Majalah Sora|Wednesday, March 20, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Bangun Karakter Dhuha Asep Tapip Kepala SMKN 4 Kota Bandung Raih Predikat Kepsek Beprestasi

Bangun Karakter Dhuha Asep Tapip Kepala SMKN 4 Kota Bandung Raih Predikat Kepsek Beprestasi 

SONY DSCDr. Asep Tapip, M.Pd., Kepala SMKN 4 Kota Bandung, Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Jabar

majalahsora.com, Kota Bandung – Asep Tapip, Kepala SMKN 4 Kota Bandung berhasil meraih prestasi sebagai Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Jabar tahun 2018. Sebagai kepala sekolah dirinya memiliki konsep dalam upaya meningkatkan kualitas SDM, sarana prasana, prestasi dan lulusan yang terserap di dunia kerja, menjadi wirausaha sukses maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Di bawah pimpinan Asep Tapip, sekolahnya memiliki motto Kuat Marifat, menjadikan lembaga pendidikan yang berstandar internasional. Dengan berbagai raihan prestasi baik lokal, nasional serta internasional.

SONY DSCSukadi, S.Pd., Kasubag Tata Usaha SMKN 4 Kota Bandung

Di antaranya menjadi juara pertama E-icon, Mobile Application, World Contest, di Korea Selatan, tahun 2017. Masih di tahun yang sama alumninya bahkan mewakili Indonesia di ajang World Skill Competition, di Abu Dabi, Uni Emirat Arab, bidang lomba IT Software Solution.

Dirinya pun terus mengupayakan penigkatan SMKN 4 Kota Bandung dari berbagai aspek, terutama aspek spiritual. “Program-program di sekolah teu ngan ukur (tidak hanya) mengaplikasikan standar 8 isi pendidikan di Indonesia dari segi fisik dan pragmatisme saja, namun dari sisi spitual sangat penting,” kata Asep, beberapa waktu lalu.

SONY DSCPesantren Ramadhan SMKN 4 Kota Bandung

Salah satu program peningkatan spiritual warga sekolahnya, setiap hari siswanya melaksanakan kegiatan sholat Dhuha. “Dilaksanakan dari pukul 06.30, diikuti oleh seluruh siswa. Kegiatannya dimulai dengan kegiatan sholawat, kemudian sholat dhuha, baca wirid, asmaul husna, serta membaca Al Quran,” ujarnya.

Seluruh kegiatan tersebut merupakan pengembangan pendidikan karakter siswa. Menurut Asep Tapip, karakter itu dasar utamanya adalah agama. Karena karakter yang baik sudah dibina dalam agama. “Akan lahir manusia-manusia paripurna dengan karakter yang ada, diharapkan seperti dalam teori, kalau memang di latar belakangi oleh bekal keagamaannya kuat. Anak-anak yang jujur, disiplin, bertanggung jawab, pasti anak-anak yang secara agamis itu sholeh. Pendidikan karakter tanpa agama, sama saja seperti mengendarai mobil tanpa ada panduan dan arah tujuan, ” kata Asep, yang menjabat Ketua Umum AKSI (Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia) se-Indonesia periode 2017-2022.

SONY DSCLekat akan kegiatan Islami

Lebih lanjut, sebagai Kepala SMKN 4 Kota Bandung, ia membangun pendidikan karakter dengan semangat dhuha. Menurutnya, dhuha itu adalah sebuah waktu yang di dalamnya ada banyak karomah, manfaat dan fadilah.

“Di dalam waktu dhuha ada ibadah yang dicontohkan oleh Rosululloh SAW. Maka penguatannya akan lebih terjamin. Begitupun dalam kurikulum 2013, yaitu KI-1, menyebutkan, menghayati dan mengamalkan, ajaran yang dianut untuk siswa itu. Salah satu ajaran Islam di pagi hari ada sholat dhuha. Maka saya sebagai kepala sekolah memberikan waktu. Bagi non muslim mengkaji kitabnya. Hal itu sudah saya terapkan sejak enam tahun ke belakang, saat menjadi Kepala SMKN 2 Kota Bandung,” terangnya.

