Majalah Sora|Tuesday, March 26, 2019
You are here: Home » Serba Serbi » 240 Kepala SMA/SMK Negeri Swasta se-Kabupaten Bandung Berkemah Di Ciwidey

240 Kepala SMA/SMK Negeri Swasta se-Kabupaten Bandung Berkemah Di Ciwidey 

SONY DSCDede Amar, Kepala BP-3 Wilayah 4 Disdik Prop Jabar

majalahsora.com, Kabupaten Bandung – Kurang lebih ada 240 Kepala SMA/SMK negeri swasta di Kabupaten Bandung yang mengikuti kegiatan kepramukaan Pandu Memories. Dibuka secara resmi oleh Drs. H. Dede Amar, M.M.Pd., Kepala BP-3 Wilayah 4 Disdik Propinsi Jawa Barat, Jum’at sore (13/10/2017). Kegiatannya dilaksanakan di Green Hill, Ciwidey, sampai hari Sabtu (14/10/2017). Diisi dengan berbagai kegiatan, seperti ice breaking, out bond, dll.

SONY DSCH. Suhendar, M.Ag., Kepala SMKN 7 Baleendah yang juga ketua pelaksana kegiatan

Dede Amar menuturkan bahwa kegiatan Pandu Memories merupakan ajang untuk menghidupkan kembali kepramukaan khususnya bagi kepala sekolah. “Kepala sekolah secara otomatis jadi Mabigus (Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka) di sekolahnya masing-masing, jadi ini untuk menghidupkan kembali jiwa kepramukaannya. Dulu pun Bapak/Ibu Kepala Sekolah pernah mengikuti Pramuka waktu beliau-beliau masih sekolah,” tutur Dede.

SONY DSCH. Syamsudin, M.M.Pd., Kepala SMKN 1 Rancaekek, Ketua K3S SMK se-Kabuapten Bandung merangkap penanggung jawab kegiatan

Selain itu masih menurut Dede, bahwa kegiatan Pandu Memories penuh dengan makna serta untuk mendukung program pendidikan karakter yang digadang-gadang oleh pemerintah pusat. Tujuan lain dari kegiatan tersebut untuk merekatkan tali silaturahmi antar kepala sekolah. “Dengan kegiatan ini diharapkan kepala sekolah jadi lebih mengenal satu sama lainnya. Apalagi kegiatannya diikuti oleh kepala SMA/SMK negeri swasta,” ucapnya.

SONY DSCAsep Rusmana, M.M.Pd, Kepala SMKN 3 Baleendah

Pada kesempatan yang sama Kepala SMKN 1 Rancaekek, Drs. H. Syamsudin Hermawan, M.M.Pd., mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Dede Amar selaku Kepala BP-3 Wilayah 4. Menurut dirinya mendengar adanya rencana perkemahan Mabigus terasa berat, karena banyaknya tugas dan pekerjaan di sekolah yang harus diselesaikan. “Awalnya saya merasa berat mengikuti kegiatan kemping Pandu Memories, tetapi setelah ikut kegiatannya banyak manfaat yang bisa diambil. Utamanya dalam memperat tali silaturahmi dengan rekan-rekan kepala SMA/SMK negeri swasta. Saya patut acungkan jempol karena ini kegiatan yang besar dan diikuti oleh 90 % kepala sekolah yang ada. Selain itu, kegiatan kepramukaannya bisa membuka ingatan diwaktu sekolah atau kuliah, nostalgia mengenang jadi Pramuka,” tutur Syamsudin, yang merangkap sebagai Ketua K3S SMK se-Kabupaten Bandung dan penanggung jawab kegiatan tersebut, di Green Hill, (13/10/2017).

SONY DSCDrs. Tatang Taryana, Kepala SMA Telkom Bandung, sebagai peserta kegiatan

Dalam pantauan majalahsora.com, kebanyakan secara umur kepala sekolah yang mengikuti kegiatan tersebut sudah tidak muda lagi. Meskipun demikian semangatnya tidak kalah dengan tunas-tunas muda Pramuka. Kegiatannya sendiri dikemas secara santai penuh canda, gurau tetapi serius.

SONY DSCH. Dudi Rohdiana, M.M., Kepala SMAN 1 Katapang yang mendukung suksesnya kegiatan perkemahan Pandu Memories

Salah satu panitia kegiatan Asep Rusmana, M.M.Pd., menilai bahwa kegiatan Pandu Memories memiliki nilai yang luar biasa. Kekompakan akan terlihat begitu juga kerjasama antar kepala sekolah. “Tadi pun waktu berangkat kebanyakan para kepala sekolah menggunakan bus dan truk yang disediakan oleh panitia. Berangkat dari SMKN 7 Baleendah, yang berada di Jalan Siliwangi, Manggahang, Baleendah,” tutur Asep.

SONY DSCH. Suhendar, M.Ag., Kepala SMKN 7 Baleendah sewaktu menjadi pemimpin upacara kegiatan perkemahan Pandu Memories

Tidak beda jauh dengan Asep, H. Suhendar, M. Ag., Kepala SMKN 7 Baleendah yang juga sebagai ketua pelaksananya, sangat mengapresiasi kegiatan Pandu Memories, apalagi diikuti oleh para kepala sekolah yang memiliki kesibukan yang luar biasa. Dirinya menjelaskan bahwa di Kabupaten Bandung ada 19 SMA negeri, dan 89 SMA swasta sedangkan untuk SMK ada 10 negeri dan 122 swasta. “Persiapan kegiatannya cukup singkat hanya sebulan. Bisa berjalannya kegiatan ini dengan baik tidak terlepas dari kerjasama yang positif dari para kepala sekolah, dan panitia. Kegiatan ini pun mendukung Permen nomer 160 tahun 2016,” kata Suhendar.

SONY DSCDrs. H. Carma Rahmat, M.Pd., Kepala SMKN 2 Beleendah (paling kanan) 

Kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan di tingkat Mabigus SMA/SMK se-Kabupaten Bandung tersebut akan dijadikan percontohan bagi daerah lainnya. Khususnya untuk SMA/SMK yang berada dalam naungan BP-3 Wilayah 4.

SONY DSCSONY DSC“Insya Alloh ini merupakan kegiatan perdana, kabupaten kota lainnya akan menyusul. Dan saya apresiasi untuk Kabupaten Bandung sangat kompak. Hampir semua kepala sekolah dari 240 SMA/SMK negeri yang ada mengikuti dan berperan aktif dalam kegiatan kemping Pandu Memori di Ciwidey. Nanti juga Mabigus di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Sumedang akan menyusul,” pungkas Dede Amar.

Poto kegiatan:

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC[SR]***