Majalah Sora|Friday, March 22, 2019
You are here: Home » Sora Sakola » 22 Siswa Dari Sultra Kunjungi SMKN 6 Bandung Pada Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara

22 Siswa Dari Sultra Kunjungi SMKN 6 Bandung Pada Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara 

SONY DSCDrs. H. M. Lukman, M.M. Kepala SMKN 6 Bandung (kiri) bersalaman dengan Edwin, Head Of Eksternal Relation Biofarma

majalahsora.com, Kota Bandung – Kurang lebih ada 22 siswa yang didampingi para gurunya dari Propinsi Sultra (Sulawesi Tenggara,) kunjungi SMKN 6 Kota Bandung, dalam kegiatan “Siswa Mengenal Nusantara” (SMN), Senin 13 Agustus 2018.

Ke semua siswa tersebut merupakan siswa berprestasi, dari sekolah SMA/SMK/SLB yang ada di 17 kabupaten/kota di Sulteng. Kegiatan tersebut di atas, merupakan salah satu program dari Kementerian BUMN yaitu “BUMN Hadir Untuk Negeri” yang digulirkan dari tahun 2014 (tahun 2018 ini, tahun keempat). Sebelumnya mereka telah melewati berbagai seleksi yang ketat.

SONY DSCDeden, S.Pd., M.Pd., Wakasek Kesiswaan (kaos biru) SMKN 6 Bandung, saat menyambut tamu dari Sulteng

Edwin, Head Of Eksternal Relation Biofarma, menjelaskan bahwa pada kegiatan SMN di Jabar melibatkan tujuh BUMN yaitu, Biofarma, Asuransi Jasindo, PJT 2, PTDI, PINDAD, LIPI, Dahana serta Bahana. “Kegiatan ini semacam pertukaran pelajar. Siswa dari Jabar ke Sulteng, begitupun sebaliknya,” terangnya, di sela-sela kegiatan, Senin (13/8/2018) sore di Aula SMKN 6.

SONY DSCTamu dari Sultra disambut marching band

“Para siswa dari Sultra berada di Bandung sejak Kamis 9 Agustus 2018, lalu. Rencananya tinggal selama 10 hari. Mereka diajak ke semua BUMN tersebut. Tadi ke PTDI lanjut ke PINDAD, besok ke PT Bahana. Dilanjut ke Jasindo, Purwakarta PJT2, diakhiri ke PT Dahana di Subang. Untuk sekolah sendiri memilih SMKN 6 Kota Bandung,” imbuh Edwin.

SONY DSCAngklung SMKN 6 pukau tamu dari Sulteng

Lebih lanjut ia mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengenalkan lebih luas mengenai potensi budaya, alam yang ada di nusantara, agar mereka memiliki rasa cinta terhadap tanah air.

Di samping itu mereka pun akan lebih bangga, setelah mengunjungi dan mengenal langsung BUMN, karena negara Indonesia memiliki BUMN, berkelas internasional.

SONY DSCOSIS SMKN 6 Bandung sedang memaparkan program kerja

Di sisi lainnya, SMKN 6 Kota Bandung yang dipimpin oleh M Lukman, menampilkan berbagai prestasinya. Di antaranya melalui tampilan ekskul seperti drumband, angklung serta marawis. Selain itu ketua dan anggota OSIS nya memaparkan pogram kerja ke para tamu yang hadir.

Dari pantauan majalalahsora.com, tampilan ekskul drumband sangat menghibur para tamu saat akan memasuki kampus SMKN 6 Bandung. Di lanjut dengan tampilan tim angklung yang membawakan beberapa lagu. Setelah itu tamu pun dihibur dengan grup marawis SMKN 6, yang begitu khidmat melantunkan tampilannya. Para tamu pun diajak melihat keadaan SMKN 6 dan tampilan ekskul lainnya.

SONY DSCTim marawis SMKN 6

Sementara itu Lukman Kepala SMKN 6 Kota Bandung, menjelaskan ke para tamu undangan, bahwa SMKN 6 Kota Bandung merupakan sekolah rujukan dengan jumlah siswa kurang lebih 2800 orang , terbanyak di Kota Bandung. Menempati luas lahan 4,8 hektar, dengan jurusan TKK, TGB, TAV, TKR, TPM dan TITL.

SONY DSCPoto bersama

Masih kata Kepala SMKN 6 Kota Bandung, bahwa sekolahnya sejak dulu telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan ternama di Indonesia seperti Toyota, dan lainnya.

SONY DSCFitri dari Asuansi Jasindo serahkan bantuan buku bacaan terbitan PT. Balai Pustaka

“Alhamdulillah, suatu kehormatan bagi kami, menjadi sekolah pilihan satu-satunya di Jawa Barat untuk kegiatan Siswa Mengenal Nusantara. Mudah-mudahan hal positif yang ada di kami bisa menjadi inspirasi bagi anak-anakku dari Sulteng. Saya haturkan terima kasih banyak,” kata Lukman.

SONY DSCSiswa dari Sulteng

Diakhir kegiatan perwakilan dari Jasindo, “BUMN Hadir Untuk Negeri”, memberikan bantuan bagi SMKN 6 Kota Bandung, berupa buku bacaan non pelajaran, yang diterbitkan oleh penerbitan BUMN PT. Balai Pustaka. [SR]***