Majalah Sora|Wednesday, March 20, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Dana Hibah Pemkot Ringankan Beban Siswa SMA Pahlawan Toha Bandung

Dana Hibah Pemkot Ringankan Beban Siswa SMA Pahlawan Toha Bandung 

SONY DSCDrs. Sofyan Nardi Saputra, M.M., Kepala SMA Pahlawan Toha Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – Dana hibah yang diterima SMA Pahlawan Toha Kota Bandung dari Pemkot (Pemerintah Kota) Bandung, sangat meringankan beban siswa RMP (Rawan Melanjutkan Pendidikan) yang kini dipimpin oleh Sofyan Nardi Saputra.

Menurut Sofyan SMA Pahlawan Toha Kota Bandung yang beralamat di Jalan Peta Gg. Sukamulya, Kelurahan Suka Asih, Kecamatan Bojongloa Kaler, menerima dana hibah sebesar Rp 600 jutaan untuk 114 siswa RMP. Total siswa SMA Pahlawan Toha sendiri ada 259 orang.

Bantuan hibah tersebut telah disalurkan oleh Disdik Bandung melalui Pemkot Bandung, pekan ketiga Desember 2018 ke rekening sekolahnya.

Apabila dirinci dananya dibagi menjadi dana personal untuk 114 siswa senilai Rp 114.000.000., dana investasi 58 siswa, Rp 261.000.000 serta dana operasional untuk 114 siswa, Rp 228.000.000.

“Terima kasih atas bantuan dari Disdik dan Pemkota Bandung. Peruntukannya sesuai dengan petunjuk teknis yang ada dan dananya telah terserap. Dana personal dibelanjakan untuk pakaian seragam seperti: putih abu, batik, khas daerah, pramuka, olahraga serta transport,” terang Sofyan, di kantornya baru-baru ini.

Sementara itu untuk dana investasi anggarannya digunakan untuk membeli infokus, komputer, laptop, speaker, printer, rehab ruang kelas, pemeliharaan dan perawatan sekolah, dan lainnya.

Sedangkan untuk dana operaional dimanfaatkan untuk bahan praktek siswa habis pakai, menambah transport kehadiran guru tatap muka, dsb.

Sofyan menjelaskan bahwa semua siswa SMA Pahlawan Toha tidak dipungut biaya alias gratis. Dirinya berharap ke depan pemerintah memperhatikan semua siswa yang berjumlah 259 siswa dari kelas X-XII (jurusan IPA & IPS).

Saat ditanya mengenai lulusan SMA Pahlawan Toha yang berada di bawah naungan Yayasan Bandung Kidul, menurut Sofyan lulusannya sudah banyak yang menjadi PNS, TNI, Polisi, Perawat, Dosen dan lainnya.

“Alhamdulillah kalau dari segi lulusan biasanya langsung bekerja karena keadaan orang tua siswa dengan ekonomi lemah, yang  melanjutkan ke perguruan tinggi paling 10%. Meskipun sekolah gratis alhamdulillah lulusannya banyak yang telah sukses,” katanya.

SMA Pahlawan Toha melaksanakan kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dari pukul 12.15-17.55, dari hari Senin sampai Sabtu. Di karenakan pagi harinya dipergunakan oleh SMP Pahlawan Toha.

Ia pun menjelaskan idealnya bantuan persiswa pertahun ada diangka Rp 3 juta rupiah. Dan berharap hal itu bisa terealisasi. [SR]***