Majalah Sora|Wednesday, March 20, 2019
You are here: Home » Serba Serbi » Jabar Kirim Relawan ke Daerah Terdampak Tsunami di Pesisir Selat Sunda

Jabar Kirim Relawan ke Daerah Terdampak Tsunami di Pesisir Selat Sunda 

bpbd jabar bantu tsunami selat sunda pantai caritaBPBD Jabar kirim 12 anggotanya untuk bantu korban tedampat tsunami Selat Sunda 

majalahsora.com, Kota Bandung – Atas nama warga dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan rasa duka cita atas bencana Tsunami yang terjadi di pesisir pantai Selat Sunda di wilayah Provinsi Banten dan Lampung. Jabar pun telah mengirimkan tim relawan ke daerah terdampak.

“Kami masyarakat dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat turut berduka cita dan turut prihatin atas kejadian tsunami kombinasi longsoran bawah laut, karena erupsi Gunung Anak Krakatau dan juga air pasang pada saat purnama,” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (24/12/2018).

Emil mengatakan, bahwa pihaknya hari ini telah mengirimkan tim dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jawa Barat dan relawan untuk melakukan assessment/penilaian lapangan di daerah terdampak bencana.

“Hari ini sudah saya kirimkan bantuan. Tim BPBD (Jabar) sudah ke sana. Tim relawan juga sudah ke sana untuk melakukan assesment,” tuturnya.

Selain bantuan logistik kata Emil, Jawa Barat juga akan memberikan bantuan secara khusus seperti pada bencana gempa di Lombok dan Palu.

“Insya Allah dalam waktu dekat bantuan-bantuan logistik juga yang dibutuhkan akan kami kirim, karena bagaimana pun sangat dekat dengan Jawa Barat, karena tetangga kami juga,” ucap Emil.

Di tempat terpisah Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Jawa Barat Dicky Saromi mengatakan timnya (beranggotakan 12 orang) hari ini Senin, 24/12/2018), telah meluncur ke lokasi bencana sekitar pukul 11.30 WIB. Mengunakan 1 unit truk dan memboyong 1 unit ambulan.

“Tim Dari BPBD Jabar ini berangkat dengan tujuan membantu penanganan korban bencana tsunami. Yang berangkat adalah yang memiliki keahlian di bidang pencarian dan pertolongan (search and rescue), dapur lapangan, petugas penjernih air bersih, pelaporan, keahlian data informasi, posko dan assesment,” katanya Senin (24/12/2018).

“Direncanakan tim akan berada di sana selama 5 hari atau lebih disesuaikan dengan kebutuhan. Tujuan awal kita adalah ke BPBD Prov Banten. Di sana diatur penempatan disesuaikan kebutuhan di lapangan,” tambahnya.

Dicky mengatakan tim BPBD Jabar yang berangkat diketuai Jajang Jamaludin, menjabat Kepala Gudang Logistik BPBD Jabar serta membawa juga bantuan logistik. Rinciannya: Air mineral 200 dus; Mie instan 200 dus; Kantong mayat 50 buah; dan Selimut 100 buah. [SR]***