Majalah Sora|Thursday, March 21, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » MPLS SMAN 1 Jatiluhur Kab. Purwakarta Untuk Tingkatkan Pendidikan Karakter

MPLS SMAN 1 Jatiluhur Kab. Purwakarta Untuk Tingkatkan Pendidikan Karakter 

jajang koswara kepala sman 1 jatiluhurDrs. Jajang Koswara, M.Si., (ketiga dari kiri), berfoto bersama dengan rekan-rekan dari Korea Selatan, di antaranya ada Mr Fack dan Em dalam rangka kerjasama

majalahsora.com, Kabupaten Purwakarta – SMAN 1 Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, yang kini dipimpin oleh Jajang Koswara, terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di kampusnya, salah satunya melalui pendidikan karakter bagi seluruh siswanya. Tidak terkecuali bagi peserta didik baru, angkatan tahun pelajaran 2018-2019.

mpls dan demo ekskul sman 1 jatiluhur  (3)Kegiatan MPLS di SMAN 1 Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta

Tercatat tahun ini ada 380 siswa baru, yang diterima di SMAN 1 Jatiluhur. Mereka telah melewati bergbagai proses, dari mulai seleski PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), baik non NHUN (Nilai Hasil Ujian Nasional)/non akademik dan NHUN/akademik, hingga mengikuti kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dari tanggal 16-19 Juli 2018.

mpls dan demok eskul sman 1 jatiluhur tahun 2018 (1)Suasana MPLS saat di ruang kelas

Berkaitan dengan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Peserta Didik Baru) di kampus yang berada di Jalan Pramuka No.138, Desa Bunder, Kecamatan Jatiluhur, saat pembukaannya dihadiri 50 perwakilan dari orang tua peserta didik baru.

mpls sman 1 jatiluhur purwakarta 2018“Alhamdulillah dari awal mula kegiatan PPDB di sekolah kami, berjalan relatif lancar. Begitu juga saat pelaksanaan MPLS, antusias orang tua siswa begitu besar, dalam mendukung kegiatan tersebut. Para orang tua waktu itu melihat-lihat sekeliling SMAN 1 Jatiluhur. Hj. Nina Herlina sebagai Ketua Komite Sekolah juga turut hadir,” kata Jajang, mantan Kepala SMAN 1 Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jumat (20/7/2018) sore.

mpls dan demok eskul sman 1 jatiluhur tahun 2018 (6)Ekskul Marawis saat, menampilkan ‘kabisana’

“MPLS-nya berjalan lancar, tidak ada perpeloncoan terhadap peserta didik baru. Materinya mengacu dan sesuai pada pedoman serta arahan dari Disdik Jabar. Di antaranya mengenai pembentukan karakter, sekolah ramah anak, sadar hukum, budaya literasi, kurikulum, Wiyata Mandala, dan lainnya,” imbuhnya.

mpls dan demok eskul sman 1 jatiluhur tahun 2018 (3)Ekskul Marching Band SMAN 1 Jatiluhur, saat tampil membawakan beberapa lagu, yang menggugah jiwa peserta didik baru

Usai pelaksanaan MPLS di SMAN 1 Jatiluhur, Kamis, (19/7/2018), kemarin, dilanjutkan dengan kegiatan demo ekskul, seperti Marching Band, PMR, Penca Silat, Paskibra, Seni, Marawis, serta Pramuka.

mpls dan demok eskul sman 1 jatiluhur tahun 2018 (5)Tampilan ekskul bela diri Penca Silat, membuat kagum peserta didik baru SMAN 1 Jatiluhur

“Semua materi dan kegiatan sengaja diberikan kepada peserta didik baru untuk pembentukan karakter siswa SMAN 1 Jatiluhur mendukung ‘Jabar Masagi’. Begitu pun demo ekskul, agar siswa-siswi baru tertarik untuk berorganisasi dan bisa menyalurkan bakatnya pada ekskul yang ada di sekolah kami,” terang Jajang.

mpls dan demo ekskul sman 1 jatiluhur  (6)Keceriaan kakak-kakak panitia, saat rehat sejenak di sela-sela kesibukannya

Kegiatannya sendiri terasa lebih istimewa, ketika SMAN 1 Jatiluhur dikunjungi tamu dari Korea Selatan dalam rangka kerjasama, selin itu hadir anggota DPRD Propinsi Jawa Barat serta perwakilan dari Bank Mandiri. [SR]***