Majalah Sora|Tuesday, March 19, 2019
You are here: Home » Serba Serbi » Emil Lantik Enam Pasang Kepala Daerah Di Tempat Bersejarah

Emil Lantik Enam Pasang Kepala Daerah Di Tempat Bersejarah 

pelantikan enam pasang kepala daerah pilkada jabar 2018 (2)Poto Humas Jabar – Historical Walk

majalahsora.com, Kota Bandung – Pelantikan bupati/walikota tahap pertama, Gubernur Ridwan Kamil atas nama Presiden Republik Indonesia, secara resmi melantik enam pasang kepala daeah terpilih (bupati/wakil bupati dan walikota/wakil Walikota) hasil pilkada Jabar serentak, tahun 2018, digelar hari Kamis, 20 September 2018, di tempat bersejarah, yaitu Gedung Merdeka, Bandung.

Sebelum dilatik di Gedung Merdeka, Ridwan Kamil, Uu Ruzhanul Ulum (Wakil Gubernur Jabar), Iwa Karniwa( Sekda Jabar), keenam pasang kepala daerah yang mau dilantik, Ahmad Heryawan (mantan Gubernur Jabar), beserta tamu undangan lainnya, melakukan “Hictorical Walk” dari Hotel Homan menuju Gedung Merdeka, yang berada di Jalan Afrika. Mereka diiringi dengan tarian dan musik khas Jawa Barat.

pelantikan enam pasang kepala daerah pilkada jabar 2018 (1)Poto Humas Jabar – Suasana saat pelantikan

Selain itu, di sisi kiri kanan Jalan Asia Afika, tampak anggota Paskibra, mojang jajaka, dan masyarakat umum menyambut iring-iringan. Usai pelantikan ada hal yang unik, di mana Gubernur Jabar, Sekda Jabar, dan keenam pasang kepala daerah yang terpilih melakukan konvoi menggunakan delman menuju Gedung Sate.

Kepala Daerah terpilih yang dilantik tersebut di antaranya Walikota dan Wakil Walikota Bandung, Oded Mohamad Danial-Yana Mulyana; Walikota dan Wakil Walikota Bekasi, Rahmat Effendi-Tri Adhianto; serta Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi-Andri Setiawan Hamami.

Pelantikan Enam Pasang Kepala Daerah Pilkada JabarPoto Humas Jabar – Pengambilan sumpah secara Islam 

Kemudian Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat, Aa Umbara-Hengki Kurniawan; Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika-Aming, serta Bupati serta Wakil Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir-Erwan Setiawan.

Ada beberapa pesan yang Emil sampaikan kepada enam pasang kepala daerah tersebut, pertama, dirinya menginginkan agar mereka jadi pemimpin yang mencintai rakyat, melayani rakyat bukan dilayani rakyat.

Emil lantik Oded jadi Walikota BandungPoto Humas Jabar – Senyum penuh makna, Oded Mohamad Danial, Walikota Bandung dan Emil, mantan atasannya (Walikota Bandung terdahulu), yang kini menjadi Gubernur Jabar

Emil menambahkan bahwa seorang pemimpin harus bisa memiliki sistem dan kepemimpinan yang berintegritas. Untuk itu, dia berharap selama lima tahun ke depan tidak ada kepala daerah di Jawa Barat yang terjerat kasus hukum.

“Saya sebagai gubernur akan mengingatkan kita semua, untuk saling menjaga diri dari segala hal-hal yang akan menjerumuskan,” tutur Emil.

Pelantikan Bupati Purwakarta oleh EmilPoto Humas Jabar – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

“Integritas adalah harga mati, integritas adalah nilai mulia yang harus dijaga oleh kita yang diberi Allah SWT kesementaraan kekuasaan,” sambungnya.

Dirinya meminta agar aparat pemerintahan di kabupaten/kota, meningkatkan profesionalisme. Terlebih Jawa Barat memiliki visi sebagai provinsi digital di Indonesia.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bandung BaratPoto Humas Jabar – Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat, Aa Umbara-Hengki Kurniawan saat dilantik

“Saya titip pelayanan, gunakan teknologi dengan profesional. Adakan peningkatan kualitas SDM, sehingga kualitas pelayanan bisa meningkat menjadi sangat profesional,” tukasnya.

Berikutnya Emil berpesan, agar para kepala daerah hingga perangkat terbawahnya melakukan pelayanan sepenuh hati kepada masyarakat. Melalui tiga pesan ini, diharapkan para kepala daerah ini menjadi teladan bagi masyarakat.

Pelantikan Wakil Walikota Sukabumi oleh EmilPoto Humas Jabar – Andri Setiawan Hamami

“Tiga pesan dasar inilah, Insya Allah bisa membawa bapak/ibu Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Walikota bisa menjadi pemimpin yang teladan dan dicintai oleh rakyat di daerah masing-masing,” ucapnya.

Untuk mempermudah komunikasi dengan kepala daerah yang ada (27 kabupaten/kota) rencananya Emil akan adakan pertemuan setiap tiga bulan sekali. [SR]***