Majalah Sora|Thursday, March 21, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Hari Pertama PPDB Jalur Non Akademik/Non NHUN SMAN 3 Bandung Dibanjiri Pendaftar

Hari Pertama PPDB Jalur Non Akademik/Non NHUN SMAN 3 Bandung Dibanjiri Pendaftar 

SONY DSCDr. Hj. Yeni Gantini, M.Pd., Kepala SMAN 3 Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – Pendaftaran hari pertama, PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) tahun pelajaran 2018-2019, jalur non akademik/non NHUN (Nilai Hasil Ujian Nasioanal,) Senin (4/6/2018) di SMAN 3 Kota Bandung, dibanjiri pendaftar. Hal itu menjadi pembeda pelaksanaan tahun ini.

Biasanya, di tahun-tahun sebelumnya hal itu terjadi menjelang penutupan pendaftaran. Kegiatannya sendiri berlangsung hingga hari Jumat, tanggal 8 Juni 2018. Setiap hari pelayanannya dibuka dari pukul 08.00-14.00.

SONY DSCAan Hendrawati, S.Pd., Wakasek Kesiswaan merangkap sebagai Ketua Pelaksana PPDB SMAN 3 Kota Bandung

Pendaftarannya terbagi menjadi jalur KETM (keluarga ekonomi tidak mampu) 20%, WPS (warga penduduk setempat) 10%, PMG (penghargaan maslahat guru) & ABK (anak berkebutuhan khusus) 5%, serta prestasi 15%. Bagi luar propinsi persentasenya dibagi dua, prestasi 5% dan NHUN (nilai hasil ujian nasional) 5%.

SONY DSCMenentukan titik kordinat

“Para pendaftar jalur non akademik/non NHUN hanya bisa memilih satu sekolah. Secara keseluruhan kami akan menerima 320 siswa baru untuk 10 rombongan belajar. Hari ini membuka jalur non akademik/non NHUN, seperti jalur KETM/tidak mampu untuk  64 siswa, WPS/warga setempat 32 siswa, PMG/anak guru serta ABK/disabilitas 16 siswa, prestasi 48 siswa dan dari luar propinsi 32 siswa,” terang Aan, Wakasek Kesiswaan yang merangkap menjadi Ketua PPDB tahun pelajaran 2018-2019, SMAN 3 Kota Bandung. Senin (4/6/2018) pagi.

SONY DSCJalur WPS

Dirinya mengatakan, di hari pertama pendaftaran, banyak orang tua siswa yang datang silih berganti, namun tidak sedikit yang kembali lagi ke rumahnya untuk melengkapi persyaratan yang kurang.

“Untuk memperlancar kegiatan, pihak panitia PPDB SMAN 3, telah memberikan alur yang jelas bagi para pendaftar, yaitu dimulai dari penerimaan di informasi, untuk memeriksa kelengkapan berkas. Apabila lengkap maka masuk ke aula, yang kemudian diperiksa titik kordinat jarak rumah ke sekolah. Setelah itu daftar ke masing-masing jalur. Secara jumlah panitia kami ada 49 orang,” jelas Aan.

SONY DSCJalur KETM

Saat ditanya mengenai keterserapan siswa baru melalui jalur non akademik/non NHUN, dirinya mengatakan biasanya untuk jalur KETM/tidak mampu saja yang keterserapannya sangat minim. “Tahun lalu apabila salah satu jalur non akademik tidak terpenuhi kuotanya, maka akan dilimpahkan ke jalur akademi, tetapi untuk tahun ini berbeda, dilimpahkan ke jalur non akademik lagi, seperti ke jalur prestasi dan lainnya,” sambungnya.

Sementara itu Yeni Gantini, Kepala SMAN 3 Kota Bandung, mengatakan bahwa sekolah yang dipimpinnya, tetap menjadi acuan masyarakat, dalam upaya meneruskan pendidikan ke jenjang SMA.

SONY DSCJalur PMG & ABK

“Kebetulan saya kurang setahun memimpin di SMAN 3, namun dari informasi teman-teman guru yang biasa menjadi panitia PPDB, animo masyarakat mendaftar ke SMAN 3 termasuk tinggi, apalagi untuk hari pertama tahun ini. Biasanya hari pertama, kedua, ketiga tidak begitu ramai. Tetapi tahun ini berbeda hari pertama malah membludak, ” kata Yeni, disela-sela kegiatan PPDB.

SONY DSCJalur prestasi

Ia mengatakan bahwa, sejak pukul 07.00 kurang pendaftar sudah berdatangan. Demi kelancaran pelayanan dan penyelenggaraan PPDB, baik akademik maupun non akademik, dirinya sejak jauh-jauh hari telah mensosialisasikan isi juknis (petunjuk teknis) kepada seluruh panitia PPDB di sekolahnya.

SONY DSCAntrian pendaftar sebelum masuk aula

“Kita siapkan SDM-nya, jadi yang paham PPDB itu bukan hanya Wakasek Kesiswaan saja, tetapi semua panitia harus memahaminya. Sehingga kalau ada yang bertanya tidak salah menjelaskan saat mendaftar di setiap jalur. Namun saya sudah mewanti-wanti agar yang menjelaskan dan menjawab hanya bagian informasi. Agar tidak miss komunikasi,” terangnya.

SONY DSCSapto, Wakasek Humas dibagian informasi

Secara teknis pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya. Seperti memasang komputer untuk memeriksa titik kordinat, jaringan internet dan lainnya, “Alhamdulillah tidak ada kendala, sebelumnya sudah dicek dan ricek,” kata Yeni yang pernah memimpin SMAN 13 serta SMAN 20 Kota Bandung.

SONY DSCAntusias pendaftar

Dari pantauan majalahsora.com, secara keseluruhan kegiatannya berjalan lancar dan tertib. Yeni berharap PPDB SMAN 3, bisa berjalan baik, lancar selamat semuanya. Jangan sampai ada pihak-pihak yang merasa dirugikan serta menanggung beban berat. “Mudah-mudahan pendaftar yang memang telah memenuhi syarat bisa terakomodasi di SMAN 3 Kota Bandung. Kami ke depankan azas objektif, transparan, tidak diskiminatif, akuntabel, dan berkeadilan. Insya Alloh kami beri pelayanan yang tebaik pada kegiatan ini,” pungkasnya. [SR]***