Majalah Sora|Wednesday, March 20, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Explosimax 4.0 Pensi SMAN 1 Margahayu Sedot Ribuan Pengunjung

Explosimax 4.0 Pensi SMAN 1 Margahayu Sedot Ribuan Pengunjung 

SONY DSCPenampilan modern dance SMAN 1 Margahayu

majalahsora.com, Kab. Bandung – Pensi (Pentas Seni) Explosimax 4.0, SMAN 1 Margahayu Kabupaten Bandung, tahun 2018, sukses menyedot ribuan pengunjung. Lebih dari 1500-an tiket ludes terjual. Digelar di kampusnya Jalan KH Wahid Hasyim No 387, Sulaiman, Margahayu, Sabtu 15 September 2018.

“Kegiatannya kami persiapkan sejak jauh-jauh hari. Sebetulnya akan dilaksanakan di bulan Mei, namun karena puasa kami undur jadi sekarang. Explosimax sendiri kepanjangan dari exsplorasi, kreasi dan seni, siswa secara maxsimal,” kata M Fuad Hasan, Ketua Pelaksana Explosimax 4.0, Sabtu (15/9/2018) petang.

SONY DSCIwan Setiawan, S.Pd., Wakasek Kesiswaan

Menurut  Hasan, acaranya diisi oleh barbagai ekskul yang ada di SMAN 1 Margahayu (tari tradisi, modern dance, drama kabaret dan lainnya), Band internal SMAN 1 Margahayu, band eksternal dari luar SMAN 1 Margahayu, band lokal (pendukung) di sekitar Kabupaten Bandung, dsb.

“Untuk bintang tamunya ada Jaz, dan Fiersa Besari. Dipilihnya mereka merupakan hasil pooling dari siswa SMAN 1 Margahayu,” katanya.

SONY DSCGuru-guru SMAN 1 Margahayu yang setia mendampingi siswanya pada kegiatan pensi Exsplosimax 4.0

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pensi Explosimax  4.0, terbuka untuk umum, pengunjungnya datang dari berbagai penjuru sekolah, baik yang ada di kabupaten/kota Bandung. Untuk tiketnya sendiri dijual dengan harga yang bervariasi.

“Ada beberapa jenis tiket seperti tiket internal (bagi siswa SMAN 1 Margahayu) kami jual Rp 60 ribu, pre sale ke-1, dijual Rp 65 ribu, pre sale ke-2, Rp 75, tetapi kalau beli di lokasi pas acara, Rp 85 ribu,” terangnya.

SONY DSCHasan, Ketua Pelaksana

Saat majalahsora.com, bertanya mengenai manfaat dari kegiatan tersebut, dirinya memaparkan bahwa kegiatan pensi sekolahnya, memiliki banyak hal positif,  yang bisa dipetik oleh dirinya, dan panitia lainnya.

“Kami jadi tahu cara mengelola acara besar, belajar mengantisipasi keadaan yang tidak diinginkan, melatih kerjasama tim (beroganisasi), dengan 65 panitia yang ada, termasuk OSIS, MPK, dan beberapa anggota ekskul lainnya. Hal itu tidak terlepas dari bimbingan guru-guru kami,” katanya.

SONY DSCPenampilan band

Pada kesempatan yang sama, majalahsora.com pun berhasil mewawancarai salah satu pengunjungnya, yaitu Aura, siswi SMAN 1 Margahayu kelas X-IPS 1, dirinya merasa bangga pada gelaran pensi sekolahnya.

“Acaranya rame, seru pokoknya. Apalagi saya baru pertama kali melihat pensi yang wah seperti ini. Kalau untuk bintang tamunya, saya nunggu Jaz. Harapan ke depan semoga penyelenggaraan pensinya lebih baik lagi,” ujar Aura, yang juga menjadi pengisi acara kabaret.

SONY DSCAntusias penonton

Dari pantauan majalahsora.com, pensi Explosimax SMAN 1 Margahayu, menghadirkan tampilan-tampilan seni yang apik, baik itu musik, drama, maupun tarian, terlebih di dukung oleh mc-nya Rasmuz dan Mita, penyiar di salah satu radio anak muda di Bandung, yang pintar membuat joke-joke segar.

SONY DSCRasmuz (kiri) sebagai mc utama yang mampu menghagatkan suasana

Selain itu kegiatannya di dukung dengan beragam stan yang menjual makanan/minuman, untuk memanjakan lidah para pengunjung.

Sementara itu Iwan Setiawan, Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Margahayu, menuturkan bahwa pensi yang dihelat di SMAN 1 Margahayu masuk ke dalam program sekolah/kesiswaan, sesuai dengan visi sekolahnya.

SONY DSCAura (kiri) bersama teman-temannya

“Visi SMAN I Margahayu, yaitu menjadikan siswa kami memiliki berbagai keunggulan, baik itu di bidang akademik maupaun non akademik. Kegiatan ini pun mengacu pada tujuan pendidikan, yang tercantum dalam Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional), yaitu sekolah harus bisa menfasilitasi, agar siswa dapat tumbuh kembang, sesuai bakat dan minat yang dimilikinya,” ujar Iwan, di tempat acara.

Masih berkaitan dengan pensi Explosimax 4.0, dirinya mengatakan bahwa sebelumnya pada pra event, semua ekskul ditampilkan seperti bidang olah raga.

SONY DSCRibuan pengunjung menghadiri di Explosimax 4.0

“Semua ekskul yang ada ditampilkan, sebelumnya ekskul olah raga, sekarang gebyarnya ada tampilan ekskul seni,” kata Iwan.

Ini merupakan penyelenggaraan Explosimax ke-4, ia beharap dari tahun ke tahun penyelenggaraannya lebih baik, dari sebelumnya.

SONY DSCPanitia Explosimax, semangat tanpa lelah 

“Suksesnya acara ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama Pak Aa Sudaya, Kepala SMAN 1 Margahayu. Beliau sangat mendukung dalam peningkatan pengembangan sekolah kami. Pak Aa tidak segan-segan untuk menfasilitasi siswa. Contohnya dukungan pada siswa yang berlaga di O2SN, ia dukung dananya (mengambil kebijakan sekolah) tidak setengah-setengah, sehingga hasilnya maksimal, termasuk kegiatan pensi ini, saya sangat bersyukur memiliki Kepala Sekolah, seperti Pak Aa, yang memiliki atensi kepada kemajuan sekolah,” katanya.

“Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada Pak Aa Sudaya Kepala SMAN 1 Margahayu, panitia, yang begitu antusias, kepada sponsor, media, partisipan, semoga kebaikan itu di balas oleh Alloh SWT,” pungkasnya. [SR]***