Majalah Sora|Thursday, March 21, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Olimpiade Sains SMA/MA tingkat Kota Bandung Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa

Olimpiade Sains SMA/MA tingkat Kota Bandung Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa 

ujang sutiana korwas sma kota bandungH. Ujang Sutiana, M.M.Pd, Korwas SMA Kota Bandung Disdik Jabar, saat membuka OSK 2018 di SMAN 8 Kota Bandung

majalajsora.com, Kota Bandung – Seleksi Olimpiade Sains SMA/MA tingkat kota/kabupaten (OSK) di Propinsi Jawa Barat telah di gelar. Salah satu ajang kompetisi bergengsi dalam bidang sains tersebut, secara serentak dilaksanakan pada tanggal 28 Pebruari 2018.

Melombakan sembilam bidang lomba, yaitu matematika, fisika, kimia, bilogi, astronomi, geografi, kebumian, ekonomi dan komputer. Setiap sekolah mengirimkan minimal 5 peserta, untuk tiap bidang lombanya. 

SONY DSCSuryana, S.Pd, Kepala SMAN 8 Kota Bandung, Ketua MKKS SMA Kota Bandung, yang menjadi Koordinator OSK SMA/MA tingkat Kota Bandung

Untuk Kota Bandung sendiri penyelengaraanya berlangsung di delapan tempat berbeda, yaitu di SMAN 3 & 5 Kota Bandung (lomba matematika), SMAN 2 Kota Bandung (lomba fisika), SMAN 4 Kota Bandung (lomba kimia), SMAN 7 Kota Bandung (lomba biologi), SMAN 1 Kota Bandung (lomba astronomi), SMAN 8 Kota Bandung (lomba astronomi, kebumian & ekonomi), serta SMAN 11 Kota Bandung (lomba komputer).

Ujang Sutiana, Korwas SMA Disdik Jabar, yang membuka kegiatan di SMAN 8 Kota Bandung menuturkan, bahwa ajang OSK merupakan ajang kompetisi sains bagi siswa, untuk mencari yang terbaik di antara yang terbaik.

SONY DSCAbdul Latief, M.Pd, Ketua Pelaksana OSK bidang lomba Kebumian

“Ini pun wadah untuk penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam bidang sains. Di samping itu sebagai proses pembelajaran sains di sekolah diharapkan memberikan dampak positif dalam peningkatan mutu pendidikan sains,” kata Ujang, usai membuka kegiatan OSK di SMAN 8 Kota Bandung, Jalan Solontongan No. 3, Rabu, (28/2/2018).

osn sma kota bandung 2018 di sman 8 bandung gb 1Ratusan peserta OSK di SMAN 8 Kota Bandung

Dirinya menambahkan, ajang tersebut melatih dan membiasakan peserta OSK dalam pemecahan masalah, penalaran, komunikasi tertulis, menanamkan jiwa kompetisi yang kuat, membangun rasa kepercayaan diri dan membangun jiwa pantang menyerah.

Di tempat yang sama Suryana, Kepala SMAN 8 Kota Bandung dan Koordinator Kegiatan OSK tingkat Kota Bandung, mengatakan bahwa kegiatannya sangat didukung oleh SMA/MA negeri swasta yang ada di Kota Bandung, Ketua MGMP bidang lomba, panitia guru, warga SMAN 8,  Disdik Jabar dan lainnya.

SONY DSCPeserta OSK SMA/MA tingkat Kota Bandung. Diambil tiga pemenang untuk setiap bidang lomba

“Ini ajang kompetisi yang positif bagi siswa. Selain itu untuk mengukur sejauh mana sekolah berhasil mengajar siswa didiknya, selama pembelajaran di sekolahnya masing-masing. Mudah-mudahan yang menjadi juara lebih berprestasi di tingkat propinsi dan nasional. Semoga Bandung Juara. Ini salah satu pendidikan yang baik, seperti yang dikatakan Pa Ujang, bahwa OSK merupakan salah satu penguatan pendidikan karakter,” imbuh Suryana, yang juga Ketua MKKS SMA Kota Bandung.

Setelah tingkat kota/kabupaten, maka siswa yang manjadi juara akan berkompetisi di tingkat selanjutnya. Untuk Olimpiade Sains tingkat Jabar, rencananya akan dilaksanakan dari tanggal 17-19 April 2018. Dilanjutkan di tingkat nasional pada 1-7 Juli 2018, mendatang. [SR]***