Majalah Sora|Tuesday, March 26, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » 65 Mahasiswa STBA YAPARI Mendapat Beasiswa Kuliah Dari Pemkot Bandung

65 Mahasiswa STBA YAPARI Mendapat Beasiswa Kuliah Dari Pemkot Bandung 

SONY DSCDrs. Yayat Hidayat, M.Pd., Wakil Ketua III Kemahasiswaan & Alumni STBA YAPARI-Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – Yayat Waket (Wakil Ketua) III Bidang  Kemahasiswaan dan Alumni  STBA YAPARI Bandung menjelaskan kepada majalahsora.com, ada 65 mahasiswanya warga Kota Bandung yang menerima bantuan hibah beasiswa dari Pemkot Bandung.

Nilai bantuan hibah yang diterima Kampus yang berada di Jalan Cihampelas No 194, Kelurahan Cipaganti, Kecamatan Coblong sebesar Rp 390 juta. Dananya sendiri telah digelontorkan oleh pihak terkait di pekan ketiga Desember 2018 lalu ke rekening kampusnya.

“Alhamdulillah dananya sudah kita salurkan, begitu dananya ke luar. Diawali bahwa kita menerima masuk ke rekening kampus. Setelah dibagikan ke mahasiswa, 10 hari kemudian sudah laporan. Pertanggungjawabannya telah  dilaporkan ke Disdik Kota Bandung,” kata Yayat, di ruang kerjanya, Selasa (26/2/2019) petang.

“Kami salurkan ke mahasiswa penerima sesuai amanat, diberikan secara utuh sebesar Rp 6 juta per mahasiswa. Ada dua komponen mahasiswa kami yang menerimanya, prestasi dan kesulitan finansial. Namun begitu kebanyakan yang berprestasi,” imbuhnya.

Saat ditanya mengenai syarat mahasiswanya mendapat beasiswa, Yayat menjelaskan dilihat dari IPK (indek prestasi kumulatif) minimal 3.00 dan ada kelebihannya (aktif di organisasi, ada yang menjadi duta Indonesia di ajang FIFA, aktivis internal, dan lainnya) untuk yang prestasi.

“Dana beasiswanya diserap oleh mahasiswa STBA YAPARI dari jurusan Bahasa Inggris, Jepang, Prancis, dan Jerman. Digunakan untuk membayar SPP, untuk tugas akhir dan lainnya. Namun kalau yang bersangkutan sudah membayar kewajiban ke kampus (biaya perkuliahan), maka dananya dinikmati oleh mahasiswa penerima untuk keperluannya. Membeli buku, alat belajar, dan lainnya. Dananya sangat bermanfaat,” terangnya.

Menurut pengakuan Yayat, tahun 2018 lalu menjadi yang kedua kalinya STBA YAPARI menerima bantuan hibah beasiswa pendidikan dari Pemkot Bandung. Sebelumnya di tahun 2017, pihaknya menerima bantuan serupa.

Dirinya berharap Pemda (pemerintah daerah) lainnya bisa membantu/memberi besiswa kepada mahasiswanya yang kuliah di STBA, seperti yang dilakukan oleh Pemkot Bandung yang memberikan bantuan untuk warganya. [SR]***