Majalah Sora|Wednesday, March 20, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » EduExpo SMAN 20 Kota Bandung Tahun 2019

EduExpo SMAN 20 Kota Bandung Tahun 2019 

SONY DSCDr. Ir. Hj. Dewi Sartika, M.Si., Kadisdik Jabar saat membuka EduExpo SMAN 20 Kota Bandung tahun 2019

majalahsora.com, Kota Bandung – EduExpo (education expo)/pameran pendidikan SMAN 20 Kota Bandung tahun 2019 dengan tema “Rigth Education To Brighten Your Future” digelar hari Rabu 9 Januari 2019. Dibuka langsung oleh Dewi Sartika Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, mewakili Istri Gubernur Jabar Atalia Kamil yang kebetulan berhalangan hadir.

Acaranya dihadiri oleh Husen R Hasan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jabar Wilayah VII, Asep  Pengawas Pembina SMAN 20 Kota Bandung, Jhony Aluwi Komite SMAN 20 Bandung, perwakilan Kepala Sekolah serta Guru SMA/SMK di Wilayah Cabang Dinas Wilayah VII, dan lainnya.

SONY DSCDra. Hj. Heniyati, M.M.Pd., Kepala SMAN 20 Kota Bandung

Kegiatannya sendiri diadakan setiap tahun. Tahun 2019 ini merupakan penyelenggaraan yang ke empat kalinya.

“Kegiatan EduExpo ini harus memberi manfaat khususnya kepada anak-anak kami yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta, baik di dalam negeri maupun luar negeri,” kata Heniyati Kepala SMAN 20 Kota Bandung pada sambutannya.  

SONY DSCDra. Hj. Euis, M.M. Pd., Humas SMAN 20 Kota Bandung Ketua Pelaksana EduExpo SMAN 20 Tahun 2019

Pada kesempatan itu Heni sapaan akrabnya mengucapkan terima kasih kepada orang tua siswa kelas X-XII yang telah memberikan dukungannya, baik materi maupun non materi. Di samping itu partisipasi perguruan tinggi, sponsor dan lainnya hingga bisa berlangsungnya EduExpo di sekolahnya.

Dirinya berharap dengan kegiatan itu bisa menjadi jembatan bagi siswa dan orang tuanya untuk berkonsultasi dengan beberapa perguruan tinggi yang diinginkan/dituju. Sehingga siswanya bisa terserap ke perguruan tinggi sebanyak 75%.

SONY DSCHeni Kepala SMAN 20 Kota Bandung menyerahkan maskot SMAN 20 kepada Ike Kadisdik Jabar disaksikan H. Husen R Hasan, Kepala Cabang Dinas Wilayah VII (ketiga dari kanan)

Pada kesempatan yang sama Euis Humas SMAN 20 Kota Bandung yang menjadi Ketua Pelaksana EduExpo tahun 2019 memaparkan, bahwa pada event tersbut ada 43 peserta. Terdiri dari 36 perguruan tinggi negeri swasta, biro konsultasi perguruan luar negeri, program stam unggulan dan lainnya.

Lebih lanjut Euis mengatakan bahwa anggaran yang digunakan untuk kegiatan tersebut berasal dari peserta kegiatan, donator orang tua siswa, sponsor dan sedikit dana sharing dari RKAS.

SONY DSCPoto bersama dengan beberapa Kepala Sekolah SMA Negeri Cabang DInas Wilayah VII

“Bisa berjalannya EduExpo tahun ini tidak terlepas dari arahan penuh Kepala Sekolah SMAN 20 Bandung, panitia, dan pihak lain yang telah membantu kami, sehingga bisa berjalan sukses,” kata Euis.

Sementera itu Dewi Sartika Kepala Dinas Pendidikan Prop Jabar, dalam sambutannya sangat mengapresiasi EduExpo yang digelar oleh SMAN 20 Kota Bandung.

SONY DSCStan Adiwiyata Mandiri SMAN 20 Kota Bandung

“Ini hari pertama saya mengikuti kegiatan bersama sekolah, khususnya SMA negeri (SMAN 20 Bandung). Terima kasih telah mengundang saya. Alhamdulillah bisa berada di tengah-tengah Bapak dan Ibu, sekaligus bertemu dengan anak-anak yang luar biasa.  Sangat luar biasa untuk kepala sekolah, ketua panitia dan panitianya, keren luar biasa,” katanya.

Ike sapaan akrab Kadisdik Jabar yang baru dilantik hari Jumat (4/1/2019) mengatakan kalau Gubernur Jabar memiliki Jabar Masagi, dirinya yakin Jabar Masagi akan terwujud dari SMAN 20 Bandung.

SONY DSCTampilan tim angklung

“Insya Alloh Jabar Masagi akan terwujud dari ilmu, iman, sehat dan ahlaq yang baik (karakter yang baik). Kita bangun karakter (kebiasaan yang baik) kebiasaan juara. Tadi saya lihat ada yang membuat robot, video, dan bakat-bakat lainnya,” sambung Ike.

Dirinya pun sangat bangga dengan prestasi SMAN 20 Kota Bandung, di antaranya siswanya ada yang ke Jepang, Malaysia, juara Sekolah Literasi, Hemat Energi, Adiwiyata Mandiri dan masih banyak lagi.

SONY DSCTampilan tari dari siswa SMAN 20 Bandung yang pernah tampil di Negeri Jiran Malaysia

“Mudah-mudahan EduExpo ini menjadi penyemangat siswa-siswi SMAN 20 Kota Bandung memasuki perguruan tinggi. Karena ke depan kita semua memasuki era baru, industri 4.0. Semua serba digitalisasi dan komputerisasi,” katanya. [SR]***