Majalah Sora|Wednesday, March 27, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Lulusan SMKN 8 Kota Bandung ‘Berangkat’ Kuliah Ke LCVC Cina

Lulusan SMKN 8 Kota Bandung ‘Berangkat’ Kuliah Ke LCVC Cina 

kepala smkn 8 bandung agung indaryatnoDrs. Agung Indaryatno, (kanan) Kepala SMKN 8 Kota Bandung di SGMW Cikarang

majalahsora.com, Kota Bandung – Enam orang lulusan jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMKN 8 Kota Bandung tahun 2017, terdiri dari Aiman, M Wijaya, Sidik Purnama, Wilda, Yoggi dan Aldi, berhasil mendapat kesempatan kuliah di Fakultas Mechatronics and Automobile Engineering, LCVC (Liuzhou City Vocational College), Kota Liuzhou, Propinsi Guangxi, Cina, melalui program beasiswa.

Sebelumnya mereka telah mengikuti tahapan seleksi yang ketat, setelah lulus, lalu ikut kursus bahasa Mandarin selama tiga bulan.

Rabu 17 Januari 2018, keenam lulusan SMKN 8 Kota Bandung tersebut, melakukan penandatanganan kontrak di PT. SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors), Cikarang, Bekasi. Malam harinya langsung ke Bandara Soekarno Hatta, untuk berangkat ke Cina.

DI LCVC, Cina, rencananya mereka akan mengikuti perkuliahan selama kurang lebih tiga tahun, dan setelah lulus mendapat gelar ahli madya (setara D3).

kepala smkn 8 bandung drs agung indaryatnoAgung, Kepala SMKN 8 Kota Bandung bersama Wakasek, dan Guru BK

“Ini merupakan tahun kedua lulusan kami mendapatkan beasiswa dari LCVC,  Cina. Tahun 2017 lalu, lulusan SMKN 8, tahun 2016, ada delapan orang yang kuliah di sana. Itu kebanggaan bagi kami. Karena secara berturut-turut siswa kami dipercaya mendapatkan beasiswa. Dan tahun ini menjadi satu-satunya sekolah yang mewakili Kota Bandung, ” kata Drs Agung Indaryatno, Kepala SMKN 8 Kota Bandung, beberapa waktu yang lalu.

Masih menurut Agung, selama di Cina, mereka mendapat fasilitas belajar, buku, asrama,listrik dan air, secara geratis. Untuk biaya makan ada subsidi dari LCVC, sedangkan untuk biaya pemberangkatan dan pulang dibiayai sendiri. Orang tua mereka pun sangat mendukung dengan berbagai upaya.

siswa smkn 8 bandung ke lcvc cinaLulusan SMKN tahun 2017 yang berangkat ke LCVC, Cina berfoto dengan Guru BK-nya

“Selama dua tahun mereka melaksanakan perkuliahan di LCVC, Liuzhou, Cina. Setelah itu magang di SGMW, Cikarang Indonesia,” kata Kepala SMKN 8 Kota Bandung.

“Namanya belajar di manapun diutamakan prestasi. Jadi mereka harus sungguh-sungguh. Jangan menyia-nyiakan kesempatan, Mereka harus menunjukan hasil belajar yang baik, untuk direkrut secara langsung oleh Wuling Motors,” sambung Agung.

siswa smkn 8 bandung ke berangkat lcvc cinaBerangkat menuju Cina

Ia menuturkan bahwa program beasiswa dari LCVC merupakan hal yang sangat positif, terutama untuk meningkatkan tingkat akademik lulusan SMKN 8 Kota Bandung. “Saya dari pihak sekolah sangat terbantu di dalam program peningkatan sumber daya manusia, paling tidak dari sisi tingkatan akademis yang tadinya level SMK, kini bisa dinaikan setara D3, apalagi kuliahnya di luar negeri. Di samping itu menambah kesempatan bekerja bagi lulusan kami, dan menjadi profesional,” katanya.

Menurut sumber informasi yang dapat dipertanggungjawabkan, tercatat dari Jawa Barat ada 25 orang yang berangkat kuliah ke LCVC, SMKN 8 Kota Bandung, enam orang, SMKN 1 Karawang, enam orang dan  tiga belas orang dari SMKN 1 Cikarang. Setelah mereka lulus kuliah dan diterima di SGMW (Wuling Motors Indonesia) akan mendapat fasilitas gaji dan jenjang karir yang menjanjikan. [SR]***