Majalah Sora|Monday, March 18, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Delapan Siswa SMKN 4 Kota Bandung Siap Menjadi Juara LKS tingkat Propinsi Jabar di Cirebon

Delapan Siswa SMKN 4 Kota Bandung Siap Menjadi Juara LKS tingkat Propinsi Jabar di Cirebon 

SONY DSCDr. H. Asep Tapip Yani, M.Pd, Kepala SMKN 4 Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – LKS (Lomba Keterampilan Siswa) SMK tingkat Propinsi Jawa Barat tahun 2017 akan digelar di Kabupaten dan Kota Cirebon. Acaranya berlangsung selama tiga hari, dari Selasa (17/10/2017) s.d Kamis (19 Oktober 2017) mendatang. Penyelenggaraannya sendiri akan dilaksakan di enam SMK negeri swasta yang berada di wilayah tersebut.

Melombakan 25 mata lomba dan diikuti oleh lebih dari 500 peserta LKS SMK dari 27 kabupaten/kota. Salah satunya SMKN 4 Kota Bandung. Pada ajang LKS tingkat Jabar tahun ini tercatat ada delapan siswa sekolah tersebut yang mengikuti lombanya yang tersebar ditujuh mata lomba; IT Network Support Admin, IT Software Solution, Web Design, Commercial Wirring, Indusrial Control, Electronic Aplication dan Mechatronics.

smkn 4 bandung peserta lks jabar cirebon 2017-majalahsora.com

Dr. H. Asep Tapip, M.Pd., selaku Kepala SMKN 4 Bandung  menuturkan, bahwa untuk LKS tahun ini, sekolahnya menargetkan jadi juara satu pada setiap mata lomba yang diikuti oleh siswanya. “Mudah-mudahan kami bisa menjadi juara pertama pada semua mata lomba,” tegas Asep Tapip Yani, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum AKSI (Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia) 2017-2021, Senin (16/10/2017) sore di kampus SMKN 4 Kota Bandung.

Kenyakinan Asep tersebut, dilandasi dari hasil LKS tahun-tahun sebelumnya, di mana siswa SMKN 4 Bandung sering menyabet juaranya, baik di tingkat kota, propinsi, nasional bahkan internasional. Di antaranya Arrival Dwi Santosa, alumni siswa SMKN 4 Kota Bandung tahun 2015, yang pernah menjadi juara LKS tingkat kota, propinsi, nasional, Asean serta kini mewakili Indonesia di ajang World Skills yang diadakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 14-19 Oktober 2017.

siswa smkn 4 bandung juara e-icon korea selatan-majalahsora.com

Adapun siswa berprestasi lainnya, yaitu lrfan dan Julfiana, siswa kelas XII-RPL-IV yang pernah menjuarai LKS tingkat Prop. Jabar tahun 2016, serta juara nasional, tahun 2016. Prestasi tebaru mereka menjadi juara pertama e-icon World Contest di Korea Selatan, tahun 2017.

“Untuk menghadapi LKS tahun 2017 di Cirebon tidak ada persiapan khusus. Karena hampir tiap hari para siswa SMKN 4 Bandung yang ikut LKS berlatih di ekskulnya masing-masing. Itupun tidak terlepas dari bimbingan para guru-guru SMKN 4 Kota Bandung yang dedikasinya luar biasa,” tegas Asep.

Asep berharap, kegiatan LKS yang berlangsung di Cirebon dapat melahirkan juara-juara sejati, sehingga dapat mewakili di LKS di tingkat nasional untuk Jabar Kahiji. [SR]***