Majalah Sora|Tuesday, March 19, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » 221 Mahasiswa Uninus Diberi Beasiswa Oleh Pemkot Bandung

221 Mahasiswa Uninus Diberi Beasiswa Oleh Pemkot Bandung 

SONY DSCTatang Muchtar Bagian Keuangan Uninus (Universitas Islam Bandung) Jl. Soekarno – Hatta No. 530 Kota Bandung

majalahsora.com, Kota Bandung – 221 mahasiswa (S-1) Uninus (Universitas Islam Nusantara) warga Kota Bandung, mendapat beasiswa pendidikan dari Disdik/Pemkot Bandung. Sebagai bentuk tanggungjawab pihak pemerintah terhadap masyarakatnya. Khususnya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.

Dana hibahnya sendiri senilai Rp 1,3 miliar lebih telah digelontorkan oleh Pemkot Bandung, di pekan ketiga Desember 2018 ke rekening kampusnya.

Sedangkan untuk penyalurannya telah diberikan kepada mahasiswa Uninus di bulan yang sama.

Berkaitan dengan itu Tatang bagian keuangan Uninus memaparkan kepada majalahsora.com, sebelumnya pihak Uninus memberikan proposal kepada Disdik Kota Bandung.

“Dari pihak Disdik memberikan kuota. Lalu kami publikasikan kepada mahasiswa khusus warga Kota Bandung untuk melengkapi persyaratannya. Baik yang prestasi maupun kekurangan secara finansial,” terang Tatang, Jumat (1/3/2019) petang di ruang kerjanya.

Lebih lanjut kata Tatang dananya sudah dibagikan ke mahasiswa penerima, Rp 6 juta/orang. Mencaup mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, Hukum, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Teknologi, Pertanian, Ilmu Komunikasi dan Agama Islam. Pihaknya pun telah melaporkan pertanggungjawabannya ke pihak Disdik Kota Bandung.

Saat ditanya dananya diperuntukan untuk apa, dirinya menjelaskan bahwa dananya digunakan untuk membayar kewajiban SPP apabila mahasiswa bersangkutan masih memiliki tunggakan.

Mekanismenya kata Tatang diberikan secara tunai, langsung potong SPP sisanya diberikan kepada mahasiswa.

“Ada juga dananya dialihkan untuk semester berikutnya. Ada juga yang diambil untuk biaya PKL, membeli keperluan kuliah dan lainnya,” katanya.

Secara persentase penerima dana hibah pendidikan tersebut yaitu 60 persen prestasi dan 40 persen kekurangan secara finansial.

Tatang pun berharap program beasiswa pendidikan dari Kota Bandung berlanjut dan bisa ditiru oleh pemerintah daerah lainnya. Karena di Uninus banyak mahasiswa dari daerah luar Kota Bandung.

“Makin lama mahasiswa dari Kota Bandung makin banyak di Uninus, begitu juga yang dari luar Bandung. Total mahasiswa kami ada 6000-an,” pungkasnya. [SR]***