Majalah Sora|Wednesday, March 27, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Etty: SMAN 6 Kota Cirebon Patuh dan Mendukung Semua Kebijakan Disdik Jabar

Etty: SMAN 6 Kota Cirebon Patuh dan Mendukung Semua Kebijakan Disdik Jabar 

SONY DSCHj. Etty Nur Rochaeni, M.Pd.I., Kepala SMAN 6 Kota Cirebon

majalahsora.com, Kota Cirebon – Kondusifitas dan kebersihan suatu sekolah akan menjadikan warganya menjadi nyaman dan sehat. Seperti di SMAN 6 Kota Cirebon, sekolah yang terletak di pusat “Kota Udang” tersebut sangat mengutamakan kelancaran berkomunikasi dan meningkatkan kesadaran akan hidup sehat kepada seluruh warga sekolahnya.

Etty Nur Rochaeni, Kepala SMAN 6 Kota Cirebon menuturkan kepada majalahsora.com, bahwa dirinya secara intens berkomunikasi dengan para wakasek, guru, kasubag, tenaga kependidikan, siswa dan warganya. “Saya selalu berupaya agar selalu mengajak bicara, contohnya dengan para guru, dalam menyikapi segala kebijakan dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat dan hal lainnya,” ujar Etty diruang kerjanya, Senin (29/1/2018).

 

Ia menambahkan bahwa segala kebijakan yang dibuat oleh pemerintah merupakan upaya untuk memajukan dunia pendidikan. Terlebih kini SMA/SMK negeri swasta yang ada di 27 kabupaten/kota Propinsi Jawa Barat dikelola oleh Disdik Jabar.

SONY DSCLarangan merokok di lingkungan SMAN 6 Kota Cirebon membuat sehat semua warga sekolahnya

“Ke depannya dari informasi yang saya dapat, akan banyak kebijakan dari pemerintah daerah (Jabar) yang pro terhadap kami selaku pendidik, terutama dalam hal kesejahteraan. Contohnya mengenai tunjangan guru, kepala sekolah, uang makan, dan lainnya. Apabila ada kebijakan yang kurang berkenan, kami selalu mangajak bicara bapak ibu guru kami dan menyikapinya dengan tenang, setelah itu kami sampaikan ke Bu Dewi selaku Kepala Balai Wilayah V, untuk dikomunikasikan dengan Pa Hadadi Kepala Disdik Jabar,” terang Etty.

 

Masih menurut Etty, SMAN 6 Kota Cirebon patuh terhadap semua aturan dari pemda, seperti larangan merokok di lingkungan sekolahnya. “Kalau bicara mengenai aturan larangan merokok, saya, orang paling depan dalam mendukung program yang digadang-gadang oleh Pa Aher, Gubernur Jabar. Pernah juga ada tim gabungan dari Pemkot Cirebon datang langsung menginpeksi masalah larangan merokok, mereka pun kagum. Insya Alloh di SMAN 6 steril dari rokok, untuk kesehatan siswa-siswi dan warga kami,” kata Etty, berapi-api.

SONY DSCKebersihan SMAN 6 Kota Cirebon selalu terjaga atas kesadaran warga sekolahnya

Lingkungan SMAN 6 Kota Cirebon pun kini terus ditata agar semakin nyaman. Hal itu dirasakan sendiri oleh majalahsora.com sejak masuk gerbang sekolah yang bersih, dan melihat tata letak dan kelola ruangan serta pemeliharaan lingkungannya.

 

“Alhamdulillah sekolah kami, terus berbenah, dan terus menerapkan pembiasaan hidup sehat. Kini kami sedang membangun masjid di lantai 2 sedangkan lantai bawahnya untuk ruang serba guna. Di samping itu, kami sedang membangun kantin dengan fasilitas sekelas kafe, pokoknya sesuai peruntukannya” imbuh Etty, yang pernah menjadi Kepala SMAN 3 Kota Cirebon.

 

Masjid SMAN 6 Kota Cirebon yang sedang dibangun direncanakan selesai pada tahun 2018. Etty menjelaskan bahwa dana pembangunan masjidnya swadaya, dengan biaya kurang lebih Rp 2 miliar. Sedangkan untuk pembangunan kantin, yang terletak di depan lapang sekolahnya, dananya diperoleh dari pemerintah pusat, sebesar Rp 200 juta, untuk 6 kantin.

SONY DSCKantin sekelas kafe rencananya akan diresmikan oleh Dr. Ir. Ahmad Hadadi, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat

“Nanti kantinnya, menjadi kantin bersih, rencananya 1 kantin untuk koperasi, sisanya akan kami sewakan, mudah-mudahan bisa dikembangkan ke pembangunan kantin sehat lainnya. Insya Alloh tanggal 9 Pebruari 2018 yang akan datang akan diresmikan oleh Pa Hadadi, Kadisdik Jabar,” katanya.

“Selama kurang lebih setahun setengah memimpin SMAN 6 Kota Cirebon, saya sangat nyaman, terlebih dengan dukungan wakasek, guru, kasubag, tenaga kependidikan dan seluruh warga SMAN 6. Kami pun siap patuh dan mendukung  semua kebijakan pemerintah. UNBK tahun 2018 pun akan kami sukseskan, untuk kemajuan pendidikan serta mewujudkan Jabar Kahiji,” tambah Etty.

 

Menurut catatan, Etty merupakan salah satu kepala sekolah berprestasi di Kota Cirebon. Sewaktu memimpin SMAN 3 Kota Cirebon, dirinya berhasil menjadikan SMAN 3 Kota Cirebon menjadi sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2012 dan Adiwiyata Mandiri di tahun 2014. Dirinya sukses mengimbaskan ke 10 sekolah (SD, SMP dan SMA), lima di antaranya berhasil menjadi sekolah Adiwiyata Nasional.

SONY DSCSMAN 6 Kota Cirebon berada di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo no.79 Kota Cirebon

Begitu pun di SMAN 6 Kota Cirebon, tinta emas pun berhasil ditorehkan Etty, di antaranya, terpilihnya SMAN 6 Kota Cirebon menjadi The Most Improvement School in Quality Education Program of The Year tahun 2017, dari IDAF, The Most Leading School In Exellent Education Of The Year, tahun 2016 dan 2017, dari IAC dan 3 Uno, serta prestasi lainnya.

Untuk prestasi pribadi Etty, dirinya pernah dianugerahi sebagai tokoh lingkungan di Kota Cirebon atas prestasi meraih Adiwiyata Mandiri. Di samping itu meraih penghargaan Indonesian School Award, kategori As The Best Education and Tutoring  Program dari Muhammad Nasir, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, tahun 2016, penghargaan Kencana Emas Bakti Pendidikan Indonesia dari Puan Maharani, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta Hanif Dhakiri Menteri  Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan sebagainya. [SR]***