Majalah Sora|Monday, March 18, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Dodin, Kabid PSMK Disdik Jabar Buka Program ‘Kick Off’ di SMKN 3 Kota Bandung

Dodin, Kabid PSMK Disdik Jabar Buka Program ‘Kick Off’ di SMKN 3 Kota Bandung 

dodin kabid psmk buka program kick off di smkn 3 bandungPoto Disdik Jabar – Dr. H. Dodin R Nuryadin, M.Si, Kabid PSMK Disdik Jabar, Dra. H. Euis Purnama, M.M.Pd., Kepala SMKN 3 Kota Bandung (kanan Dodin), berfoto bersama

majalahsora.com, Kota Bandung – Dodin Rusmin Nuryadin, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan serta Kepala Sekolah SMKN 3 Bandung, Euis Purnama, membuka acara Kick Off.

Acara tersebut merupakan program peningkatan kompetensi bidang keahlian Bisnis Manajemen untuk siswa/siswi SMK, di sembilan wilayah, di Indonesia. Diluncurkan oleh PT Adira Dinamika Multifinance (Adira Finance) yang berkerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Digelar, Selasa 17 April 2018, di SMKN 3 Kota Bandung, yang terletak di Jalan Solontongan, Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong.  

Tujuannya untuk pembekalan siswa-siswi SMK dalam meningkatkan kompetensinya. Khususnya di bidang industri lembaga pembiayaan, serta meningkatkan wawasan menjadi tenaga profesional di perusahaan sesungguhnya.

Programnya sendiri didukung oleh tenaga profesional, yang nanti akan mentransfer ilmu kepada guru dan siswa-siswi. Selain itu, terdapat beasiswa bagi mereka yang telah mengikuti tes. Hasilnya mengacu pada penilaian dan keberhasilan mengerjakan modul.  

Melihat hal itu, Dodin Rusmin Nuryadin, M.Si. menyambut baik Program Peningkatan Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen bagi siswa-siswi SMK.

Ke depan dalam rekruitmen karyawan, para lulusan SMK dapat diterima di industri yang telah melakukan kerjasama (menjadi pembina sekolah). Lulusan SMK harus bisa bersaing, tidak hanya di Jawa Barat atau nasional, tetapi di dunia khususnya Asean.

“Siswa-siswi SMK yang telah diberikan pembekalan keahlian diharapkan dapat bersaing, menguasai persaingan, dan memenangkan persaingan. Mudah-mudahan ini awal yang baik dan terus berlanjut untuk Jawa Barat.” kata, Dr. H. Dodin Rusmin Nuryadin, M.Si, Kabid PSMK. 

Kick Off meupakan program peningkatan kompetensi bidang keahlian Bisnis dan Manajemen diperuntukan bagi siswa SMK di sembilan wilayah di Indonesia, salah satunya adalah Bandung. Diwakili oleh dua sekolah, SMKN 3 dan SMKN 1 Kota Bandung, Jurusan Pemasaran.

Program ini sebelumnya sudah berjalan pada tahun 2014, sekarang ini terdapat perluasan atau pengembangan kerjasama.  Waktu itu hanya bersifat ekstrakulikuler kewirausahaan, saat ini programnya berkembang tersinkronisasi dengan kurikulum di Dinas Pendidikan Kejuruan/Vokasi. [SR]***