Majalah Sora|Wednesday, March 20, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » FKSS SMA Jabar Hadir Untuk Bertukar Pikiran Dan Mewadahi Aspirasi Kepsek

FKSS SMA Jabar Hadir Untuk Bertukar Pikiran Dan Mewadahi Aspirasi Kepsek 

FKSS SMA Jabar 2Poto kiri ke kanan: H. Sobandi Kepala SMA Pasundan 1 Kota Bandung, Surahman Kepala SMA Terpadu Ciparay Kab Bandung, H. Firman Adam Sekdisdik Jabar, Yudhi Kepala SMA Nasional Kota Bandung (Ketua FKSS Kota Bandung & Sekjen FKSS Jabar), H. Usman Kepala SMA YAS Kota Bandung & Zull Kepala SMA BPN Kota Bandung. 

majalahsora.com, Kota Bandung – FKSS (Forum Kepala Sekolah Swasta) Jabar yang dipimpin Usman hadir untuk mewadahi aspirasi para Kepala SMA Swasta.

Dalam upaya meningkatan dan mensinergikan kemajuan SMA swasta dengan stake holder dan pemangku kebijakan, Rabu (16/1/2019) FKSS Jabar selenggarakan kegiatan Rapat Evaluasi dan Penyusunan Program Kerja FKSS SMA Jabar, di Aula Ki Hajar Dewantara. Diiuti oleh ratusan Kepala SMA dari 27 kabupaten/kota.

Acaranya sendiri dibuka langsung oleh Dewi Sartika Kepala Dinas Pendidikan Jabar. Selain itu dihadiri oleh Firman Adam yang sekaligus menjadi pemateri kegiatan, Dede Amar Kepala Cabang Dinas Wilayah VIII, Ayi Atikah Kasie Cabang Dinas Wilayah VII, dan lainnya.

fkss sma jabar sma ati kepsek sma  beKiri ke kanan: Hj. Happy Kepala SMA Pasundan 1 Banjaran, Hj. Ratna Kepala SMA Plus Islam Pacet, Hj. Atty Rosmiati, Kepala SMA Karya Pembangunan Baleendah Kabupaten Bandung.

“FKSS sebagai ajang silaturahmi untuk sharing dan tukar pemikiran pengalaman tiap kepala sekolah dalam memajukan pendidikan di Jawa Barat khususnya jenjang SMA,” kata Usman usai kegiatan.

Di samping itu menurut Usman, Kepala SMA swasta di Jabar memiliki kemampuan yang profesional dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya.

“Target dari kegiatan ini tidak muluk-muluk kami ingin menjadi mitra pemerintah dalam memajukan pendidikan di Jabar. Kami ini merupakan desiminasi dari Disdik Jabar, mendengar kebijakan-kebijakan pemerintah dan dilaksanakan secara bersama-sama,” paparnya.

Lebih lanjut kata Usman targetnya dengan adanya FKSS SMA, sekolah lancar melaksanakan kegiatannya.

Beberapa awak media pun bertanya apakah kendala yang dihadapi para Kepala SMA swasta selama ini, dirinya menjelaskan bahwa kendalanya beragam.

fkss sma jabar 4Ratusan Kepala SMA yang tergabung dalam FKSS SMA Jabar hadiri rapat FKSS Jabar

“Salah satunya mengenai jumlah kuota siswa yang diharapkan belum tercapai dalam PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Mudah-mudahan ke depannya ada regulasi khusus yang mengatur, baik Pergub maupun keputusan Dinas Pendidikan. Biar pun kecil tetapi mendapatkan murid baru minimal 32 siswa,” harapnya.

Di samping itu Usman menginginkan agar mutasi siswa dari swasta ke negeri atau negeri ke negeri memiliki alasan yang jelas serta ada ketentuan-ketentuan khusus.

“Mudah-mudahan menjadi regulasi atau aturan dari pemerintah,” pungkasnya. [SR]***