Majalah Sora|Tuesday, March 19, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Drs. Slamet Heryadi, M. Pd, Kepala SMKN 15 Kota Bandung, Kepala Sekolah yang Senang Transfer Ilmu

Drs. Slamet Heryadi, M. Pd, Kepala SMKN 15 Kota Bandung, Kepala Sekolah yang Senang Transfer Ilmu 

SONY DSCDrs. Slamet Heryadi, M.Pd., Kepala SMKN 15 Kota Bandung & Kadisdik Jabar Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si

majalahsora.com, Kota Bandung – Sejak Juni 2015, Drs. Slamet Heryadi, M.Pd., menjabat sebagai kepala SMKN 15 Kota Bandung. Sebelumnya, pria kelahiran Cirebon 12 September 1964 itu, pernah menjadi guru di sekolah tersebut dan beberapa kali dipercaya menjadi  wakaseknya.

“Dari tahun 1993 saya sudah mengajar pekerjaan sosial di SMKN 15 Kota Bandung. Pada Januari 2013 lalu alhamdulillah saya dipromosikan menjadi kepala SMKN 14 Kota Bandung, sampai Juni 2015,” ujar Slamet di ruang kerjanya, Rabu (25/10/2017) sore.

Sebagai kepala sekolah, dirinya memiliki idealisme untuk memajukan mutu pendidikan SMKN  15 Kota Bandung. Yang berimbas pada kemajuan mutu SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia secara umum. Hal tersebut dimulai dengan kaitan pelaksanaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), setiap tahun kegiatannya selalu sesuai dengan peraturan yang diberlakukan pemerintah.

SONY DSCKepala SMKN 15 Bandung bersama Kadisdik Jabar melihat pembangunan di SMKN 15 Kota Bandung

Setelah itu melaksanakan pembelajaran yang tidak hanya rutinitas dan terjadwal. Tapi betul-betul memberikan kesempatan potensi pada diri siswa, memberikan pelayanan yang optimal agar siswa merasa nyaman dan menyenangkan. “Dengan suasana yang menyenangkan, insya Alloh akan menumbuh kembangkan potensi peserta didik,” kata Slamet.

Dirinya menuturkan, bahwa kegiatannya dimulai dari pembelajaran di kelas yang menyenangkan. Begitupun dengan suasana interaksi di luar pembelajaran, seperti budaya  5 S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun). “Budaya itu yang harus terbentuk pada siswa yang memiliki karakter budi pekerti. Dapat dilihat dari sikap yang ramah, serta murah senyum jadi keunggulan di masa datang,” lanjutnya.

SONY DSCDrs. Slamet mengantar H. Hadadi saat meninjau ruangan aula yang sedang direhab

Dari segi sarana prasarana SMKN 15 Kota Bandung telah memiliki kantin sehat yang bersih, toilet yang diupayakan cukup bersih, perpustakaan yang menyenangkan, dsb.

Di samping itu mengembangkan ruang pratek siswa, kini sedang dibangun ruang edutel dan tata boga. “Kita lagi membangun ruang edutel, tata boga dan aula, mudah-mudahan ahir tahun 2017 sudah rampung. Kebetulan tadi ada Pak Hadadi, Kadisdik Jabar, kami haturkan terima kasih, kepada Pak Kadisdik atas kunjungan dan perhatiannya,” terang Slamet.

SONY DSCMeninjau gedung di lantai 2

Pada kesempatan yang sama Rabu (25/10/2015) Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si., Kadisdik Jabar, sengaja mengadakan kunker (kunjungan kerja) ke SMKN 15. Ia ingin melihat langsung pelaksanaan pembangunan yang sedang berjalan. Di sela-sela kunkernya Hadadi berharap agar pembangunan edutel, ruang tata boga dan aulanya harus memuaskan, karena SMKN 15 Kota Bandung bisa menjadi salah satu icon sekolah pariwisata di Jabar, karena sekolahnya berada di tengah kota.

