Majalah Sora|Tuesday, March 26, 2019
You are here: Home » Serba Serbi » 500 Peserta Mengikuti LKS SMK tingkat Jabar Tahun 2017 di Cirebon

500 Peserta Mengikuti LKS SMK tingkat Jabar Tahun 2017 di Cirebon 

SONY DSCDr. Ir. H. Ahmda hadadi, M.Si., Kepala Disdik Prop Jabar

majalahsora.com, Kabupaten Cirebon – Kegiatan LKS (Lomba Keterampilan Siswa) SMK tingkat Propinsi Jawa Barat tahun 2017 di Kabupaten dan Kota Cirebon yang tadinya akan dibuka oleh Aher, Gubernur Jawa Barat, secara resmi dibuka oleh Dr. Ir. Ahmad Hadadi, M.S.i, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, Selasa (17/10/2017) siang, di Ballroom Hotel Apita, Kabupaten Cirebon.

SONY DSCDr. Dodin R Nuryana, Kepala Bidang SMK Disdik Prop. Jabar

Acaranya dihadiri oleh para pejabat terkait, seperti Dr. Dodin R Nuryadin, Kepala Bidang SMK Disdik Prop Jabar, Hj. Dewi Nurhulaela, Kepala BP3 Wilayah V dan penanggung jawab acara LKS Jabar 2017, para kepala BP3 se-wilayah Disdik Prop Jabar, kepala SMK negeri swasta dari 27 kabupaten/kota, dll.

SONY DSCHj. Dewi Nurhulaela, Kepala BP3 Wilayah 5

Dilaksanakan selama tiga hari, dari Selasa sampai Kamis (17-19 Oktober 2017). Mempertandingkan 25 mata lomba.

Menurut Hadadi, LKS merupakan salah satu ajang untuk menguji kompetensi siswa SMK. “LKS tingkat Jabar ini merupakan ajang untuk mengevaluasi, bukan hanya siswanya, tapi juga para guru dan kepala sekolahnya. Dengan kegiatan ini kita bisa melihat sekolah mana yang punya keseriusan dalam mempersiapkan anak didiknya sehingga mempunyai kemahiran dan kemampuan yang kompeten,” ujar Hadadi di depan awak media.

SONY DSCPembukaan LKS tingkat Jabar yang diadaan di Ballroom Apita Hotel, Kabupaten Cirebon

Di samping itu dalam laporan pidato Dewi Nurhulaela, menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti LKS tingkat Jabar 2017 yang diselenggarakan di wilayahnya, diikuti oleh 500 peserta, 430 pembimbing, 75 juri, 18 penanggungjawab, 40 panitia propinsi serta 58 orang panitia daerah.

SONY DSCPoto bersama, Kadisdik Prop Jabar, Kadisdik Cirebon, Kabid SMK Disdik Jabar, serta Kepala BP-3 se-Disdik Prop. Jabar

Dewi menambahkan bahwa kegiatannya sendiri dilaksanakan di enam SMK negeri swasta, tiga di Kabupaten Cirebon, seperti di SMKN 1 Kedaung, SMKN 1 Mundu dan SMKS Farmasi Muhammadiyah. Sisanya di SMKN 1 Kota Cirebon, SMKN 2 Kota Cirebon dan SMKS Wahidin Kota Cirebon.

SONY DSCDr. Dodin R Nuryana, Kabid SMK Disdik Jabar, Hj. Dewi Nurhulaela, Kepala BP3 Wilayah 5 (jilbab hijau), selaku penanngung jawab kegiatan LKS SMK 2017 di Cirebon

SONY DSCDra. Rini Ambarwati, M.Ds., Kepala SMKN 5 Bandung (kanan), berharap siswanya bisa masuk ke tingkat nasional

SONY DSCH. Syamsudin, M.M.Pd., Kepala SMKN 1 Rancaekek, Ketua K3S SMK se-Kabuapten Bandung 

Setiap kontingen dari 27 kabupaten/kota memiliki target menjadi yang terbaik. Di antaranya Kota Bandung  yang pada ajang kali ini mengirimkan 22 siswanya untuk 20 mata lomba. Salah satu wakilnya dari SMKN 5. “Alhamdulillah SMKN 5 Bandung bisa mengirimkan satu wakilnya, yaitu Egi untuk mata lomba Cadd Building. Pada LKS tingkat Jabar kali ini mudah-mudahan bisa meraih hasil terbaik, serta masuk LKS nasional,” ujar Rini Ambarwati, Kepala SMKN 5 Bandung yang hadir di pembukaan LKS tingkat Jabar 2017.

SONY DSCDrs. Nana Sutejo, (batik biru) guru dari SMKN 14 Bandung

SONY DSCSuasana acara pembukaan LKS tingkat Jabar di Cirebon

Begitupun dengan kontingen Kabupaten Bandung yang pada gelaran LKS kali mencanangkan melampaui target tahun sebelumnya. Menurut Syamsudin, Ketua K3S  SMK se-Kabupaten Bandung, pada LKS 2017, Kab. Bandung mengikuti 21 mata lomba yang diwakili oleh SMKN 1 Katapang, SMKN 2 Baleendah, SMKN 3 Baleendah, SMKN 1 Majalaya, SMKN 7 Baleendah, SMKS Bakti Nusantara, SMKS Assalam, dll.  

SONY DSCSiswa SMKN 14Bandung yang mengikuti LKS tingkat Jabar tahun 2017 di Cirebon

SONY DSCTampilan vocal grup

SONY DSCTim Ronggeng Bugis tarian trdisional dari Cirebon

Secara keseluruhan kegiatan pembukaan LKS tingkat Propinsi Jabar tahun 2017 berjalan lancar.

“Mudah-mudahan dari LKS tingkat Jawa Barat akan lahir juara-juara yang berkualitas untuk mewakili Jabar di tingkat nasional bahkan internasional. Selain itu mendukung upaya ‘Jabar Kahiji’ di LKS tingkat nasional 2018. Kini ada enam alumni SMK di Jabar yang mewakili Indonesia di kegiatan World Skill yang diselenggarakan dari tanggal 14-20 Oktober 2017, di Abu Dabu, Uni Emirat Arab,” tambah Dewi.

Poto kegiatan LKS tingkat Jabar 2017 di Cirebon

SONY DSCSONY DSCSONY DSCSONY DSCSONY DSC[SR]***