Majalah Sora|Monday, March 18, 2019
You are here: Home » Serba Serbi » Ahmad Hadadi Bangga Jabar Juara Umum GTK Berprestasi Tingkat Nasional

Ahmad Hadadi Bangga Jabar Juara Umum GTK Berprestasi Tingkat Nasional 

SONY DSCIwa Karniwa, Sekda Jabar sebelah kiri Ahmad Hadadi Kadisdik Jabar (ketiga dari kanan, barisan depan) 

majalahsora.com, Kota Bandung -  Ahmad Hadadi Kadisdik (Kepala Dinas Pendidikan) Jabar (Jawa Barat), bangga akan capaian Jabar menjadi juara umum, pada ajang Apresiasi Pemilihan GTK (Guru dan Tenaga Pendidik) Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2018, yang digelar di Plaza Insan Berprestasi, kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Hal tersebut ia paparkan usai dirinya beserta Firman Adam, Sekdisdik Jabar, Asep Suhanggan, Kabid GTK Disdik Jabar, jajaran Disdik Jabar beserta 15 guru dan tenaga pendidik yang memenangi ajang itu, diterima Iwa Karniwa Sekda Jabar, di Ruang Ciremai, Gedung Sate, Bandung, Selasa (21/8/2018) pagi.

SONY DSCFirman Adam, Sekdisdik Jabar (tengah)

Hadadi, panggilan akrab Disdik Jabar menjelaskan, sebelumnya Jabar pernah meraih juara umum di tahun 2009. “Alhamdulillah setelah sembilan tahun kita tidak menjadi juara umum tingkat nasional, tahun ini kita bisa mengulanginya kembali,” ujarnya.

Lebih lanjut Hadadi mengatakan bahwa garda terdepan pendidikan itu ada pada guru dan tenaga kependidikan. “Mudah-mudahan dengan pretsasi ini, menjadi penyemangat agar kita bisa meningkatkan mutu pendidikan di Jabar,” imbuhnya.

SONY DSCAsep Suhanggan, Kabid GK Disdik Jabar

Ia pun mengatakan bahwa mutu pendidikan di Jabar kualitasnya harus mengglobal. “Tadi Pak Sekda mengatakan bahwa pendidikan kita kualitasnya harus mengglobal (sejajar dengan Kuala Lumpur dan Bangkok), untuk itu kita mesti siap. Tentunya kami akan melakukan penataan-penataan dalam upaya peningkatan, khususnya guru, karena yang berinteraksi langsung dengan peserta didik,” tutur Hadadi.

Dirinya berharap  para pemenang di tingkat nasional ini, bisa menularkan, serta memotivasi guru dan tenaga pendidik lainnya di Jabar. “Untuk pemenang kami pun akan beri penghargaan ,” sambungnya.

SONY DSCFoto bersama dengan para pemenang

Pada kesempatan yang sama Asep Suhanggan, Kabid (Kepala Bidang) GTK Disdik Jabar, menjelaskan bahwa para pemenang sebelumnya telah melewati rangkaian proses seleksi yang ketat, yang dilakukan pada masing-masing satuan pendidikan.

“Setelah masuk ke tingkat propinsi kami bentuk suatu kepanitiaan juri yang unsur-unsurnya dari perguruan tinggi, WI, guru dan tenaga kependidikan yang sudah menjadi juara tingkat nasional untuk membagi pengalaman. Semuanya pemenang tingkat Jabar murni atas penilaian yang objektif,” terang Asep.

SONY DSCDian Penisiani, Pemenang I Pengawas SMA tingkat nasional 2018

Lebih lanjut ia pun menjelaskan bahwa Disdik Jabar terus melakukan pembinaan kepada para pememang di tingkat propinsi. “Pembinaannya dilaksanakan selama dua kali, pertama penekanan pada portopolio dan perihal yang bersifat teknis akademis. Waktu itu pembinaannya dilaksanakan di gedung PGRI,” imbuhnya.

“Selain hadiah yang diberikan dari Kemedikbud, Disdik Jabar pun akan memberikan hadiah uang tunai, untuk juara pertama Rp 10 juta, kedua Rp 7,5 juta, serta ketiga Rp 5 juta. Khusus bagi juara pertama, Disdik Jabar akan memberangkatkan pememang ke Chiba University, Jepang, akhir bulan Oktober 2018,” pungkasnya.

SONY DSCDian Marta, Pemenang III Pengawas SMK nasional ahun 2018

**

Pada kegiatan seleksi GTK berprestasi dan Berdedikasi tingkat nasional dilakukan dengan beberapa tahap penilaian dimulai dengan penilaian portofilio masing-masing peserta, bersamaan dengan itu dilakukan tes tertulis kemampuan pedagogik, profesional dan pengetahuan umum, tahap puncaknya adalah tahapan presentasi dan interview oleh Dewan Juri yang terdiri dari unsur Perguruan Tinggi, Praktisi, dan dari Kemendikbud.

SONY DSCYayat, Pemenang III Pengawas SD nasional tahun 2018

Berikut daftar pemenang Juara ke-1:

  1. Guru SMK Berprestasi diraih oleh Rudi Haryadi dari SMK Negeri 1 Kota Cimahi
  2. Kepala TK Berprestasi diraih oleh Ary Mugiasih, Kepala TK Adhyaksa XXV Kota Bekasi

3.Kepala SD Berprestasi diraih oleh Sri Hendrawati, Kepala SD Negeri 166 Ciateul Kota Bandung

  1. Kepala SMA/SMK Daerah Khusus Berdedikasi diraih oleh Agus Hernawan, Kepala SMA Negeri 1 Kabandungan, Kabupaten Sukabumi
  2. Pengawas SMA Berprestasi diraih oleh Dian Peniasiani, KCD Wilayah VII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
  3. Pengawas Sekolah Daerah Khusus Berdedikasi diraih oleh Dasep Rahmat, Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur
  4. Tenaga Perpustakaan SMK Berprestasi diraih oleh Emma Martia Fitriawati, dari SMK Negeri 1 Kabupaten Purwakarta.

Dafar Juara ke-2:

  1. Kepala SDLB/SMPLB Berprestasi diraih oleh Epi Sopiati, Kepala SLB Negeri Banjar Kota Banjar;
  2. Pengawas SMP Berprestasi diraih oleh Nuraeni, Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur
  3. Pengawas PLB berprestasi diraih oleh Kemis, Pengawas PLB Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
  4. Tenaga Perpustakaan SMA Berprestasi diraih oleh Hariyani Prasetyaningtyas, SMA Kristen Penabur, Kota Cirebon.

Dafar Juara ke-3:

  1. Guru Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Pendidikan Dasar, diraih oleh Ima Choerijah, dari SD Negeri Cigugur Tengah, Kota Cimahi
  2. Pengawas SD Berprestasi diraih oleh Yayat, Pengawas SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung
  3. Pengawas SMK Berprestasi diraih oleh Dina Martha Tiraswati, Pengawas SMK KCD Wilayah I Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
  4. Tenaga Perpustakaan SMP Berprestasi, diraih oleh Reki Teti Hendrayati, Guru SMP Negeri 2, Kabupaten Cianjur. [SR]***