Majalah Sora|Tuesday, March 19, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Edu Expo SMAN 2 Bandung Tahun 2019 Berlangsung Sukses

Edu Expo SMAN 2 Bandung Tahun 2019 Berlangsung Sukses 

husen r hasan edu expo sman 2 bandungHusen R Hasan Kepala KCD Wilayah VII Disdik Jabar saat membuka kegiatan (Poto humas SMAN 2 Bandung)

majalahsora.com, Kota Bandung – SMAN 2 Kota Bandung sukses menyelenggarakan Edu Expo (pameran pendidikan perguruan tinggi). Digelar di sekitar lapang sekolahnya Jalan Cihampelas nomor 173, Kelurahan Cipaganti, Kecamatan Coblong, hari Selasa (26/2/2019). Diikuti oleh 23 perguruan tinggi negeri dan swasta.

Acaranya sendiri dibuka secara langsung oleh Husen R Hasan, Kepala KCD Wilayah VII Disdik Jabar. Di hadiri oleh pengawas, Kepala SMA di Kota Bandung dan Kota Cimahi serta tamu undangan lainnya.

Yanyan Supriatna, Kepala SMAN 2 Kota Bandung, mengatakan kepada majalahsora.com Edu Expo yang diselenggarakan oleh sekolahnya memang agak telat waktunya di banding sekolah lainnya di Kota Bandung. Namun begitu menurut Yanyan, hal tersebut tidak mengurangi dari isi dan tujuan diadakannya pameran pendidikan SMAN 2.

“Alhamdulillah tadi dibuka langsung oleh Pa Husen Kepala KCD Wilayah VII. Tema edu expo tahun ini yaitu See The Future With Mind And Heart. Artinya yang dikembangkan di siswa didik kami yaitu jiwa, pikiran dan hati. Diharapkan tidak hanya segi kognitifnya yang berkembang tetapi jiwa afektifnya bisa digunakan di kehidupan sehari-hari,” kata Yanyan di ruang kerjanya kepada majalahsora, Selasa (26/2/2019) petang.

Masih kata Yanyan banyak kampus yang ingin melakukan persentasi dan promosi di SMAN 2 Kota Bandung.

yanyan kepala sman 2 bandung edu expo 2019Yanyan Supriatna, S.Pd., Kepala SMAN 2 Kota Bandung (Poto Humas SMAN 2 Kota Bandung)

“Kampus yang ikut, kami fasilitasi sedemikian rupa di Edu Expo. Karena kalau masing-masing perguruan tinggi melakukan persentasi akan memakan banyak waktu dan menganggu KBM (kegiatan belajar mengajar). Kegiatan ini sangat efektik untuk mempromosikan beberapa perguruan tinggi dan memberi wawasan kepada siswa-siswi kami. Agar memahami dan mengetahui perguruan tinggi di sekitar mereka,” terangnya.

Selain pameran pendidikan ada juga tampilan kreasi seni siswa dari SMAN 2 Kota Bandung dan pihak lainnya.

Saat majalahsora.com bertanya mengenai sasaran dari kegiatan di atas, Yanyan menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bisa membuat siswanya memilih perguruan tinggi yang tepat, agar tidak salah memilih perguruan tinggi yang dituju.

SONY DSCSofiyah, M.Pd., Ketua Pelaksana

“Mereka bisa memilih minat dan bakatnya. Kegiatan ini ada di bawah BK (Bimbingan Konseling). Alhamdulillah siswa kami yang berjumlah sekitar 1200-an di tambah Guru BK dan siswa dari sekolah yang ada di Kota Bandung dan Cimahi, antusias mengunjungi stan yang ada,” katanya.

Dirinya berharap di penyelenggaraan tahun berikutnya lebih baik lagi.

“Akan dievaluasi lagi untuk kegiatan serupa, agar lebih banyak peserta pameran mempromosikan perguruan tingginya di tahun depan,” pungkas Yanyan.

edu expo sman 2 bandung tahun 2019Dihadiri para Kepala SMA Negeri Kota Bandung & Kota Cimahi (Poto Humas SMAN 2 Kota Bandung)

Sementara itu Sofiyah Ketua Pelaksana kegiatan mengatakan kepada majalahsora.com bahwa 23 kampus terbut terdiri dari Universitas Widyatama, Unisba, ITHB, Telkom University, SPITZE STADIUM, UPI, Unjani, Itenas, Universitas Sangga Buana, ISBI, Universitas Maranatha, STIE Ekuitas, LP3I, dan lainnya.

Lebih lanjut menurut Sofi panggilan akrabnya, ada capaian khusus yang ingin diraih dari kegiatan Edu Expo, yaitu memfasilitasi atau memberikan wawasan kepada siswa kelas XII khususnya.

“Agar ke depan bisa menentukan pilihan mereka berkarir yang lebih baik. Untuk melanjutkan kuliah tidak hanya ke perguruan tinggi negeri saja, tetapi bisa memilih yang swasta yang jurusannya sama apabila tidak diterima di PTN,” terang Sofi yang merupakan Kordinator Guru BK, usai kegiatan.

“Kegiatannya bukan hanya untuk kelas XII saja tetapi juga untuk kelas X-XI. Jadi mereka lebih tahu sedari awal mengenai perguruan tinggi yang ada,” imbuhnya.

edu expo sman 2 bandung tahun 2019 gb 2Suasana Edu Expo (Poto Humas SMAN 2 Kota Bandung)

Di samping berpameran, kata Sofi ada beberapa perguruan tinggi yang memberikan persentasi langsung ke kelas-kelas (XII), seperti Unjani, Telkom University dan IMI.

“Hari sebelumnya ada persentasi masuk ke kelas XII (11 kelas IPA 9 kelas, IPS 2 kelas). yaitu SPITZE STADIUM,” katanya.

Pihak BK SMAN 2 merasa bersyukur atas terselenggaranya Edu Expo tahun ini.

“Ini tidak terlepas dari gotong royong semua warga SMAN 2. Terutama Pak Yanyan Kepala Sekolah, komite, Pengawas Pembina, Guru-guru dan siswa. Alhamdulilah kami kompak saling membantu dan melengkapi dan terjalin cukup bagus. Tanpa mereka tidak akan mungkin terlaksana,” kata Sofi. [SR]***