Majalah Sora|Tuesday, March 26, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Edy: SMKN 9 Kota Bandung Ingin Sukses Prestasi & Penyelenggaraan LKS SMK Jabar 2018

Edy: SMKN 9 Kota Bandung Ingin Sukses Prestasi & Penyelenggaraan LKS SMK Jabar 2018 

 

edy purwanto kepala smkn 9 bandung lks jabarEdy Purwanto, Kepala SMKN 9 Kota Bandung saat diwawancarai oleh awak media mengenai LKS SMK tingkat Jabar 2018

majalahsora.com, Kota Bandung – LKS (Lomba Keterampilan Siswa) SMK tingkat Jabar tahun 2018 resmi dibuka oleh Uu Ruzhanul Ulum, Wagub Jabar, Selasa (16/10/2018) di Gedung Teater Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi.

SONY DSCM Lukman, Kepala SMKN 6 Kota Bandung dan Ketua MKKS SMK Kota Bandung yang bertugas sebagai koordinator juri LKS SMK Jabar

Hajat besar bidang PSMK Disdik Jabar kali ini, diadakan dari tanggal 16-19 Oktober 2018. Memperlombakan 26 mata lomba. Diikuti oleh ratusan siswa SMK terbaik dari 27 kabupaten/kota yang sebelumnya menjadi juara atau dipilih di daerahnya masing-masing.

SONY DSCPeserta mata lomba beauty theraphy

Penyelenggaraannya sendiri digelar di dua wilayah, yaitu Kabupaten Bekasi (21 mata lomba-bidang IT & Teknologi Rekayasa) dan Kota Bandung yang memperlombakan bidang pariwisata (5 mata lomba).

Tempat perlombaan bidang pariwisata dilaksanakan di SMKN 9 Kota Bandung. Melombakan mata lomba restaurant service, beauty theraphy, ladies & mens hair dressing, ladies dress making, serta pastry cook.

SONY DSCJuri mengamati salah satu peserta mata lomba pastry cook

Edy Purwanto Kepala SMKN 9 Kota Bandung, menerangkan kepada majalahsora.com bahwa sekolahnya ditunjuk oleh bidang PSMK menjadi salah satu tempat lombanya.

“Seharusnya semua lomba diadakan di Kabupaten Bekasi. Namun untuk bidang pariwisata, di Kabupaten Bekasi belum ada sekolah yang memenuhi standar meggelarnya. Dalam keadaan darurat bidang PSMK Disdik Jabar yang dipimpin Pak Dodin R Nuryadin memutuskan kelima mata lomba pariwisata dipindahkan ke kota yang siap. Kebetulan SMKN 9 Kota Bandung siap untuk menjadi tuan rumahnya,” jelas Edy, Rabu (17/10/2018) siang kepada majalahsora.com.

SONY DSCSalah satu peserta dengan cekatan mempraktekan salah satu penilaian lomba restaurant service

Dalam upaya menjaga kualiatas penjurian, Edy menjelaskan bahwa para jurinya terdiri dari para praktisi dan profesional yang mumpuni.

“Insya Alloh para juri di setiap mata lomba akan menilai secara objektif, untuk mendapatkan pemenang yang benar-benar layak menang. Pemenang ajang LKS di SMKN 9 akan di umumkan Kamis 18 Oktober 2018, bada Ashar,” kata Edy.

SONY DSCSiswa peserta lomba ladies & mens hair dressing memeragakan keahliannya

Sebagai bentuk pengharagaan bagi pemenang lomba, panitia penyelenggara akan memberikan uang pembinaan dan piala. Nantinya ada 3 pemenang yang akan mendapat uang pembinaan, bagi juara pertama Rp 2 juta, kedua Rp 1,5 juta untuk juara ketiga Rp 1 juta.

SONY DSCJuri mata lomba beauty theraphy

Lebih lanjut dirinya memaparkan para pemenang pertama di setiap mata lomba ke depannya akan mewakili Jabar di LKS SMK tingkat nasional yang akan dihelat di Yogyakarta, Juli 2019.

“Ada lima siswa SMKN 9 yang mewakili Kota Bandung di lima mata lomba pariwisata. Namun bukan hanya siswa kami saja yang harus berprestasi, tetapi semua siswa terbaik Jabar yang ikut LKS SMK ini. Dari segi prestasi nasional, sudah lama prestasi Jabar di LKS tingkat nasional berada di rengking empat besar. Berharap di LKS tingkat nasional tahun 2019 di Yogyakarta, Jabar bisa meraih Juara Kahiii, Lahir Batin seperti kata Pak Gubernur,” katanya.

SONY DSCJuri restaurant service

Masih berkaitan dengan penyelenggaraan LKS tingkat Jabar di sekolahnya, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak.

SONY DSCPeserta mata lomba ladies dress making

“Pertama saya ucapkan terima kasih kepada Pemprop Jabar, diwakili Pak Wagub Jabar yang telah panjang lebar bicara mengenai SMK pada saat pembukaan. Disdik Jabar, pemerintah kab/kota, khususnya Kab Bekasi, yang telah mendukung berjalannya kegiatan ini baik materil maupun moril,” kata Edy.

SONY DSCJuri mata lomba ladies dress making sedang menilai design dari para peserta

Dirinya berharap penyelenggaraan LKS SMK bidang pariwisata di SMKN 9 Kota Bandung bisa sukses secara prestasi dan penyelenggaraannya. [SR]***