Majalah Sora|Wednesday, March 27, 2019
You are here: Home » Serba Serbi » Oded Wali Kota Bandung Serahkan 85 Sertifikat Tanah Kepada Kepala SD Negeri

Oded Wali Kota Bandung Serahkan 85 Sertifikat Tanah Kepada Kepala SD Negeri 

SONY DSCWali Kota Bandung serahkan setifikat tanah kepada Ida Nurhaida Kepala SDN 001 Merdeka Kota Bandung 

majalahsora.com, Kota Bandung – 85 Sertifikat tanah Satuan Pendidikan diserahkan kepada Kepala sekolah oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Hal tersebut merupakan rangkaian kegiatan penyerahan sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang di gelar di Aula Disdik, Kamis (28/02/2019) pagi, Jalan Ahmad Yani.

Kegiatannya sendiri dihadiri oleh Kapolrestabes, Dandimtabes, Kajari Kota Bandung, Kepala BPN Kota Bandung, Inspektur Inspektorat Kota Bandung, Kepala BPKA, Kepala Dinas PU, Kepala Bagian Hukum, Camat Arcamanik, Lurah dan Kepala Sekolah.

SONY DSCPlt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar

Wali Kota Bandung Oded M. Danial dalam kesempatan tersebut mengapresiasi BPN Kota Bandung yang telah bekerja luar biasa, menyerahkan sertifikat sebagai legalitas. Dalam upaya pembenahan, membereskan aset Kota Bandung.

“Persoalan Kota Bandung termasuk yang belum WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) alasannya karena urusan aset. Mudah-mudahan semangat BPN Kota Bandung yang luar biasa ini dapat mendukung terhadap Kota Bandung dalam mencapai WTP,” kata Mang Oded, sapaan akrabnya, saat memberikan sambutan, Kamis (28/2/2019) di Aula Disdik.

SONY DSCJajaran teras Disdik Kota Bandung

Sementara Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar dalam laporannya menyatakan bahwa Dinas Pendidikan melingkupi 346 Satuan Pendidikan/Unit Kerja. Terdiri dari 57 SMP Negeri, 274 SD Negeri, 11 UPT/SKB, dan 3 TK Negeri. Secara keseluruhan pada tahun 2017 dapat dirinci untuk status tanahnya sebagai berikut:

  1. Sebanyak 72 Satuan pendidikan/Unit kerja sudah tersertifikat
  2. Sebanyak 249 Satuan Pendidikan/Unit Kerja Belum memiliki Sertifikat
  3. Sebanyak 25 Satuan Pendidikan/Unit Kerja berada di atas lahan bukan milik Pemerintah Kota Bandung (TNI, POLRI, BUMN)

SONY DSCKepala SD Negeri yang turut hadir

Menindaklanjuti hasil Inventarisasi BMD pada tahun 2017, Dinas Pendidikan bekerjasama dengan BPKA dan BPN untuk dapat melakukan sertifikasi tanah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung dengan beberapa tahapan pengajuan.

  1. Bulan November 2017 Dinas Pendidikan mengajukan berkas usulan sertifikasi tanah sebanyak 32 SD Negeri
  2. Bulan Desember 2017 Dinas pendidikan kembali mengajukan berkas sertifikasi sebanyak 100 SD Negeri, 8 SMP Negeri, dan 2 TK Negeri total sebanyak 110.
  3. Terakhir di Bulan Juni 2018 Dinas pendidikan melakukan pengajuan sebanyak 76 SD Negeri, 3 SMP Negeri dan Sebanyak 76 SD Negeri dan 3 SMP Negeri total sebanyak 79

SONY DSCKepala SD yang hadir

Sehingga total ajuan yang sudah diserahkan ke BPKA Kota Bandung dari bulan Desember 2017 hingga Juni 2019 sebanyak sebanyak 221 ajuan.

Ke-221 ajuan tersebut pada hari kamis (28/2/2019) telah selesai dan akan dilaksanakan penyerahan salinan sertifikat tanah kepada 85 Satuan Pendidikan.

Setelah dilaksanakan penyerahan oleh BPN kepada pihak Pemerintah Kota Bandung, maka masih tersisa 136 Satuan Pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung yang masih belum memiliki sertifikat. [SR]***