Majalah Sora|Wednesday, March 27, 2019
You are here: Home » Serba Serbi » Iin Bersyukur Mahasiswa Unpas Mendapat Beasiswa Dari Pemkot Bandung

Iin Bersyukur Mahasiswa Unpas Mendapat Beasiswa Dari Pemkot Bandung 

SONY DSCHj. Rd. Iin Marlina, SH., Kepala Bagian Kesejahteraan Mahasiswa Unpas (Universitas Pasundan) & Ganjar Nurjaman stafnya

majalahsora.com, Kota Bandung – Iin Kepala Bagian Kesejahteraan Mahasiswa Unpas (Universitas Pasundan), besyukur atas dana hibah (beasiswa) yang diterima oleh 104 mahasiswa Unpas warga Kota Bandung.

Total dana yang diterimanya sebesar Rp 624.000.000. Telah digelontorkan oleh Disdik Kota Bandung/Pemerintah Kota Bandung, di pekan ketiga bulan Desember 2018 lalu ke nomer rekening Unpas.

Menurut Iin dananya telah diberikan secara tunai kepada mahasiswa penerima. Sebelumnya penyaluran dana tersebut telah melalui proses dan pengajuan ke bagian keuangan Unpas.

“Kurang lebih seminggu setelah dana diterima kami informasikan ke tiap-tiap fakultas yang ada di Unpas. Karena fakultas yang berhak menentukan mahasiswa mana yang memperoleh beasiswanya. Untuk mengambil dananya di Biro Kemahasiswaan, di Kantor Pusat Unpas di Jalan Tamansari,” kata Iin kepada awak media, Senin (25/2/2019) siang di ruang kerjanya.

Setelah proses itu menurut Iin, pihaknya langsung memberikan dananya secara tunai kepada 104 mahasiswa. Terbagi dari 80 mahasiswa berprestasi (seni, olahraga, dan lainnya) serta 24 mahasiswa SKTM (tidak mampu).

“Alhamdulillah dananya sudah kami berikan semua kepada yang berhak, Rp 6 juta/mahasiswa. Untuk pelaporannya/pertanggungjawabannya telah kami berikan kepada pihak terkait di Disdik Kota Bandung, ” katanya.

Saat awak media majalahsora.com dan RRI Bandung menanyakan kenapa mekanisme penyaluran dananya diberikan secara tunai, dirinya menjawab agar hal itu memudahkan mahasiswa langsung membayarkan uang kuliahnya sebesar 50 persen (dari beasiswa) untuk DPP/biaya kuliah persemester dan 50 persen untuk digunakan sesuai keperluan mereka.

“Setelah melakukan pembayaran kami berikan kwitansi penerimaan Rp 6 juta di atas materai,” katanya.

Masih berkaitan dengan dana hibah dyair mengatakan ada mahasiswa yang menunggak DPP bisa membayar/terbantu dari dana tersebut. Selain itu dipakai untuk biaya pendidikan, sidang, sekripsi, laboratorium, dan lainnya.

“Orang tua mahasisma penerima beasiswa ada yang sampai menangis gembira. Karena uangnya bisa dibayarkan DPP. Mudah-mudahan program dari Disdik/Pemkot Bandung berlanjut tidak ada batas waktunya,” harap Iin.

Secara jumlah total kini mahasiswa Unpas tercatat kurang lebih ada 18.000 orang, yang terbagi di Fakultas Ilmu Sosial Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan Ilmu Keguruan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Faultas Teknik, serta Fakultas Seni dan Sastra. [SR]***