Majalah Sora|Wednesday, March 27, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Meskipun Ada beberapa Kendala SMKN 10 Kota Bandung Sukses Laksanakan UNBK 2018

Meskipun Ada beberapa Kendala SMKN 10 Kota Bandung Sukses Laksanakan UNBK 2018 

SONY DSCHj. Yani Heryani, M.M. Pd, Kepala SMKN 10 Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – SMKN 10 Kota Bandung, merupakan satu-satunya sekolah seni kejuruan pelestari budaya yang berada di Kota Bandung. Kampusnya terletak di Jalan Cijawura Hilir No.339, Cijawura, Buahbatu. Tanggal 2-5 April 2018 lalu, sukses menyelenggarakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Berkaitan dengan itu, Cheri Indrayana, sebagai Ketua Pelaksananya menjelaskan, bahwa pelaksanaan UNBK tahun 2018 di SMKN 10, secara keseluruhan berlangsung lancar.

SONY DSCCheri Indryana, Ketua Pelaksana UNBK SMKN 10 Kota Bandung

Diikuti siswa dari lima jurusan/program keahlian yang ada, seperti karawitan 118 siswa, tari 55, musik 35, broadcast 30, serta teater 19 orang. Di tempatkan diempat ruangan, tiga laboratorium komputer dan satu ruangan tambahan. Jumlah komputer dan laptop yang digunakan ada 95 unit, serta empat server. “Kami sudah melaksanakan tiga kali UNBK. Setiap tahun pelaksanaannya dibagi tiga sesi,  mengujikan pelajaran Bahasa Indonesia, matematika, Bahasa Inggris dan teori kejuruan,” terang Cherri.

Secara keseluruhan pelaksanaan UNBK di SMKN 10 tahun ini, berjalan lancar, namun ada saja kendala yang dihadapinya, seperti di hari pertama UNBK, Senin (2/4/2018 ), beberapa komputer pesertanya,  ada yang mengalami gangguan teknis, yaitu error saat akan memulai ujian, beberapa kali log out. Namun hal tersebut dengan cepat bisa teratasi oleh tim proktor dan teknisinya.

SONY DSCKeadaan UNBK di SMKN 10 Kota Bandung

Di hari kedua ada siswanya, yang masuk di sesi ketiga terlambat datangnya, karena terjebak hujan besar, meskipun begitu tidak sampai mengganggu terhadap pelaksanaan ujian.

“Alhamdulillah bisa teratasi semua, rata-rata siswa kami sebelum waktunya berakhir, banyak yang sudah menyelesaikan jawabannya. Jadi waktu yang diberikan 120 menit itu banyak menyisakan waktu. Namun kami menghimbau mereka harus taat aturan, tidak meninggalkan kelas sebelum waktunya,” kata Cheri.

SONY DSCMenggunakan 95 unit komputer dan laptop 

Hari ketiga, Rabu (4/4/2018) mengujikan pelajaran bahasa  Inggris, di mana para siswa menggunakan ear phone karena ada 15 soal listening, sisanya pilihan ganda. “Semua ear phone pun berfungsi baik,” tambah Cherri.

“Sampai hari terakhir, Kamis (5/4/2018) pelaksanaan UNBK di SMKN 10, terlaksana dengan lancar, tertib, meskipun beberapa kali hujan besar, alhamdulillah tidak sampai mati lampu. Mudah-mudahan hasilnya memuaskan,” katanya, belum lama ini.

SONY DSCUNBK yang dilangsungkan di SMKN 10 Kota Bandung dari tanggal 2-5 April 2018, terlaksana dengan lancar  

Pada kesempatan yang sama, Yani Heryani, Kepala SMKN 10 Kota Bandung, mensyukuri kesuksesan penyelenggaraan UNBK di sekolah yang dipimpinnya. “Alhamdulillah lancar, sampai hari terakhir diikuti oleh seluruh siswa kami. Fasilitas penunjang untuk kegiatan UNBK telah disiapkan dengan baik oleh tim kami, seperti komputer, jaringan, listrik, dan lainnya. Untuk Disdik Jabar saya ucapkan terima kasih, atas bantuan komputer sebanyak 6 unit, yang kami terima akhir Maret 2018,” katanya.

Masih kata Yani, berharap siswa-siswinya meraih hasil yang baik. “Mudah-mudahan siswa setelah lulus dari SMKN 10 Kota Bandung, menjadi penerus bangsa yang unggul, mendapat bekal ilmu yang cukup dari para Guru SMKN 10, yang kelak bisa digunakan, baik untuk melanjutkan kuliah, bekerja atau pun berwirausaha. Serta menjadi pribadi-pribadi yang unggul  yang bisa menjajadi kebanggaan orang tua dan almamaternya,” pungkas Yani, yang akan memulai tugas baru sebagai Kepala SMKN 15 Kota Bandung mulai tanggal 10 April 2018. [SR]***