Majalah Sora|Tuesday, March 19, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » Ana Kepala SDN 164 Karang Pawulang Kota Bandung, Puji USBN 2018

Ana Kepala SDN 164 Karang Pawulang Kota Bandung, Puji USBN 2018 

SONY DSCH. Ana Karyana, Kepala SDN 164 Karang Pawulang Bandung, Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong

majalahsora.com, Kota Bandung – Ana Karyana, Kepala SDN 164 Karang Pawulang, Kota Bandung, memuji akan kelancaran penyelenggaraan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) yang di selenggarakan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Sampai hari kedua, Jum’at, 4 Mei 2018, secara umum berjalan lancar.

“Alhamdulillah dari pra USBN, sosialisasi penyelenggaraannya tersampaikan dengan jelas. Waktu pelaksanaan pun begitu, mulai tanggal 3-5 Mei 2018. Sudah terjadwal, baik saat pengambilan soal maupun pengembalian soalnya. Setiap sekolah memiliki jadwal berbeda. Kebetulan kami setiap hari mengambil soal ke sub rayon IX di SDN 135 Turangga, pukul 06.12, untuk pengembaliannya pukul 10.20. Sehingga tidak ada antrian,” terang Ana, Jumat (4/5/2018) pagi.  

SONY DSCH. Cucu Saputra, Kepala Bidang GTK Disdik Kota Bandung, saat meninjau ke SDN 164 Karang Pawulang

Ia menjelaskan, lancarnya pendistribusian dan lainnya, tidak terlepas dari perencaan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung, melalui Kabid SD-nya yang dikepalai oleh Supardi. Seperti pembentukan 17 sub rayon, kerjasama antara MKKS dengan Dinas Pendidikan Kota Bandung, Korwas serta Pengawas. Dilanjut dengan pembuatan petunjuk teknis, pendataan jumlah SD, jumlah ruangan, jumlah peserta, dsb-nya.

“Sampai saat ini, berkat perencanaan matang, tidak sampai terjadi ada antrian, baik waktu panitia mengambil soal maupun dalam pengembalian lembar jawaban ke sub rayon. Apalagi dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Pendistribusian soal lancar, tidak terjadi kekurangan soal. Untuk titik pusat pengambilan setiap sub rayon di SMPN 5 Kota Bandung,” kata Ana yang juga Ketua MKKS SD se-Kota Bandung.

Masih berkaitan dengan USBN, tercatat ada 239 siswa, SDN 164 Karang Pawulang Kota Bandung yang ikut ujian. Jumlah ruangan yang dipakai ada 13 ruang. Setiap ruang diawasi oleh dua pengawas, secara keseluruhan ada 26 guru pengawas, dari empat sekolah yaitu SDN Pelita, SDN Nilem, SDN Cipaera serta SDN Pelita.

SONY DSCPanitia penyelenggara USBN SDN 164 Karang Pawulang Kota Bandung 

“Alhamdulillah, sampai hari ini siswa kami hadir semua. USBN sendiri mengujikan Bahasa Indonesia, matematika dan IPA, dengan waktu dua jam. Sebelum mulai, setiap hari siswa kami dikumpulkan di lapang terlebih dahulu, diberi pengarahan dari saya dan guru,” jelasnya.

Sambung Ana, selain pesertanya, pengawasnya pun setiap hari selalu diberi arahan, untuk mengevaluasi pelaksanaan di hari pertama.

“Sengaja kami arahkan guru pengawas supaya tidak terjadi kesalahan. Alhamdulillah setelah pengarahan ada evaluasi di hari pertama. Tahun ini guru pengawas memiliki tugas yang padat, dari mulai menyiapkan soal, dan laninya. Meskipun begitu waktunya tidak mengganggu pelaksanaan ujian,”

Ana berharap penyelenggaraan USBN 2018 di SDN 164 Kota Bandung, sukses penyelenggaraan serta sukses hasil, dengan nilai terbaik. [SR]***