Majalah Sora|Wednesday, March 20, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Gali Potensi Siswanya Di Bidang Seni SMA PGRI 2 Kota Bandung Gelar Pensi

Gali Potensi Siswanya Di Bidang Seni SMA PGRI 2 Kota Bandung Gelar Pensi 

SONY DSCTatang Jatnika, S.Pd., Kepala SMA PGRI 2 Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – Halaman SMA PGRI 2 Kota Bandung yang berada di Jalan Cipagalo Girang nomor 7, Kelurahan Margasari, Kecamatan Buahbatu Selasa (11/12/2018) terlihat meriah dan ramai. Hal itu berkaitan dengan adanya pagelaran pensi (pentas seni) di sekolahnya.

Menampilkan berbagai keterampilan peserta didiknya di bidang seni budaya, seperti tari, solo vocal, teater dan lainnya. Selain itu ada juga pameran seni rupa dan olahan makanan tradisional yang digelar di koridor kampusnya.

Tatang Jatnika Kepala Sekolahnya menuturkan kepada majalahsora.com, diadakannya kegiatan pensi merupakan aplikasi dari program SMA PGRI 2 yang digelar setiap tahun. Tujuannya untuk menggali potensi peserta didik SMA PGRI 2 khususnya di bidang seni budaya.

SONY DSCKomite Sekolah yang menghadiri pensi SMA PGRI 2 Kota Bandung

“Kegiatan yang diadakan di SMA PGRI 2 tidak hanya dibidang pengetahuan saja. Pada hari ini (Selasa tanggal 11 Desember 2018) kita mengadakan pensi yang menampilkan potensi seni siswa dari setiap kelas. Dibimbing langsung oleh guru seni budaya dan para walikelasnya,” kata Tatang, Selasa (11/12/2018) pagi.

“Tadi pagi sebelum acara dimulai guru, karyawan  beserta siswa kami pun melakukan pawai/karnaval keliling ke jalan, memakai pakaian daerah (Sunda, Minang, Papua, NTT, Betawi dan lainnya). Untuk lebih mengenalkan SMA PGRI 2 Kota Bandung yang siap membantu masyarakat di bidang  pendidikan,” imbuhnya.

Lebih lanjut kata Tatang siswanya tidak hanya berkecimpung dalam bidang pengetahuan saja tetapi harus menguasai keterampilan juga.

“Siswa-siswi kami harus betul-betul didukung, seperti di bidang seninya. Mereka menampilkan kreativitas yang diajarkan oleh guru seni budaya dan ekskul seni budaya seperti tari teater dan lainnya,” imbuhnya

SONY DSCGuru Seni Budaya dan Enung Wakasek Bidang Kesiswaan SMA PGRI 2 Kota Bandung

Masih kata Tatang, kegiatan tersebut pun selain untuk menggali potensi di bidang seni, juga untuk mencegah pergaulan negatif terhadap siswa SMA PGRI 2.

Pada kegiatan tersebut tercatat ada 250 siswa SMA PGRI 2 dari kelas X, XI, dan XII baik jurusan  IPA maupun IPS yang terlibat langsung di kegiatan pensinya. 

Sementara itu Enung Wakasek Bidang kesiswaan SMA PGRI 2 Kota Bandung mengatakan kepada majalahsora.com, bahwa kegiatan pensi tersebut sebagai aplikasi dari pelajaran seni budaya yang telah diajarkan oleh guru seni budaya sebelumnya.

SONY DSCTari Merak

Kata Enung setiap tingkat menampilkan tampilan seni yang berbeda, untuk kelas X menampilkan seni rupa dan solo vocal, kelas XI di bidang tari sedangkan kelas XII menampilkan seni teater.

“Nanti yang terbaik akan diberi piala dan hadiah,” katanya.

SMA PGRI 2 Kota Bandung Disiplin dan Kegiatan Keagamaan

SMA PGRI 2 Kota Bandung terus tingkatkan kedisiplinan dan rasa tanggung jawab kepada semua unsur warganya dari mulai kepala sekolah, guru, karyawan serta siswanya.

Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kemajuan kampusnya. Hal itu seperti yang dituturkan oleh Tatang Kepala SMA PGRI 2 kepada majalahsora.com.

SONY DSCTatang Kepala SMA PGRI 2 Kota Bandung foto bersama dengan walikelas dan siswa yang berhasil menampilkan tariannya

Di samping itu Tatang beserta guru di sekolahnya  terus berupaya  menanamkan nilai-nilai dan pembiasaan kegiatan keagamaan (Islam) untuk siswanya, seperti  sholat Duha, sholat wajib dan sholat Jum’at berjamaah di sekolahnya.

Kini hasilnya pun terasa, dari tahun ke tahun jumlah siswa dan prestasinya terus meningkat.

“Alhamdulillah setiap tahun saat PPDB siswa yang mendaftar meningkat. Tahun ajaran 2018-2019 lalu, siswa kami yang lulus ada 59 orang dan yang masuk (siswa baru kelas X) ada 89 orang. Target kami tahun ajaran 2019-2020, SMA PGRI 2 bisa menerima 120-an siswa,” harap Tatang.

SONY DSCUli Guru Matematika (tengah) SMA PGRI 2 Kota Bandung sukses sebagai mc yang meeriahkan pensi SMA PGRI 2 Kota Bandung

Dari segi lulusan pun dari tahun ke tahun siswanya semakin banyak yang diterima di perguruan tinggi negeri, di antaranya di IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Sunan Gunung Djati Bandung dan UPI.

“Siswa kami setiap tahun ada yang diterima di IAIN  Sunan Gunung Djati Bandung dan UPI. Baik melalui jalur undangan maupun ujian saringan,” imbuh Tatang.

Dirinya pun memaparkan kepada majalahsora.com, SMA PGRI 2 Kota Bandung memiliki keunggulan di bidang bola voli yang sering menjuarai berbagai kejuaraan.

“Sekolah kami punya keunggulan di olah raga voli. Salah satu prestasinya yaitu tiga kali beturut-turut menjadi juara pertama putra di Polban Cup,” katanya.

SONY DSCPensi SMA PGRI 2 Kota Bandung pameran seni rupa dan olahan makanan tradisional

“Kami bekerja sama dengan klub voli BC (Bandung Cijawura) agar pemain yang tergabung di klub BC yang masih pelajar sekolah di SMA PGRI 2,” terang Tatang.

Masih berkaitan dengan kedisiplinan di SMA PGRI 2, Eneng Wakasek Bidang Kesiswaannya memaparkan bahwa Tatang memiliki kedispilinan yang tinggi khususnya dalam hal kehadiran.

“Ya Pak Tatang sangat disiplin dalam hal kehadiran salah satunya. Tujuannya untuk memajukan SMA PGRI 2. Dan kini terasa hasilnya, sekolah kami semakin berkembang baik dari segi prestasi maupun peningkatan siswa yang masuk ke SMA PGRI 2,” kata Eneng. [SR]***