwa sebelumnya ada sekitar 186 siswa yang diterima SMAN 15, di jalur non akademik/non NHUN, seperti WPS, KETM, PMG, serta prestasi.

SONY DSCKeseriusan panitia memberikan pelayanan

“Kemarin (30 Juni 2018) waktu pengumuman jalur non akademik, ada saja orang tua yang merasa tidak puas dengan hasilnya. Karena anaknya tidak diterima di sekolah kami, dan mereka membandingkan dirinya lebih berhak masuk lewat jalur KETM/tidak mampu, merasa secara ekonomi lebih prihatin dari yang diterima. Namun akhirnya mereka pun bisa menerima karena nantinya akan disalurkan ke SMA swasta, dan gratis. Ada juga beberapa orang tua, yang ingin daftar namun jaraknya jauh dari sekolah, karena di temapt tinggalnya tidak ada sekolah negeri,” katanya.

SONY DSCEntri data

Rencananya untuk Tahun Ajaran 2018-2019, SMAN 15 secara keseluruhan akan menerima 352 siswa baru. Artinya untuk jatah siswa dari jalur akademik/NHUN akan menerima 170 siswa.

SONY DSCPenjelasan dari panitia

Untuk penghitungan pointnya, 70% dikali  nilai NHUN, lalu dijumlahkan dengan hasil nilai jarak dikali 40%. “Kami akan menerima berdasarkan nilai tertinggi setelah nilai tersebut di jumlahkan,” kata Nining.

SONY DSCMemeriksa kelengkapan pesyaratan pendaftar oleh panitia PPDB

Sementara itu Hatta Saputra, Kepala Sekolah SMAN 15 Kota Bandung, mengatakan, bahwa Disdik Jabar terus berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar putra putrinya bisa melanjutkan sekolah di jenjang pendidikan menengah. “Saya pikir sudah baik itikad dari Dinas Pendidikan Jawa Barat yang dipimpin Pak Hadadi. Dengan menerapkan sistem zonasi, untuk memeratakan kualitas pendidikan, agar tidak ada istilah sekolah alit dan elit. Calon siswa baru yang mendaftar ke SMA negeri bisa memilih dua sekolah. Yang tidak mampu gratis baik di negeri maupun swasta,” ujar Hatta, kepada majalahsora.com.

SONY DSCSemua unsur di SMAN 15 Kota Bandung, siap sukseskan PPDB TA 2018-2019

Hatta berharap masyarakat bisa lebih dewasa dalam menyikapi PPDB, jangan sampai kalau tidak diterima di sekolah yang dituju, terus demo atau apapun. Karena Disdik Jabar telah membuat aturan yang memang telah mengakomodir semua lapisan masyarakat. “Mudah-mudahan sampai selesai PPDB akademik dan pengumuman, berjalan lancar. Dan kini terasa lebih baik, karena telah disiapkan jauh-jauh hari,” pungkas Hatta. [SR]***