Selain gencar membangun, segi pemeliharaan lingkungan pun tidak terlepas dari program kepala sekolah asli Cirebon, “Walaupun luas tanah SMKN 15 hanya 5800 m2, kami berupaya di setiap sudut sekolah ada penghijauan. Kemudian juga dari sisi keamanan tempat parkir kendaraan di jaga oleh para satpam, begitupun dalam hal penyebrangan keluar masuk para siswa dan guru. Kami terus memberikan pelayanan yang terbaik dan prima kepada customer kami. Di sekolah dikondisikan agar nyaman dan tidak ada bullying. Insya Alloh tidak ada kekerasan sesama siswa, guru pada siswa, siswa terhadap guru dan lain-lain, kami ingin mejadikan sekolah kami jadi sekolah ramah anak dan rumah kedua bagi siswa,” tegas Slamet.

SONY DSCPoto bersama Kadisdik Jabar

Dengan kondisi yang kondusif maka akan lahir lulusan yang kompeten, setiap tahunnya  SMKN 15 Kota Bandung telah meluluskan siswa yang sesuai dengan kompetensinya untuk mendukung program pemerintah baik ‘SMK Bisa’ dan ‘Jabar Kahiji’.

Di antaranya melalui program BMW (Bekerja Melanjutkan dan Wirausaha). “Menurut catatan setiap tahun lulusannya ada 60 % bekerja, melanjutkan kuliah 25 %,  sisanya  yang 15 % bewirausha. Selain itu, SMKN 15 sedang menyusun untuk menjadi sekolah LSP 1,” seperti yang dituturkan Heti, Ketua BKK (Bursa Kerja Khusus) yang juga Guru Matematika.

Heti pun menambahkan bahwa lulusan SMKN 15, ada yang bekerja sampai ke luar negeri seperti ke Dubai Uni Emirat Arab, Brunei Darussalam, dan lain sebagainya. Malah tren sekarang banyak lulusan SMKN 15 Kota Bandung yang bekerja sambil kuliah.

SONY DSCH. Hasan Nurdin, SE, Ketua Komite SMKN 15 Bandung

Slamet Heryadi sebagai Pribadi yang Senang Transfer Ilmu

Salah satu faktor maju mundurnya salah satu lembaga bergantung kepada pimpinannya. Begitupun dengan SMKN 15 Kota Bandung. Menurut Heti, dirinya menilai bahwa Slamet merupkan pimpinan yang humble, tegas dan disiplin. “Pak Slamet, pribadinya sangat tegas dan disiplin. Apabila mengerjakan sesuatu harus teliti dan sungguh-sungguh. Di samping itu senang transfer ilmu. Kemajuan sekolahpun semakin terasa,” ujar Heti.

SONY DSCHeti Yulianti, M.Pd., Ketua BKK SMKN 15 Kota Bandung

Tidak berbeda jauh dengan Heti, Ketua Komite SMKN 15 Kota Bandung Hasan Nurdin ,menuturkan bahwa selama SMKN 15 Kota Bandung dipimpin oleh Slamet, kerjasamanya selalu satu visi dan semakin erat. “Alhamdulillah, selama bekerjasama dengan Pak Slamet, antara komite sekolah dan pihak sekolah selalu saling dukung. Sekarang banyak program sekolah yang sedang digulirkan, salah satunya pembangunan edutel, ruang tata boga dan aula sekolah. Mudah-mudahan ke depannya banyak lagi pembangunan fisik dan lainnya yang akan dilaksanakan. Karena SMKN 15 ke depannya akan menjadi icon Kota Bandung,” tutup Hasan Nurdin, SE.  

Biodata

Drs. Slamet Heryadi, M.Pd.

Tempat tanggal lahir :

Cirebon 12 September 1964

Istri:

Ani H. Sulfiati

Anak:

  1. Abdul Rahman
  2. Ibrahim Ibadurahman
  3. M. Bramanta
  4. M. Taufik
  5. Murtiani

Pendidikan:

SDN Sindanglaut Cirebon, lulus tahun 1977

SMPN 1 Sindanglaut Cirebon, lulus tahun 1980

SMAN 1 Cirebon, lulus tahun 1983

S-1, STKS, lulus tahun 1990

S-2, UPI lulus tahun 2009

Karir:

Guru SMKN 15 dari tahun 1993

Kepala SMKN 14 Kota Bandung, tahun 2013-2015

Kepala SMKN 15 Kota Bandung, tahun 2015-… [SR]***