Majalah Sora|Monday, March 18, 2019
You are here: Home » Serba Serbi » Husen: Kantor Cabang Dinas Wilayah VII Disdik Jabar Sementara Di SMKN 1 Kota Cimahi

Husen: Kantor Cabang Dinas Wilayah VII Disdik Jabar Sementara Di SMKN 1 Kota Cimahi 

SONY DSCH. Husen R Hasan, Kepala Cabang Dinas Wilayah VII, Disdik Jabar

majalahsora.com, Kota Bandung – Husen R Hasan, Kepala Cabang Dinas Wilayah VII (membawahi pelayanan SMA/SMK/SLB, di Kota Bandung dan Kota Cimahi), Disdik Jabar (Dinas Pendidikan Jawa Barat), mengawali kerja di kantor barunya, 12 September 2018, tepatnya di SMKN 1 Kota Cimahi, Jalan Martanegara No 48, Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Sebelumnya Husen dan jajarannya berkantor di Jalan Rajiman No 6 Kota Bandung .

“Berdasarkan Permendagri No 12 Tahun 2017, Pasal 6, bahwa Dinas yang ada diperbolehkan membuat cabang dinas-cabang dinas. Namun cabang dinas yang dibentuk tidak boleh berkedudukan di ibukota propinsi. Di Disdik Jabar sendiri ada 13 Cabang Dinas,” kata Husen, belum lama ini, di kantor barunya.

Ia pun menjelaskan bahwa kantor Cabang Dinas Wilayah VII, Disdik Jabar, yang menempati gedung di SMKN 1 Kota Cimahi, hanya sementara. Rencananya tahun depan akan menempati gedung baru, di sekitaran Jalan Baros, Kota Cimahi.

“Alhamdulillah, SMKN 1 Kota Cimahi sangat membantu kami, terutama dalam memberikan tempat untuk kantor Cabang Dinas Wilayah VII. Begitu juga lahan yang luasnya 1500 m, di Jalan Baros, yang merupakan milik SMKN 1 Kota Cimahi, dihibahkan kepada kami, sehingga kami tidak perlu membeli lahan. Mereka diumpamakan seperti anak sulung Cabang Dinas Wilayah VII,” katanya.

Lebih lanjut, Husen memaparkan bahwa, Bapedda Jabar, sudah menganggarkan dana pembangunan kantor Cabang Dinas Wilayah VII tersebut.

“Insya Alloh tahun depan sudah jadi, berkat dukungan semua pihak,” katanya.

Masih kata Husen, di gedung yang saat ini ditempati, memiliki dua ruangan yaitu untuk Seksi Pelayanan dan Pengawasan, tata usaha, serta ruangan dirinya. Secara jumlah, untuk pegawai di Cabang Dinas Wilayah VII sendiri ada 19 orang, terdiri dari tiga eselon IV (Kasubag TU, Kasie Pelayanan, Kasie Pengawasan), 6 pegawai tata usaha, 5 pegawai Kasie Pelayanan, dan 5 pegawai di Kasie Pengawasan.

“Secara jumlah, pegawai  kita memang masih memerlukan perekrutan lagi, minimal di setiap lini ada 7 pegawai. Di samping itu setengahnya masih honorer, mudah-mudahan dengan adanya pembukaan CPNS akan ada penambahan, untuk PNS nya, yang berasal dari tata usaha sekolah,” kata Husen.

Husen pun memaparkan, dengan pindahnya kantor Cabang Dinas Wilayah VII ke Cimahi , tidak akan mengurangi pelayanan terhadap penyelenggaraan pelayanan SMA/SMK/SLB.

“Secara jarak tidak terlalu jauh. Untuk memperlancar kordinasi, pihak kami akan melaksanakan rapat marathon, mulai rapat kepala sekolah, pengawas, SMA,SMK, SLB negeri, dan lainnya,” terang Husen.

Husen berharap, Cabang Dinas Wilayah VII dapat memberikan pelayanan yang prima, terhadap stakeholder pendidikan, mulai dari guru, kepala sekolah, pengawas, tata usaha, siswa dan masyarakat.

“Mudah-mudahan tidak terpengaruh oleh faktor geografi. Ke depan roda organisasi persekolahan semakin lancar dan bertambah baik,” pungkasnya. [SR]***