SONY DSCGuru SMKN 4 Kota Bandung mendukung program-program sekolah

Oleh sekolah pelaksanaannya sudah dijadwalkan dari pukul 06.30-07.00, bertempat di lapang sekolah, agar siswanya bisa melaksanakan ajaran agamanya, khususnya bagi yang beragama Islam. “Kalau dipakai belajar dari pukul 07.00-14.00, maka akan habis waktunya tidak bisa melaksanakan ibadah sholat dhuha,” kata Asep.

Baginya, semangat dhuha menjadi bagian dari optimalisasi penguatan pendidikan karakter. Dengan datang tiap pagi, siswanya menjadi lebih siap belajar, ke sekolah lebih lancar karena masih relatif sepi kendaraan. Udaranya pun lebih segar. “Orang yang datang lebih pagi akan lebih siap, mendapat informasi lebih awal, lebih siap untuk menjadi maju. Sehingga semangat untuk berbuat baik akan muncul. Mereka yang datang pagi disambut dengan sholawat,” imbuhnya.

SONY DSCAksi siswa SMKN 4 Bandung

Para siswa pun terlibat dalam menyiapkan lokasi untuk tempat sholawat, dzikir. “Orang yang menyiapkan tempat untuk melaksanakan ibadah pun akan mendapatkan pahala, dari yang melaksanakan ibadah,”tutur Asep.

Bukan hanya menghimbau, dirinya istiqomah memberikan contoh langsung dalam melaksanakan ibadah dhuha. Asep memiliki konsep da’wah amal dan perbuatan. Menurutnya kalau hanya dengan omongan, akan diterima dari kuping kiri dan ke luar dari kuping kanan. “Ibadah itu harus ada contohnya, apalagi untuk siswa dalam upaya mencontek/mengimitasi kabaikan. Apabila tidak ada halangan, insya Alloh melaksanakannya di sekolah. Jangan sampai contoh buruk yang hadir di televisi ditiru oleh mereka. Kalau contoh baik itu mesti dicontohkan dan mesti dijaga,” kata Asep.

SONY DSCTerus dorong pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan

Masih berkaitan dengan pembektukan karakter, setiap harinya siswanya dilatih untuk berani berbicara di depan umum, seperti memberikan tausyiah, dengan tema yang disesuaikan, hari Selasa mengenai cara hidup sehat, Rabu berbicara mengenai budaya Sunda, Kamis berbahasa Inggris, Jumat berbicara religi.

Dengan kegiatan tersebut berharap siswa-siswi SMKN 4 akan lebih sholeh, namun dirinya tidak menafikan kalau masih ada siswa yang bandel. “Istilah basa Sunda mah, awi sadapur moal lempeng kabehanana, aya we nu mengkol mah. Hal itu berbanding lurus dengan kebiasaan mereka di rumahnya masing-masing. Tetapi alhamdulillah relatif banyak siswa yang sholeh-sholehah,” serunya.

SONY DSCTausyiah 

Semetara itu, Sukadi, Kasubag Tata Usaha SMKN 4 Kota Bandung, sangat apresiatif terhadap program-pogram yang digulirkan oleh Asep Tapip, yang berimbas pada peningkatan kualitas SMKN 4. Terutama dalam meningkatkan karakter siswa SMKN 4 Bandung, pada kegiatan dhuha khususnya. Berimbas pada kemajuan segala bidang.

Sebagai bagian keluarga besar SMKN 4 Kota Bandung, ia merasa bangga atas capaian kepala sekolahnya, meraih predikat sebagai kepala sekolah terbaik ke dua tingkat Jabar. “Saya mewakili jajaran tata usaha SMKN 4 Bandung, mengucapkan selamat kepada Pak Asep Tapip, pada pertengahan Mei 2018, meraih penghargaan Kepala Sekolah Terbaik ke-2, tingkat Jabar. Mudah-mudahan prestasi beliau dapat ditiru oleh guru serta karyawannya, untuk kemajuan SMKN 4 Bandung,” kata Sukadi. [SR]***